Penting Banget | Perhatikan Tanda Segitiga Pada Wadah Plastik Begini Artinya

.
.

Tanda Segitiga Pada Wadah Plastik
Tanda Segitiga Pada Wadah Plastik
Tanda Segitiga Pada Wadah Plastik - Wadah atau kemasan berbahan plastik pasti sudah akrab dikehidupan kita Pulsker. Mulai dari piring, gelas, sampai botol minuman semua berbahan plastik. Apalagi hampir semua minuman kemasan juga berbahan plastik. Yang harus kamu tahu, apakah semua wadah plastik yang sering kita pakai sudah aman untuk digunakan? Apalagi kalau dipakai sebagai wadah makan.

Nah, biasanya di bawah wadah atau botol plastik ada sebuah tanda segitiga yang ada angkanya. Ternyata itu adalah simbol yang menandakan dari bahan apa wadah itu dibuat. Untuk membedakan wadah plastik yang aman dan sehat dengan yang berbahaya bagi kesehatan, di bawah ini adalah 7 tanda segitiga wadah plastik yang harus kamu tahu.

1. PETE/ PET


Plastik dengan PETE/PET (polyethylene terephthalate) cuma bisa sekali pakai. Kalo keseringan dipakai apalagi buat menyimpan air panas, bakal bikin lapisan polimernya (yang bisa memicu kanker) meleleh. Biasanya bahan ini di buat untuk minuman kemasan, jadi jangan sampai dipakai berkali-kali.

2. HDPE 


HDPE (high density polyethylene) punya sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram, dan lebih tahan pada suhu tinggi. Tapi sama kayak PETE, cuma bisa sekali pakai. Biasanya dipakai untuk botol susu, galon air minum, kursi lipat dan lain-lain.

3. PVC


PVC (polyvinyl chloride) dikenal sebagai jenis plastik yang paling susah didaur ulang dan terkandung pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol. Jadi kalau kamu menemukan botol ini, jangan bisa dipake terus-terusan

4. LDPE


LDPE (low density polyethylene) ini kuat, tembus pandang, fleksibel, dan punya daya proteksi terhadap uap air yang baik. Tipe ini baik untuk tempat makanan.

5. PP


PP (polypropylene) ini bisa dibilang bahan plastik terbaik buat nyimpen makanan karena lebih kuat, punya daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, & stabil terhadap suhu tinggi.

6. PS


PS (polystyrene) ini selain berbahaya buat kesehatan otak dan reproduksi, juga susah didaur ulang. Contohnya ada pada tempat makan styrofoam. Maka dari itu wadah makanan dari styrofoam sangat tidak dianjurkan karena selain tidak bisa didaur ulang juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

7. OT


Ada beberapa macam plastik dengan simbol ini, dan bisa ditemuin pada botol minum olahraga, botol susu bayi, komputer, alat elektronik, bahkan mainan.

Nah, mulai sekarang pilihlah wadah plastik yang aman untuk kesehatan
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive