Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Buah Kesemek Yang Baik dan Benar

.
.
Cara Menanam Pohon Buah Kesemek Yang Benar - Kesemek adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris dinamai Oriental (Chinese/Japanese) persimmon. Nama ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (‘Kaki’, bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan buah ini). Pohon kesemek berukuran kecil sampai sedang, 15 m atau kurang, dioesis (dioecious, berumah dua) dan kadang-kadang monoesis, berbatang pendek dan bengkok-bengkok, banyak cabang, serta menggugurkan daun. Daun dalam dua deret, tersusun berseling, bertangkai pendek sekitar 3 cm, bundar, bundar telur sampai jorong, 2,5-15 × 5-25 cm, hijau kuning berkilap.(sumber : wikipedia)

Hasil gambar untuk Tanaman Kesemek
Buah yang berasal dari Republik Rakyat Tiongkok ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar setelah diolesi dengan air kapur dan diperam, agar rasa sepatnya hilang. Buah juga dapat dikeringkan atau diolah menjadi selai, agar-agar, es krim dan lain-lain. Manfaat kesemek bagi kesehatan diantaranya:
  1. Mengatasi hipertensi
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Meningkatkan sistem imun tubuh
  4. Melancarkan sirkulasi darah
  5. Mencegah penyakit kanker
  6. Mencegah penuaan dini
  7. Meningkatkan produksi sel darah merah
  8. Menjaga kesehatan paru-paru
Menyiapkan bibit Kesemek

Cara membudidayakan kesemek dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya pemisahan akar yang bertunas, menggunakan biji, dan dengan sistem sambung batang/okulasi. Budidaya dengan cara biji dan tunas akar biasanya akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat berbuah, sekitar 7-10 tahun pohon kesemek baru  akan berbuah.

Untuk membudidayakan kesemek agar cepat menghasilkan buah dapat dilakukan dengan okulasi, yaitu menempelkan cabang kesemek yang sudah berbuah ke batang bawah hasil dari biji. Selain okulasi cara yang paling banyak digunakan adalah dengan sistem cangkok. Jika anda tidak ingin repot anda dapat membeli bibit di kios-kios penjual bibit tanaman, ciri bibit kesemek hasil okulasi adalah adanya bekas sayatan di pangkal cabangnya atau berbentuk huruf V.

Bibit hasil pembelian sebaiknya jangan ditanam langsung, biarkan bibit 1-2 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru.

Membuat Lubang tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 50cm, isi lubang dengan menggunakan pupuk kandang sampai 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang tanam selama 2-3 minggu sebelum ditanami.

Jika anda ingin menanam dalam julah banyak, buatlah lubang yang sama dengan jarak antar lubang adalah 6m x 6m untuk mendapatkan jarak tanam yang memberikan ruang untuk pohon kesemek tumbuh.

Menanam Bibit Kesemek

Bibit yang sudah disiapkan dapat ditanam ke lubang, lepaskan plastik polybag yang digunakan untuk pembibitan (jangan sampai Tanah pembibitan hancur). Tutup lubang menggunakan Tanah sisa galian yang ada disekitar lubang, dan lakukan penyiraman setelah penanaman selesai dilakukan. Sebaiknya penanaman dilakukan pada awal musim hujan agar anda tidak repot-repot untuk melakukan penyiraman.

Merawat Pohon Kesemek

Perawatan harus dilakukan seperti melakukan penyiangan rumput-rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman, melakukan pemupukan tambahan menggunakan pupuk kandang setelah tanaman berumur 2-3 bulan dari penanaman, dan penyemprotan hama jika ada.

Untuk menghasilkan pohon kesemek yang cepat berbuah perlu dilakukan pemangkasan cabang-cabang, sehingga suplai makanan terpusat untuk menghasilkan buah.

Memanen Buah Kesemek

Buah kesemek yang sudah matang akan memiliki ciri kulit berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara memotong tangkai buah menggunakan gunting atau pisau yang tajam.

Itulah beberapa cara menanam buah kesemek yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain enak dikonsumsi, buah kesemek juga memiliki nilai ekonomis.Harga kesemek di Indonesia terbilang murah, namun di Negara Tiongkok dan Jepang buah kesemek memiliki harga yang tinggi.
Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kesemek
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive