Cara menanam selada / lettuce secara hidroponik dengan rockwool

.
.
Selada atau lettuce memang sayuran yang populer dan juga mudah jika dibudidaya menggunakan sistem hidroponik. Ada banyak ragam selada atau lettuce ini. Jika anda mau menanam sayuran secara hidroponik selada bisa menjadi pilihan pertama bagi anda. Selain mudah dalam budidaya lettuce memiliki banyak manfaat dan khasiat. Untuk alasan kenapa selada wajib anda tanam bisa anda baca disini.
Selada (Lactuca sativa) adalah tumbuhan sayur yang biasa ditanam di daerah beriklim sedang maupun daerah tropika. Kegunaan utama adalah sebagai salad ( sumber wikipedia

Nah jika anda sudah memutuskan untuk menanam selada secara hidroponik, langkah pertama adalah anda wajib menyiapkan alat dan juga bahan untuk menanam selada secara hidroponik. Alat dan bahannya ada :

1. rockwool untuk media tanam
2. netpot
3. sistem hidroponik
4. benih
5. nutrisi hidroponik
6.air 
7. alat ukur ( ph meter dan ec tds meter )
8. tray semai

Nah langkah langkahnya adalah tentukan dulu mau menanam sayuran selada menggunakan sistem hidroponik apa?? Misal anda mau menggunakan sistem wick. maka alat dan bahan lain yang perlu disiapkan seperti diatas ditambah bak air kotak kedalaman 10 cm lebar 30x40 atau silahkan cara dimensi lain. penyangga bisa menggunakan stereoform atau impraboard. dipotong sesuai panjang lebar bak dan dilubang. 

Nah cara menanam selada dibawah ini langkah langkahnya :

1. Semai benih menggunakan rockwool

Siapkan rockwool potong ukuran 3x2,5x2 cm atau sesuaikan dengan netpot anda. Setiap potongan rockwool dikasih benih 1 atau 2 sebaiknya 1 saja. 

Potongan rockwool ditaruh di tray semai, sebelum ditaruh basahi dengan air biasa tanpa nutrisi.

Lubangi rockwool sedalam 2-4 mm menggunakan pinset atau tusuk gigi kemudian 
Masukkan benih ke rockwool.  kasih penutup biar kelembapan baik dan benih cepat sprout, biasanya 1-2 hari sudah sprout.

2. Pindah ke sistem hidroponik

Jika semaian sudah berumur berkisar 14 hari,, anda bisa pindahkan rockwool beserta baby lettuce ke sistem wick yang sebelumnya sudah anda buat.  Sebelum anda pindah tentu saja anda wajib menyiapkan larutan nutrisi hidroponiknya terlebih dahulu. 

3. Perawatan

Selalu cek kondisi ph, ec ppm, suhu larutan nutrisi hidroponik agar pertumbuhan selada bisa optimal. Jika anda belum memiliki standar ph ec/ppm pada sayuran daun anda bisa download di www.hidroponikuntuksemua.com .. gratis!! syarat daftar jadi member aja. 

4. Panen

Jika sayuran selada telah memasuki masa panen anda bisa memanennya, biasanya 45-60 hari selada bisa dipanen. 

Jika anda tidak ada waktu untuk membuat sistem hidroponik wick anda bisa membelinya. klik pada gambar dibawah ini ya... 
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive