5 Cara Mudah Menanam Sengon Yang Baik dan Berkualitas

.

Cara Menanam Sengon dengan Efektif
Sebelum mengetahui cara menanam sengon dengan cara yang paling efektif, lebih baik mengetahui dulu tentang pengertian dari tanaman sengon. Sengon merupakan sejenis tanaman yang berbentuk seperti payung yang memiliki rimbun daun sedikit atau tidak lebat. Bagian terpenting dari sengon adalah terletak pada kayunya yang berfungsi sebagai salah satu nilai ekonomi yang dapat dijadikan sebagai sumber kebutuhan bagi masyarakat sekitar. Tingginya berkisar antara tiga puluh hingga empat puluh lima meter dan batangnya berdiameter tujuh puluh hingga delapan puluh cm dengan bentuk bulat serta tidak berpanir. Mempunyai warna kulit luar putih atau agak kelabu, tidak mengelupas serta arahnya tak beralur. Berat dari jenis kayu ini sekitar 0.33 dan merupakan kelas awet pada tingkat  IV dan V. guna dari kayu sengon ialah menjadi tiang pada bangunan rumah., diolah menjadi kertas, furnitur rumah tangga, dan lain sebagainya. Akar dari tanaman ini lumayan kuat sehingga dapat menembus dalam tanah serta rambut akarnya tidak besar. Fungsinya sebagai penyimpan zat nitrogen, maka dari itu tanah pada sekitar sengon subur. Tumbuhan berjenis kayu tersebut memiliki bunga berbentuk malai dengan ukuran satu cm, warnanya putih agak kuning dan berbulu. Cara penyerbukan bunga tersebut dari angin dan serangga.

Terdapat cara Menanam sengon secara efektif dan tahapannya adalah :

  1. Mempersiapkan bibit. Tanaman sengon biasanya yang diperbanyak adalah bijinya, maka dari itu pada saat pemilihan biji harus dipilih yang benar-benar terjamin kualitas dan mutunya. Benih yang berasal pada tumbuhan sengon harus dari genetik yang baik seperti bentuk fisik lurus dan tidak menjadi hama. 
  2. Penyapihan pada bibit langkahnya adalah pertama siapkan kantong plastik, masukkanlah tanah subur, pupuk dan pasir. Semai pada saat pertumbuhan hingga kondisi layak untuk ditanam.
  3. Proses tanam dilakukan dengan cara pertama pemasangan ajir agar bisa mengetahui letak bibit yang akan ditanam. Kemudian pembuatan lobang lalu mengangkut bibit dan yang terakhir adalah penanaman bibit.
  4. Setelah di tanam maka langkah selanjutnya adalah pemeliharaan yang dilakukan dengan penyulaman hingga penjarangan.
  5. Tahapan terakhir adalah panen dan sesudah panen.


Cara menanam sengon sangat mudah jika mengetahui langkah dan kualitas bibit yang digunakan.
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive