Cara Menanam Pohon Sengon (Albasia) Yang Baik Agar Cepat Besar- Sengon (Albizia chinensis)

.
.
Cara Menanam Pohon Sengon (Albasia) Yang Baik Agar Cepat Besar- Sengon (Albizia chinensis) adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon peneduh dan penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina selatan, dan Indonesia. Sengon dijumpai secara alami di hutan luruh daun campuran di wilayah lembab dan ugahari, dengan curah hujan antara 1.000–5.000 mm pertahun. Pohon ini didapati pula di hutan-hutan sekunder, di sepanjang tepian sungai, dan di sabana, hingga ketinggian 1.800 m dpl. (sumber:wikipedia)
Image result for tanaman sengon

Pohon sengon (albasia) memiliki banyak jenis, diantaranya yang paling terkenal adalah: Sengon Buto, Sengon tekik, dan Sengon Laut. Untuk membudidayakan pohon sengon sapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

Menyiapkan Bibit Sengon

Teknik pembibitan pohon sengon dilakukan dengan bijinya. Buka kulit buah sengon yang telah tua dan jatuh dari pohonnya, pisahkan bijinya lalu jemur di terik matahari selama 1 hari. Angkat dan letakkan di area yang teduh.

Untuk memulai penyemaian biji sengon, maka perlu disiapkan media semai. Media semai bisa menggunakan polytube (rak semai), bisa menggunakan pelastik polybag, juga bisa membuat area semaian dengan menggemburkan tanah di perkarangan rumah anda dan dibentuk bedengan atau guludan. Isi mesia semai dengan campuran tanah dan pupukkandang dengan perbandingan 1:1. Untuk area semaian di tanah tebarkan pupuk kandang secara merata dan aduk-aduk menggunakan cangkul.
bibit sengon
Bibit Sengon Siap tanam

Sebelum disemai, biji harus direndam terlebih dahulu di air hangat selama 1 malam, dan tiriskan sampai biji tidak terlalu basah. Setelah itu tebar biji sengon ke media semai dan tutup dengan menggunakan tanah secara merata setebal 3-5 cm. Jika semaian dilakukan di polybag atau polytube, maka setiap pelastik atau lubang polytube cukup diisi 1-2 biji saja. lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari.

Setelah bibit sengon tumbuh dan mencapai ketinggian sekitar 15cm, pindahkan bibit sengon ke polybag. Tiap-tiap polybag hanya ditanami 1 pohon sengon kecil dan letakaan ke lahan yang lebih luas agar bibit sengon memiliki ruang untuk tumbuh.

Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari, terutama saat musim kemarau. Bibit Sengon dapat ditanam ke lahan tanam permanen atau kebun saat mencapai ketinggian 40-50cm.

Menyiapkan Lahan Tanam

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman sekitar 40-50cm. Isi lubang dengan pupuk kandang sampai 1/2 bagian terisi. Buat lubang yang sama dengan jarak 3-4 meter antar lubang, dengan kata lain bahwa ukuran penanaman sengon adalah 3 x 3 meter. Biarkan lubang selama 2-4 minggu sebelum ditanami.

Menanam Bibit Pohon Sengon

Bibit sengon yang telah mencapai ketinggian 40cm -50cm dapat dipindahkan ke lubang tanam yang telah disiapkan. Buka pelastik polybag secara perlahan, dan masukkan bibit sengon ke lubang tanam. Lakukan penutupan lubang dengan tanah yang ada disekitar lubang. Penanaman sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan, agar tidak repot untuk melakukan penyiraman.

Merawat Pohon Sengon

Perawatan pada budidaya sengon tidaklah rumit, cukup lakukan penyiangan rumput yang ada di sekitar tanaman sengon. Lakukan penyulaman pada tanaman sengon yang mati, dan buatlah patok anjir untuk menahan pohon sengon muda agar tidak patah saat tertiup angin kencang. Untuk menghasilkan pohon sengon yang baik, sebaiknya lakukan pemangkasan cabang-cabang yang terlalu banyak agar pohon sengon tumbuh tinggi.

Itulah beberapa langkah cara menanam pohon sengon agar cepat besar dan menghasilkan pohon yang baik. Setelah usia tanam mencapai 5-7 tahun, pohon sengon siap untuk ditebang atau dipanen. Pohon sengon biasanya dimanfaatkan untuk berbagaimacam keperluan pertukangan dan kertas. Harga jual pohon sengon juga sangat kompetitif dan bisa dijadikan sebagai bisnis. Kisaran harga pohon sengon umur 5 tahun ke atas adalah sekitar 350rb - 700rb tergantung dengan diameter dan tinggi batang.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.