Loading...

Inilah Beberapa Tips Cara Perawatan Merpati Balap Lomba Yang Benar

Sponsored Links
.
Perawatan Merpati Balap - Tidak dapat dipungkiri saat ini populasi merpati makin digemari banyaknya penghobi di Indonesia. Banyak pacuan merpati yg di gelar oleh EO dengan suguhan yg menarik serta hadiah yg menarik. Banyaknya populasi merpati di Indonesia tak terlepas dari ikut serta penduduk yg senantiasa mencari langkah untuk mengembangbiakan merpati melalui langkah kawin silang. Merpati adalah burung yg dapat terbang dengan kecepatan yg begitu tinggi serta cepat, burung yg dahulu difungsikan banyaknya kerajaan serta penduduk untuk kirim surat saat ini berpindah manfaat jadi satu diantara burung peliharaan yg menghadirkan banyak rezeki untuk beberapa penghobi.

Langkah menjaga burung merpati balap yg bagus bukanlah di lihat dari sisi makan serta perawatan si burung tersebut walau demikian bagaimana anda langkah anda melatihnya juga. Burung merpati benar-benar adalah satu – satunya burung yang bisa difungsikan untuk sprint atau balap, hal semacam ini lantaran menjinakkan merpati itu begitu gampang.

Untuk menjaga burung merpati benar-benar gampang-gampang susah, tetapi harus juga hati – hati, terlalu berlebih juga buruk terlalu sedikit juga buruk. Merpati type balap benar-benar mempunyai kebolehan spesial yakni terbang dengan tinggi daripada merpati umum, karenanya perawatannya tidak serupa. Di bawah ini langkah menjaga merpati balap dari sisi makanan:

http://miefbird.blogspot.com/2016/05/tips-cara-perawatan-merpati-balap-lomba.html
Tips Cara Perawatan Merpati Balap Lomba

Tips Cara Perawatan Merpati Balap Lomba Yang Benar


Merpati memerlukan asupan pakan yang cukup kandungan gizinya dan tepat waktu agar menjadi merpati prima dan lebih unggul dibandingkan dengan merpati yang lain. Mulai megeram telur setelah pengambilan telur hingga masa latihan dan atau balapan sesungguhnya diarena, ada lima kandungan gizi yang harus terpenuhi dalam ramuan pakannya agar pembalap menjadi merpati tinggian balap yang lebih unggul. Berikut Ke 5 gizi tersebut :

1. Karbohidrat.

Karbohidrat merupakan sumber energy utama untuk metabolisme dan aktivitas lainnya seperti terbang, kawin dll. Karbohidrat banyak terdapat pada beras krosok, beras merah , ketan dan Ketan hitam yang belum hilang kulit arinya. Jenis karbohidrat yang mudah dicerna merpati tinggian adalah amilum. Amilum pada beras krosok dan beras merah memiliki rantai polimer yang lurus, sedangkan ketan dan ketan hitam memiliki rantai polimer yang bercabang, rantai polimer yang bercabang memerlukan banyak air ( minum) untuk mencernanya. Karbohidrat diolah oleh tubuh menjadi glukosa dan beredar dalam darah. Glukosa yang masuk ke sel-sel tubuh akan dirubah menjadi energy yang digunakan untuk terbang dan aktivitas lainnya.

2. Lemak

Lemak yang terdapat dalam tubuh merpati tionggian digunakan sebagai penahan panas (isolator) agar suhu tubuh bisa stabil, lemak juga berfungsi sebagai pelapis atau penahan organ tubuh terhadap benturan dari luar. Lemak juga bisa berfungsi sebagai cadangan sumber energy bagi tubuh merpati tinggian apabila cadangan karbohidrat dalam tubuh merpati tinggian sudah menipis. Lemak juga digunakan untuk membentuk hormon sexualitas dan hormone –hormon lainya yang diperlukan oleh tubuh merpati tinngi. Jagung adalah
biji-bijian yang banyak mengandung lemak, utamanya jagung kecil atau biasa disebut Jagung Madura.

3. Protein.

Protein digunakan untuk tumbuh dan berkembang serta pemeliharaan dan perbaikan ( repair dan maintenance ) sel – sel tubuh merpati tinggian , setiap hari ada saja sel-sel tubuh yang mati dan protein berfungsi untuk mengganti sel- sel yang mati menjadi sel- sel baru yang lebih baik lagi. Kacang-kacangan terutama kacang hijau banyak mengandung kadar protein yang tinggi.

4. Vitamin.

Vitamin berfungsi sebagai katalisator ( perantara ) proses metabolisme dalam tubuh. Ada dua kelompok vitamin yaitu vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C dan sebagian besar vitamin B dan vitamin yang larut dalan lemak yaitu vitamin A, D, E dan K. Vitamin banyak erdapat dalam buah – buahan tetapi sedikit terdapat dalam biji-bijian. Oleh karena itu merpati tinggian masih memerlukan tambahan asupan vitamin dari luar, seperti Vitamin A dan Vitamin B Kompleks, vit. C serta vitamin D dan E.

5. Mineral.

Mineral diperlkan tubuh sprinter untuk metabolisme, kerja otot dan proses impuls saraf. Mineral terutama Ca ( Kalsium ) sangat penting dalam pembetukan tulang dan reflex otot-otot sprinter, dan untuk betina unsur Ca bisa membuat kerabang telur menjadi lebih tebal dan kuat. Kalsium banyak terdapat pada , tulang ikan, kapur, rumah siput, cangkang kepiting dan kerabang telur. 

Penyajian sederhana untuk sprinter cangkang kepiting atau kerabang telur ditaruh diatas seng kemudian dipanaskan diatas bara api agar bakteri atau telur cacing yang menempel mati dan cangkang kepiting atau kerabang telur mudah ditumbuk, ditumbuk dan ditaruh terpisah dengan pakan sebagai asinan bagi merpati tinggian dan pasangannya.

Separo waktu pengeraman I (1-3 hari) diberikan pakan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak ( beras krosok +beras merah + sedikit kedelai ) dan menjelang diambil telurnya pakan yang diberikan harus banyak mengandung lemak dan protein tetapi sedikit karbohidrat, yaitu kacang hijau dan kedelai.

Setelah telur diambil ( telur diambil hari Sabtu sore) merpati perlu ditingkatkan kondisi fisik dan birahinya, maka pakan tambahan yang diberikan yang banyak mengandung protein dan lemak yaitu kacang hijau dan kedelai plus vitamin A, B kompleks dan D ( Vit. D untuk menyehatkan bulu) cukup sekali, pakan yang banyak mengandung protein dan lemak ini dipertahanan s.d hari selasa.

Untuk merpati yang mulai giring, dilatih atau dilombakan diberi pakan yang berenergy tinggi ( banyak mengandung Karbohidrat) seperti beras krosok, jagung dan sedikit gabah yang mengandung serat kasar 10% berfungsi agar kotorannya padat.plus tambahan asupan vitamin A untuk mempertajam penglihatan dan vitamin B kompleks untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperkuat otot dan syarat, dan menambah nafsu makan serta mempertahankan jumlah sel darah merah. Perhatikan table dibawah.

Merpati balap tak ubahnya bagaikan seorang olahragawan yang butuh asupan nutrisi yang cukup sejak dini agar terbentuk tubuhn fisik yang ideal dan latihan – latihan rutin dan sistematis plus asupan jamu tradisional agar terbentuk otot yang kuat, lentur serta nafas yang panjang dan mental baja agar dapat bersaing di arena balapan yang penuh dengan kompetitor.

Berikut Racikan Jamu Tradisional untuk mencegah penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh merpati tinggian


Bahan :
1. Kuning telur ayam kampoeng/bebek/Entok 3 bh
2. Madu alam murni 10 sedok makan
3. Kunyit/kunir. (tepung) 10 sendok makan
4. Kencur (tepung) 5 sendok makan
5. Temu kunci 1 ujung jempol
6. Ubi rumput teki. 5 buah
7. sarang burung walet (tidak mutlak )

Bahan-2 diatas sudah cukup menyehatkan dan menguatkan serta sebagai anti penyaki ( kunyit dan ubi rumput teki).

Cara pembuatan :
1. Kuning telur dicampur dengan madu, aduk sampai kental ( matang )
kalau kuning telur tidak mengental berarti madunya bukan madu murni alias madu palsu.

2. Temu kunci dibakar kemudian diparut atau ditumbuk hingga halus

3. Kunyit dan kencur jika tdk tersedia bubuk + ubi teki juga dibakar dulu biar steril kemudian ditumbuk sampai halus .

· Semua bahan dicampur dengan adonan kuning telor dan madu aduk sampai rata dan kental.

· Jemur diterik matahari sampai setengah kering, baru kemudian buat butiran – butiran pil kecil , jemur lagi dan siap sebagai asupan pembalap.

· Pada saat merpati  latihan diberikan tiap malam dan dalam kondisi istirahat cukup berikan 2 – 3 hari sekali 1 butir.

Asupan tambahan 2 hari sebelum latihan :
Tambah asupan hati ikan laut yang telah dikeringkan secukupnya.

Tambahkan seminggu sekali :
– Minyak ikan
– Vitmin A
– Vitamin B komplek
– Vitamin C

Asupan Tambahan Plus buat Merpati
- Kacang tanah
- kacang hijau
- Beras merah
- Beras Krosok
- Vitamin B Kompleks
- Vitamin A
- Vitamin c
- Madu alami

A. Perawatan Saat terbang.

1. Burung bongkar telur sbtu malam, Diberi jamu glintiran hitam

2. Hari minggu pagi langsung di mandikan dan jemur secukupnya,Kemudian di angin.2 kan, untuk selanjutnya di ungkep sp jam 3

3. Jam 6 (magrib) brg masuk begupon untuk istirahat malam, sebaiknya Burung di kontrol makannya, klo krg diloloh secukupnya. Terutama saat terbang, Karena Burung gring nafsu makannya biasanya kurang.

4. Untuk Burung siap lomba sebaiknya jam 7-8 malam Burung diumbar untuk kawin lagi.

5. Burung setiap sore dan habis latih dikasih kacang tanah + 5-10 biji (secukupnya).

6. Setiap selasa di spet jamu

7. Saat habis terbang/latih di kasih jamu glintiran kuning.

8. Burung 1 bulan sekali di perah mata nya dengan obat Tetes Mata

9. Jangan sekali – kali mengikutkan lomba, burung yang kotorannya pada saat dilapangan  keluar air / mencret.

B. Perawatan saat Masa Nelor

1.Burung setiap pagi dikasih kacang tanah + 5-10 bj (secukupnya )

2.Setiap pagi jantan di jemur.

3.Setiap selasa malam Spet jamu

Demikian Tips Cara Perawatan Merpati Balap Lomba Yang Benar. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Loading...
Loading...