Loading...

Begini Tips Cara Mengatasi Suara Lovebird yang Serak

Sponsored Links
.
Loading...
Tips Cara Mengatasi Suara Lovebird yang Serak- Burung Lovebird (LB) merupakan jenis burung dengan kualitas suara yang sangat baik. Suara ngekek pada lovebird ini menjadi ciri khas kicaunya dan terasa ada yang kurang jika burung lovebird kita tidak bisa atau belum bisa ngekek. Selain suara ngekeknya juga tampilannya yang cantik dan bulunya yang berwarna-warni membuat burung cantik ini jadi incaran banyak orang untuk dipelihara dan dijadikan burung kontes.

Lovebird ngekek panjang memang menjadi idaman para LBmania. Selain berpeluang meraih prestasi di berbagai even lomba, lovebird ngekek panjang juga bagus dijadikan masteran untuk burung kicauan lainnya.Baca: Cara Memaster Lovebird Anakan Agar Ngekek Panjang. Namun, ketidakstabilan performa dan suara membuat pemilik burung ini jadi was-was. Bagaimana tidak. Walaupun memiliki suara yang cantik, namun suara burung ini juga rawan rusak dan serak. Dan jelas, jika suara lovebird serak, tentu tidak ada peluang menjadi jawara kontes.

Penyebab utama timbulnya suara serak pada burung lovebird sejatinya sama dengan jenis burung yang lain. Mayoritas burung yang memiliki suara yang serak itu disebabkan karena pola perawatan yang salah, di samping itu pola kebersihkan dan lingkungan juga turut berpengaruh pada seraknya si burung. \ . Adapun metode untuk mengatasi suara burung lovebird yang serak berikut ini ulasannya:

http://miefbird.blogspot.com/2016/08/tips-cara-mengatasi-suara-lovebird-yang.html
Tips Cara Mengatasi Suara Lovebird yang Serak

Tips Cara Mengatasi Suara Lovebird yang Serak


Kurangi intensitas latihan

Cara terapi untuk Lovebird bersuara serak ini mungkin paling banyak diacuhkan orang banyak. Padahal salah satu penyebab serak adalah terlalu seringnya dilatih, sehingga untuk mengatasinya, Anda cukup kurangi atau hentikan dulu latihan untuk burung.

Pilih pakan yang sehat dan bersih

Pemilihan pakan ini bukan hanya mengacu pada pemenuhan asupan gizi burung saja, melainkan juga untuk kualitas dan kejernihan suara burung itu sendiri. Sebab, sudah kita ketahui bersama kalau buah atau sayur terkadang sering terkontaminasi oleh pestisida. 

Memang, penggunaan zat kimia ini memang baik untuk menyuburkan tanaman. Tapi, jika zat ini dikonsumsi oleh burung, maka suara burung pun akan rusak, serak dan tidak jernih sebagaimana mestinya.

Untuk itu, terapi terbaik untuk Lovebird serak adalah dengan selalu membersihkan dan mencuci buah sebelu dimakan. Dengan cara ini, kesehatan burung akan lebih terjaga, serta bisa terbebas dari suara serak akibat mengonsumsi buah yang terkontaminasi pestisida.

Selalu mengganti air minum

Air minum itu selalu berpengaruh pada kesehatan burung. Jika Anda memberikan air yang bersih dan sehat, maka tubuh burung pun akan sehat. Namun jika air yang diberikan adalah air yang kotor atau jarang diganti, maka kondisi burung pun bisa sakit atau serak.

Namun jika Anda terlanjur memberikan air yang kotor dan jarang diganti, terapi untuk burung Lovebird yang bersuara serak yang bisa Anda berikan adalah dengan mengganti air dengan air yang baru, yang sehat dan bebas dari segala kotoran.

Pindahkan sangkar ke ruangan atau tempat yang ideal

Terkadang sirkulasi udara kerap mengganggu sistem pernafasan burung. Namun pada kondisi tertentu, sirkulasi udara yang burung juga kerap membuat suara burung jadi serak dan tidak jernih sebagaimana mestinya.

Untuk itu, jika kondisi burung mengalami serak, khususnya akibat sirkulasi udara yang buruk, baiknya jauhkan burung dari lubang ventilasi. Sebab, jika Anda menempatkan burung di dekat ventilasi, pertukaran udara kotor akan terhirup oleh burung. Dan jika sudah terlalu sering menghirup udara kotor, suara burung pun akan serak dan rusak.

Itulah terapi dan cara Mengatasi Suara Lovebird Serak. Selain menerapkan cara dan terapi di atas, baiknya berikan juga obat serak yang bisa Anda dapatkan di toko burung terdekat. Penyebab utama timbulnya suara serak pada lovebird disebabkan karena pola perawatan yang salah, di samping itu pola kebersihkan dan lingkungan juga turut berpengaruh pada seraknya burung. semoga bermanfaat.

Source:
lovebird serak, obat serak untuk lovebird, cara mengobati serak dengan cepat, cara mengatasi suara lovebird serak, terapi lovebird serak, solusi lovebird serak, menagani lovebird serak, penanganan lovebird serak, cara mengatasi suara serak atau hilang, cara mengobati serak pada kacer, cara mengatasi suara serak pada pleci, cara mengatasi suara serak pada kenari, cara mengatasi lovebird hilang suara.
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter