Manfaat dan Rahasia Bunga Kamboja Dari Bunga Mistis; Hingga Menjadi Komoditas Ekspor

.
.
Manfaat Bunga Kamboja. Jika kita berkesempatan jalan-jalan ke Bali maka akan terlihat pemandangan yang sangat lumrah jika bunga kamboja banyak tumbuh dan ditanam disekitar pekarangan rumah warga Bali. Bunga kamboja di Bali sudah lama dimanfaatkan untuk keperluan upacara-upacara adat. Lihat saja di pura-pura mereka biasanya banyak tergeletak bunga kamboja di tempat-tempat pemujaan dan biasanya diberi tempat dari daun pisang.



Lain di Bali lain pula di Jawa, hanya sebagian kecil masyarakat di Jawa yang memanfaatkan bunga Kamboja untuk keperluan upacara-upacara adat. Kebanyakan bunga kamboja hanya ditanam didaerah makam atau disekitar lingkungan pemakaman. Masih sangat jarang rumah-rumah yang mau menanam bunga kamboja ini karena kesan "seram" yang sudah terlanjur ditanamkan pada anak-anak semenjak mereka kecil.

Waktu saya tanam bunga kamboja kuning dipekarangan rumah ternyata juga anak-anak pada takut dan akhirnya tanaman bungan kamboja tersebut saya potong, padahal bunganya sudah mulai banyak dan harumnya merebak kemana-mana. Nama-nama bunga ini bermacam-macam dan berbeda pada beberapa daerah seperti Bunga Semboja (Jawa), Bunga Jebun (Bali), Bunga Samoja (Sunda), Bunga Lomilate (Gorontalo), Bunga Campaka (Madura), Bunga Pandam (Minangkabau), Bunga Kolosusu (Minahasa), Bunga Capaka Kubu (Tidore).

Potensi bunga Kamboja sebagai "barang daganga" muali terkuak saat "booming" pengumpulan bunga ini untuk tujuan ekspor. Beberapa negara yang sangat gencar mencari bunga kamboja kering dan menjadi andalan tujuan ekspor antara lain China, Taiwan, Korea Selatan.

Berdasarkan info dilapangan, negara China membutuhkan bungan kamboja kering hingga ribuan ton setiap bulannya dari seluruh dunia. Dan ini belum lagi jika ditambah dengan kebutuhan bunga kamboja kering dari negara Taiwan dan Korea Selatan. Benar-benar peluang pasar ekspor yang menjanjikan.

Sebenarnya untuk apa negara-negara tersebut mengimport bunga kamboja kering dari Indonesia? Apa rahasia yang tersembunyi pada bunga kamboja tersebut.

Ternyata di negara seperti Taiwan, China dan Korsel, bunga kamboja kering sudah lama dimanfaatkan untuk kesehatan (obat herbal) dan untuk memenuhi permintaan pabrik parfum dinegara tersebut. Bunga kamboja memang kaya akan kandungan emolien dan vitamin E. Selain untuk pengobatan, bunga kamboja juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama perawatan kecantikan kulit. Bunga eksotis ini memberikan sensasi melembabkan, melembutkan, serta menambah nutrisi dan menjaga elastisitas kulit.

Di Taiwan sendiri bunga kamboja sudah lama dimanfaat sebagai teh bunga kamboja, untuk bahan baku pabrik minyak wangi dan juga untuk pembuatan obat nyamuk. Jadi dengan kata lain sebenarnya bunga kamboja ini adalah jenis bunga yang dapat dimakan sebagai sayuran seperti halnya bunga yang biasa dipakai untuk pecel yaitu bunga turi, bunga pepaya dan juga untuk masakan seperti jantung pisang. Jadi bagi para penyuka lalapan dan belum pernah mencoba makan bunga kamboja sekarang saatnya mencoba meski terasa agak aneh pada awalnya. Untuk menyamarkan ada baiknya dicampur saja dengan bunga turi dan sayuran lainnya serta dimakan dengan bumbu pecel, dijamin nikmat.

Apa saja sebenarnya manfaat kesehatan dari bunga Kamboja?
Ternyata bunga kamboja menyimpan rahasia sebagai obat herbal yang ampuh untuk berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat bunga Kamboja dalam pengobatan Tradisional, tetapi sebelumnya perlu juga diketahui bahwa tiap-tiap bagian pohon kamboja memiliki kandungan kimia dan manfaat yang khas.

Bagian Batang:
Pada bagian batang pohon kamboja terdapat getah putih yang mengandung kautscuk, damar, senyawa triterpenoid amytin, senyawa sejenis karet,dan lupeol.

Khusus pada kulit batang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit karena bengkak dan dan pecah-pecah pada telapak kaki. Batang juga mengandung senyawa plumeirid, yakni senyawa glikosida sebagai racun. Karena bersifat racun, bisa mematikan kuman. Hindari dari mata karena bisa menyebabkan kebutaan.

Bagian Bunga:
Bunga kamboja kering bisa dimanfaatkan sebagai teh untuk mencegah rematik atau asam urat , meredakan batuk, mengurangi demam, memperlancar keluar air seni, menahan pingsan karena hawa panas meredakan berak karena disentri, dan meredakan sembelit . Dan wangi bunga kamboja bisa digunakan sebagai bahan campuran obat nyamuk, sabun, dan minyak wangi.

Getah Kamboja
Berdasarkan penelitian, getah kamboja mengandung antiseptik yang dapat mengurangi rasa gatal di antara jari kaki yang disebabkan karena kuman air dan sejenisnya. Hati-hati penggunaan getah kamboja karena bersifat racun terutama jangan sampai terkena mata.

Cara Pemakaian Bagian-bagian Pohon Bunga Kamboja Untuk Pengobatan:  

Akar Pohon Kamboja untuk Mengobati Penyakit Kelamin Kencing Nanah (Gonorrhea)

Penyakit kencing nanah biasa menjangkiti mereka yang memiliki perilaku sexual tidak bersih. Kebiasaan "jajan" ditempat-tempat prostitusi dan juga sering berganti-ganti pasangan adalah mereka yang sangat rentan terserang penyakit GO ini.

Untuk mengobati penyakit kencing nanah caranya sebagai berikut:
  • Ambil 1 potong akar pohon kamboja (secukupnya) kemudian cuci sampai bersih. Rebus potongan akar tersebut sampai mendidih dengan menggunakan 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum ramuan akar kamboja ini satu kali sehari satu gelas. Lakukan secara rutin hingga penyakitnya berkurang/sembuh.
Pencegahan penyakit kencing nanah: Jangan pernah mengunjungi tempat prostitusi dan berganti-ganti pasangan/melakukan sex bebas.

Getah Pohon Kamboja untuk obat alami Gigi berlubang

  • Ambil getah pohon kamboja, bias diserap menggukan kapas, kemudian kapas yang sudah terdapat getah kamboja tersebut tempelkan atau masukkan dalam lubang pada gigi yang sakit karena berlubang tersebut selama beberapa saat.

Getah Pohon Kamboja Ampuh menghilangkan Tahi Lalat dan Kutil
  • Cara penggunaannya adalah sebagai berikut: Ambil getah kamboja menggunakan kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat atau kutil. Diamkan beberapa lama sampai getah mengering. Lakukan secara rutin sampai tahi lalat dan kutil menghilang lenyap tak berbekas.
Daun dan Getah Pohon Kamboja untuk Mengatasi Bisul dan Borok
  • Cara pertama menggunakan daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang ditumbuhi bisul. Setelah kering ganti dengan daun yang lain. Cara kedua, menggunakan getah pohon kamboja. Ambil getah kamboja langsung dari pohonnya dan dioleskan pada bagian tubuh yang ditumbuhi bisul.
Kulit Pohon Kamboja untuk Obat Alami Bengkak-bengkak

  • Cara mengobati bagian tubuh yang bengkak adalah dengan kulit pohon kamboja. Caranya, ambil 1 sirap kulit pohon kamboja kemudian ditumbuk hingga halus. Rebus dengan setengah cerek air hingga mendidih. Air tersebut digunakan untuk merendam bagian tubuh yang bengkak jika memungkinkan. Jika tidak, gunakan untuk mengompres.
Mengobati Patek, Puru (Frambusia)
  • Caranya, ambil 2 Sirap kulit kamboja, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih. Air tersebut digunakan untuk mandi dan menggosok bagian tubuh yang luka.
Getah Bunga Kamboja adalah Antibiotika Alami
Seperti diketahui, getah kamboja memiliki sifat beracun sehingga tidak boleh kena mata. Getah Bunga Kamboja mengandung alkaloid, tanin, flavonoid, dan tripterpenoid dan pada getahnya mengandung tripternoid pentaksiklik yang bersifat racun. Karena sifatnya racun dan mematikan maka getah kamboja dengan dosis yang tepat bisa dimanfaatkan sebagai obat antibiotik.

Manfaat Pohon Bunga Kamboja Sebagai Pohon Penghijauan
Pohon bunga kamboja memiliki sifat yang sangat mudah tumbuh. Cara memperbanyakpun juga sangat mudah. Kita bisa memperbanyak pohon kamboja hanya dengan menggunakan batang pohon kamboja yang sudah agak tua atau yang sudah tua sekalian. Caranya potong batang pohon kamboja sekitar 30 - 50 cm dan tanam pada pot atau polybag yang sudah diisi dengan tanah humus yang subur. Lakukan penyiraman secara rutin tiap pagi dan sore maka dalam beberapa hari akan tumbuh tunas.

Pohon kamboja sangat bagus untuk penghijauan di pinggir-pinggir jalan terutama digang-gang perumahan karena pohon ini juga bisa tumbuh besar dan dengan batangnya yang besar bisa nampak indah sebagai hiasan jalan. Pohon ini juga tahan kering sehingga tidak mudah mati saat kemarau panjang. Cobalah tanam pohon kamboja disepanjang gang perumahan anda dan nikmati keindahannya. Dan jika anda bisa mengumpulkan bunga kamboja kering sampai puluhan atau ratusan kilo maka peluang bisnis ada ditangan anda. Bagaimana cara menjualnya? Silahkan anda tanyakan ke Google dengan keywords "jual beli bunga kamboja kering" maka akan muncul nama-nama perusahaan dan perorangan yang bergerak dalam bidang ini. Silahkan teliti dan pilih yang paling bonafit atau meyakinkan agar terhindar dari penipuan.

Silahkan sebarkan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook