Ingin Sukses Beternak Ayam? Berikut 5 Tips Cara Ternak Ayam

.
.

Tips Beternak ayam – Jika Anda mendengar kata “Ayam” , apa yang langsung terpikir di benak Anda? Ayam gorengkah ? Telor Ceplok ? atau Soup Ayam dengan lauk Telor dadar? Jika selama ini Anda sebagai konsumen hasil olahan Ayam, pernahkah terpikir untuk menjadi Produsen Ayam?
Padahal cara ternak ayam tidaklah terlampau sulit seperti yang Anda bayangkan. Bahkan Anda dapat melakukannya untuk mengisi waktu luang agar lebih produktif. Dan tentu saja menambah penghasilan Anda bukan?

Cara ternak ayam dengan tepat sangat menguntungkan, baik Ayam pedaging maupun petelur keduanya adalah bidang usaha ternak yang sangat prospektif. Anda lihat saja mayoritas menu makanan rumah makan disekitar Anda semuanya rata – rata berbahan dasar Ayam maupun Telornya.
Nah Untuk Anda yang tertarik ternak ayam potong atau pedaging , berikut akan Kami berikan Tips cara ternak ayam yang baik agar hasilnya sesuai dengan harapan Anda. Langkah awal yang harus dipersiapkan dalam cara ternak  ayam adalah sebagai berikut :
Tips Beternak ayam
Tips Beternak ayam

 1. Langkah Persiapan Kandang Ayam
Cara ternak Ayam, langkah awal adalah pembuatan kandang. Termperatur kandang sebisa mungkin dibuat agar suhu sekitar kandang antara 30 – 35 derajat celcius. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan lampu di dalam kandang agar Ayam tidak kedinginan jika malam tiba.

Kegagalan yang sering dialami para peternak Ayam biasanya adalah faktor kandang yang terlalu dingin, sehingga Ayam – Ayam tersebut, terutama ketika masih berusia 1 – 4 minggu banyak yang mati karena tidak tahan dengan suhu kandang yang terlalu dingin ketika malam hari. Jadi cara ternak ayam yang tepat Anda harus benar-benar memperhatikan langkah persiapan kandang.

Bahan yang digunakan untuk membuat kandang tidak perlu mahal, asalkan kandang tersebut kuat, bersih dan tahan lama ketika terpapar panas maupun hujan. Anda bisa menggunakan bamboo ataupun kayu bekas. Berikan jarak yang sesuai antar bambu agar sirkulasi udara di dalam kandang dapat terkontrol dengan baik.

Jangan lupa untuk menempatkan kandang sedemikian rupa agar mendapat akses sinar matahari pagi. Hal ini dimaksudkan agar Ayam mendapat kehangatan dari sinar matahari pagi, dan tentunya memudahkan Anda agar tidak repot memindahkan satu persatu Ayam ketika hendak berjemur pagi hari. Itu tadi tahapan awal cara ternak ayam yang harus Anda lakukan.

2. Menyiapkan Peralatan dalam Beternak Ayam
Cara ternak ayam yang baik tidak lepas dari ketersediaan peralatan – peralatan utama yang membuat Ayam nyaman sehingga membantu perkembangan Ayam menjadi lebih cepat dan maksimal.
Peralatan cara ternak ayam yang dimaksud diantaranya adalah Alas lantai atau litter, tempat bertelur jika Anda hendak Berternak Ayam Petelur, tempat bertengger agar Ayam tidak merasa bosan di dalam kandang, dan juga tempat makan dan minum yang higienis dan mudah dijangkau Ayam tentunya.

Anda bisa menaburi alas lantai dalam kandang dengan campuran sekam dengan sedikit pasir secukupnya. Bisa juga menggunakan sisa serutan kayu atau grajen. Beberapa bahan tersebut terbukti lebih ampuh membuat kondisi kandang menjadi hangat dan memudahkan Anda ketika hendak membersihkan kandang dari kotoran Ayam.

Untuk tempat makan dan minum Ayam, bahan yang digunakan bisa dengan menggunakan bambu ataupun atom. Hindari menggunakan bahan – bahan yang berpotensi berkarat sebab dapat meracuni Ayam ketika bercampur dengan makanan dan minuman Ayam tersebut.

 3. Pemilihan Bibit Unggul sebelum Beternak Ayam
Tahapan selanjutnya cara ternak ayam yang baik yaitu, memilik bibit unggul adalah sesuatu yang mutlak yang harus Anda lakukan agar perkembangan ternak Ayam Anda tidak mengalami kendala ataupun perlambatan perkembangan ayam. Adapun ciri – ciri Bibit Ayam unggul adalah :
  • Tidak ada cacat fisik pada Ayam yang akan dijadikan Bibit
  • Berasal dari induk Ayam yang sudah jelas keunggulannya
  • Bulu Ayam tampak halus dan kelihatan penuh tidak jarang
  • Nafsu makan Anak Ayam terlihat baik dan lahap
  • Ukuran badan calon Bibit Ayam normal, tidak terlalu kecil ataupun terlalu besar
4. Cara Pemeliharaan Ternak Ayam
Yang paling penting yang harus Anda perhatikan cara ternak ayam adalah kebersihan dan sanitasi kandang Ayam. Bersihkan kandang dari kotoran Ayam rutin seminggu sekali untuk menjaga kebersihan kandang. Setelah dibersihkan, sebaiknya alas lantai kandang juga rutin diganti dengan bahan yang baru agar Ayam benar – benar terbebas dari penyakit yang ditimbulkan dari kotoran Ayam.

Pemeliharaan selanjutnya adalah pemberian pakan dan multivitamin rutin. Cara ternak ayam ini bertujuan supaya perkembangan dan pertumbuhan Ayam tidak terkendala maka asupan vitamin arus terpenuhi dengan baik.

Pada tahap cara ternak ayam inilah keuletan dan ketelitian Anda benar – benar diuji. Perhatikan juga jika ada Ayam yang terindikasi sakit, segera pindahkan Ayam tersebut agar tidak menular kepada Ayam lainnya.

5. Mentukan Masa Panen Ternak Ayam
Ketika masa panen tiba, seleksilah hasil ternak ayam Anda agar sesuai dengan kebutuhan pasar sehingga produk dari Peternakan Ayam Anda tidak mengalami kendala dalam pemasaran. Itulah hal penting cara ternak ayam dalam masa pemenuhan target pasar.

Pada Ternak Ayam Petelur, ciri – ciri Telur yang baik adalah :
  • Berbentuk Oval sempurna
  • Kulit Telur mulus dan tidak geradakan
  • Tidak ada retak pada kulit Telur
  • Ukuran normal, tidak terlalu kecil maupun terlalu besar
Demikian tips singkat tentang cara ternak ayam yang baik untuk Anda yang ingin mendapat penghasilan lebih. Tips ini khusus bagi Anda yang ulet dan tekun serta jeli mengincar peluang pasar. Tips cara ternak ayam ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang pemalas, nanti yang ada Ayam – Ayamnya lupa tidak dikasih makan, wah bisa berabe kaann
Semoga Tips cara ternak Ayam ini bermanfaat untuk Anda.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive