5 Manfaat Pupuk Urea Untuk Tanaman dan Kandungan Yang Ada Di dalamnya

Sponsored Links
 Pupuk Urea merupakan pupuk kimia yang mengandung unsur Nitrogen (N) dengan kadar yang tinggi. Sedangkan unsur Nitrogen ini sendiri merupakan zat hara yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk urea ini biasa digunakan oleh para petani baik pertanian maupun perkebunan. Untuk mengenali pupuk urea ini anda bisa melihat bentuknya yang berbentuk butir-butir kristal berwarna putih. Tahukan anda bahwa pupuk urea ini memiliki rumus kimia NH2 CONH2 termasuk pupuk yang mudah larut dalam air dan sifatnya sangat mudah menghisap air ( higrokopis ). Jadi untuk mempertahankan kualitas dari pupuk urea ini sebaiknya anda simpan ditempat yang kering dan tertutup rapat. Selain itu pupuk urea mengandung unsur hara N dengan jumlah 46 %, maksudnya adalah setiap 100 kg pupuk urea mengandung 46 kg Nitrogen, Moisture 0,5 %, Kadar Biuret hanya 1 %, ukuran 1-3,35 MM 90% Min, serta berbentuk Prill.

Pupuk Urea ini merupakan salah satu produk dari Perusahaan PT. Pupuk Sriwidjaja yang merupakan perusahaan besar dibidang produksi pupuk. PT. Pupuk Sriwidjaja ini menjalankan operasi bisnisnya dengan maksud dan tujuan untuk melaksanakan serta menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional khususnya di industri pupuk dan kimia lainnya. Perusahaan ini dengan konsisten mengembangkan dan terus mensuplai pupuk-pupuk kimia berkualitas yang sangat dibutuhkan oleh para petani diseluruh nusantara.

Untuk mengenai ciri-ciri pupuk urea ini bisa anda lihat penjelasannya dibawah ini.

Kandungan Pupuk Urea dan Manfaatnya Untuk Tanaman

Ciri-Ciri Pupuk Urea:


  • Mengandung Unsur Nitrogen (N) berkadar tinggi.
  • Memiliki bentuk yang berbutir-butir seperti kristal dan berwarna putih.
  • Mempunyai rumus kimia yaitu NH2 CONH2.
  • Sangat mudah larut dalam air dan sifatnya mudah menghisap air (higroskopis).
  • Mengandung unsur hara N sebanyak 46%.
  • Memiliki standar SNI-02-2801-1998.

Selain ciri-ciri diatas, pupuk urea ini juga memiliki unsur hara yang sangat tinggi,unsur hara tersebut adalah  Nitrogen (N). Unsur hara Nitrogen (N) dalam pupuk urea tersebut sangat besar kegunaannya bagi tanaman, yakni berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Adapun manfaat dari pupuk urea ini diantaranya :
  1. Berfungsi untuk membuat daun tanaman lebih hijau dan segar, serta banyak mengandung butir hijau daun atau biasa disebut (chlorophyl). Chloropyl tersebut mempunyai peranan cukup penting dalam proses fotosintesa tanaman.
  2. Berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman akan cepat tinggi, jumlah anakan banyak, dan miliki cabang-cabang yang banyak.
  3. Dapat menambah jumlah kandungan protein dalam tanaman.
  4. Dapat digunakan untuk semua jenis tanaman, baik itu tanaman pangan, holtikultura, tanaman perkebunan, atau untuk usaha peternakan dan juga usaha perikanan.
  5. Jika pemupukan dilakukan dengan tepat dan benar (berimbang), juga dilakukan secara teratur, maka tanaman akan tumbuh segar, sehat dan menghasilkan panen berlipat ganda, dan tidak sampai merusak struktur tanah. Tapi jika pemupukan tidak sesuai anjuran, maka dapat merusak struktur tanah.
Itulah beberapa penjelasan tentang Kandungan Pupuk Urea dan Manfaatnya Untuk Tanaman. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Loading...

Blog Archive