3 Cara Mudah Membuat Tanaman Cabe Berbuah Lebat dan Maksimal

Sponsored Links
Memaksimalkan tanaman cabai agar dapat berbuah lebat memang bisa dibilang gampang-gampang sulit. Karena tidak semua petani cabai memiliki kemampuan budidaya cabai yang baik. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman mereka dalam menekuni budidaya tanaman cabai. Jika mereka tahu bagaimana tips menanam cabai yang baik dan benar, tentu saja hasil panen cabai akan maksimal dabuah cabai akan menjadi lebat. Namun untuk memaksimalkan hasil dari budidaya cabai ini dibutuhkan ketekunan dan juga pengetahuan tentang budidaya cabai. Menanam cabai tidak sama dengan menanam jenis sayuran lainnya, seperi kankung, tomat, bayam, dan sebagainya. Tanaman cabai butuh perawatan khusus agar tumbuh maksimal dan terhindar dari serangan hama penyakit.
Image result for cara pemupukan cabe
Cara memaksimalkan tanaman cabai agar berbuah lebat bisa dilakukan dengan beberapa tips, sebagaimana akan saya posting kali ini yang bertujuan untuk memberikan sedikit pengetahuan kepada anda yang ingin membudidayakan cabai agar berbuah lebat. Namun disini saya bukan ingin mengajari, karena memang saya masih banyak keterbatasan kemampuan, namun disini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana memaksimalkan tanaman cabai agar berbuah lebat. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan dari budidaya cabai ini. Namun yang harus anda perhatikan adalah anda harus benar-benar serius dalam budidaya cabai ini. Karena tingkat keseriusan adalah faktor utama keberhasilan anda dalam budidaya cabai.

Perawatan tanaman cabai supaya dapat berbuah lebat dan menghasilkan panen yang melimpah memang sudah sepantasnya dilakukan bagi siapa saja yang mau menanam cabai. Karena kalau hanya sekedar menanam cabai saja itu merupakan hal yang paling mudah. Yang paling penting adalah perawatan tanaman cabai, dan inilah yang akan menentukan keberhasilan anda dalam budidaya tanaman cabai. Jika perawatan tanaman cabai anda bagus dan maksimal, tentu akan memberikan nilai yang signifikan terhadap hasil panen kelak.

Untuk anda yang ingin membudidayakan tanaman cabai, maka berikut ini adalah Cara Ampuh Memaksimalkan Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat yang bisa anda coba. Tips ini sudah kami coba dan hasilnya tanaman cabai dapat berbuah lebat dan hasil panen menjadi berlipat ganda. Apa saja tips memaksimakan tanaman cabai agar berbuah lebat tersebut, yuk baca penjelasannya berikut ini.



Cara Ampuh Memaksimalkan Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat


1. Perhatikan Kualitas Bibit Cabai

Sebelum anda menanam cabai, maka hal yang harus anda perhatikan terlebih dahulu adalah bibit cabai. Karena dari bibit inilah kunci keberhasilan anda akan terlihat. Jika anda salah dalam memilih benih cabai yang mau ditanam, maka hasil dari budidaya cabai anda akan jelek. Maka dari itu perhatikan kualitas bibit cabai yang mau ditanam. Untuk mendapatkan bibit cabai yang berkualitas tentu anda harus mencari bibit dari pokok cabai yang benar-benar bagus dan unggul, kemudian anda keringkan biji cabai dan lakukan penyemaian.

2. Perhatikan Tehnik Penanaman Cabai

Cara menanam cabai yang baik dan benar ini harus anda perhatikan juga. Karena jika anda asal menanamnya, maka pertumbuhan tanaman cabai tidak akan maksimal. Misalnya jarak tanam cabai yang anda tanam berdekatan sekali, sehingga menghambat pertumbuhan tanaman cabai tersebut. Maka tehnik menanam cabai yang baik dan benar adalah anda harus mengatur jarak tanam antar cabai yang satu dengan tanaman cabai yang lain, setidaknya harus berjarak kurang lebi 60 cm.

Selain itu anda juga bisa melakukan beberapa tahnik penanaman cabai yang bagus, seperti menggunakan plastik mulsa. Perlu anda ketahui bahwa menanam cabai menggunakan plastik mulsa ini sangat baik untuk meningkatkan hasil budidaya cabai. 

3. Perawatan Tanaman Harus Intensif

Perawatan tanaman cabai inilah kunci yang harus anda pegang, sebagaimana saya katakan diawal tadi bahwa perawatan tanaman cabai menjadi faktor penentu keberhasilan budidaya cabai. Tehnik perawatan cabai agar mendapatkan hasil maksimal harus anda lakukan dengan benar. Mulai dari penyiraman tanaman cabai, pemupukan tanaman cabai, sampai pada penanggulangan hama, penyakit dan gulma yang menggangu pertumbuhan tanaman cabai. Jika perawatan ini anda lakukan dengan benar, anda selalu merawat tanaman cabai dengan baik, maka dapat saya pastikan tanaman cabai anda akan berbuah lebat. Berikut ini merupakan contoh perawatan tanaman cabai yang baik dan benar.
  • Penyiraman tanaman
Untuk meningkatkan kesuburan tanaman cabai, maka syarat yang harus anda lakukan adalah penyiraman tanaman dengan rutin. Setiap tanaman pasti membutuhkan air untuk perkembangan dan meningkatkan hasil buah. Maka jik anda menanam cabai supaya bisa tumbuh dengan baik, maka lakukan penyiraman secara teratur, terutama dimusim kemarau. Karena banyaknya petani cabai yang gagal panen karena musim kemarau datang, sehingga mereka mendapatkan kerugian yang besar. Maka dari itu tehnik menanam cabai dimusim kemarau juga harus anda perhatikan. 

  • Pemupukan Tanaman Cabai
Tehnik pemupukan tanaman cabai juga harus anda lakukan secara maksimal. Karena pupuk adalah nutrisi bagi semua tanaman, tidak terkecuali tanaman cabai. Jadi jika anda ingin tanaman cabai anda berbuah lebat, maka tehnik pemupukan tanaman cabai ini harus anda lakukan dengan baik dan benar. Pemupukan tanaman cabai ini harus anda lakukan mulaid ari penyemaian cabai, hingga tanaman cabai ditamankan. Untuk jenis pupuk yang baik untuk pertumbuhan tanaman cabai ini cukup beragam, seperti pupuk ponska cair, pupuk organik atau pupuk hayati, pupuk kandang, pupuk kimia seperti pupuk KCL, TSP, UREA dan lain-lain. Untuk jenis pupuk yang baik saya sarankan adalah pupuk hayati atau organik yang jelas tidak mengandung unsur kimia. Sebagai contoh adalah Pupuk Bioboost K-Link yang merupakan pupuk hayati cair yang sangat baik untuk meningkatkan hasil tanaman. Memang apa saja sih manfaat pupuk Bioboost dari K-Link ini, berikut penjelasannya : 

  • Pengendalian Hama Penyakit dan Gulma Pada Tanaman Cabai
Hama, penyakit dan gulma merupakan kendala dalam budidaya tanaman cabai. Sehingga apabila hal tersebut tidak ditangani dengan baik, maka dapat dipastikan budidaya cabai yang anda lakukan tidak dapat tumbuh maksimal. Karena tanaman cabai ini sangat rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Hama penyakit pada tanaman cabai ini sangat bervariasi. Jenis hama yang sering menyerang tanaman cabai ini adalah jenis ulat grayak, kutu daun, dan ulat buah yang sering membuat buah cabai menjadi busuk . Sedangkan penyakit yang sering menimpa tanaman cabai ini adalah penyakit yang membuat daun menjadi keriting dan menyebabkan hasil penen kurang maksimal. Kalau gulma atau rumput liar bisa ditangani dengan cara mencabut rumput-rumput liar disekitar tanaman cabai.

Itulah 3 Cara Ampuh Memaksimalkan Tanaman Cabai Agar Berbuah Lebat, mudah-mudahan dapat membantu anda dalam memulai budidaya cabai, sehingga nantinya budidaya cabai yang anda lakukan dapat berhasil, tanaman cabai dapat berbuah lebat sehingga anda dapat menikmati hasil dari budidaya tanaman cabai. Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive