Cara Membangun Greenhouse Hemat Biaya

.
.
contoh rak NFT bertingkat
Kadang kala ketika kita mau berusaha / bisnis biasanya awal ada kendalanya dana untuk memulai,nah banyak orang beranggapan untuk berhidroponik harus menggunakan green house, memang tidak salah sih. Namun jika anda memang benar benar mau ber hidroponik greenhouse tentu saja bukan halangan untuk memulai. Ada banyak jalan untuk bisa berhidroponik. Ada contoh pelaku hidroponik yang sudah berproduksi tanpa menggunakan greenhouse, kalo gak salah namanya pak Kunto, kemarin sempat baca di majalah Trubus,hehe

Dan ternyata pun bisa berhasil, tentu saja dengan teknik khusus supaya air hujan dan kendala lingkungan tidak menjadi masalah,atau setidaknya bisa diminimalkan.  untuk artikel tentang kelebihan dan kekurangan greenhouse anda bisa membaca selanjutnya tentu saja terserah anda ya, jika memang modal anda cukup anda bisa langsung membangun greenhouse.Untuk Hobi anda bisa membuat greenhouse dengan kapasitas kecil dulu misalnya ukuran 3x5 meter, atau 6x9 meter. atau silahkan disesuaikan dengan ukuran lahan yang anda miliki. 

Untuk ukuran 3x5 anda sudah bisa membuat rak NFT bertingkat 2 rak dengan panjang 4 meter. untuk 1 rak bertingkat biasanya 1 sisi bisa berisi sampe 7 pralon jadi kalo 2 sisi 14 pralon, namun ada juga yang hanya 5 pralon.. monggo diatur aja. 

Untuk 7 tingkat maka anda anda bisa membuat 2 rak NFT dengan total 28 pralon dengan panjang 4 meter. Jika setiap pralon masing masing 20 lubang tanam maka dengan greenhouse ukuran 3x5 saja anda bisa membuat 2 rak NFT dengan total 560 lubang tanam. 

artinya anda bisa menanam tanaman seperti lettuce sebanyak 560 benih, jika rata2 per kg isi 10 tanaman lettuce saat panen maka anda bisa panen total 56 kg dalam satu kali periode tanam. menarik?? silahkan anda coba...Jika anda sudah memiliki target pasar anda bisa meningkatkan produksi anda, misal disetting mau panen setiap hari berapa kg lettuce atau jenis sayuran lainnya. 

selamat mencoba

semoga sukses


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive