Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Beringin Yang Indah

.
.
CARA MEMBUAT BONSAI BERINGIN -- Salah satu tanaman yang bagus untuk dibuat bonsai adalah Pohon beringin. Popularitas Bonsai beringin juga tidak kalah dari Bonsai Asam Jawa. Dari asalnya pohon beringin memang memiliki potensi bentuk yang bagus dan bisa dibentuk menjadi bonsai yang indah. Popularitas pohon beringin di kalangan pecintan tanaman bonsai memang sudah semenjak lama. Selain berpotensi dibentuk menjadi bonsai yang indah, pohon beringin juga merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh dan tidak gampang mati. Dengan cara stek pohon beringin juga bisa tumbuh dengan baik, wajar saja bonggol bakalan bonsai beringin banyak dicari meski tidak berakar.

Harga pohon bonsai beringin yang sudah jadi dan berbentuk indah cukup mahal, namun jika ingin mendapatkan bonsai beringin dengan harga murah anda bisa membeli bakalan dan kemudian merawat bakalan bonsai beringin tadi. Untuk membuat bonsai beringin bukan perkara yang sederhana. Untuk mendapatkan bonsai beringin yang indah dan menyenangkan dibutuhkan perawatan yang tekaten dan konsisten secara terus menerus. Selain itu dari awal harus dipikirkan pola bonsai beringin yang diharapkan.

Persiapan Membuat Bonsai Beringin

Sebelum anda membuat bonsai beringin ada beberapa langkah persiapan yang perlu dilakukan dalam membuat bonsai beringin. Berikut ini beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk membuat bonsai beringin:
1. Siapkan Bonggol Tanaman Beringin, cari yang sudah cukup besar dan membentuk pola yang diinginkan atau pola bonsai yang ideal.
2. Siapkan Pot untuk menanam bonsai beringin
3. Media Tanam Untuk Bonsai Beringin
4. Kawat Stainlesteel ukuran 3 mm.
5. Gunting tanaman

Langkah-Langkah Membuat Bonsai Beringin

Setelah beberapa persiapan untuk membuat bonsai beringin sudah dilakukan, saatmya kita mulai langkah membuat bonsai beringin.
1. Pohon beringin di tanam pada  media tanam yang strukturnya padat dan rendah unsur haranya. Hal ini dilakukan supaya pohon beringin tidak berlebihan mendapatkan nutrisi makanan, karena bila berlebihan maka akan sulit untuk dilakukan proses pembentukkan di bagian batang.

2. Gunakanlah kawat stainless kurang lebih berdiameter minimal tiga milimeter yang akan berfungsi untuk membentuk dahan ke pola tertentu dalam jangka waktu yang tidka terbatas hingga dihasilkan pola yang diinginkan pada saat kawat tersebut dilepas.
Adapaun cara pemasangan kawatnya untuk membuat bonsai beringin dengan dililitkan melingkar dari pangkal dahan kearah ujung dahan. Namun ingat harus hati-hati jangan sampai dahan patah. Adapun pada proses pelingkaran dapat dibantu dengan menggunakan tang supaya hasilnya dpaat maksimal. Karena biasanya ketika kawat lepas maka dahan akan menyisakan bekas lilitan yang menjadikan dahan tersbeut unik.

3. Melakukan pemupukan untuk menjaga kesehatan bonsai. Karena secara normal, kandungan unsur pupuk bonsai yang bisasanya diperlukan yaitu nitrogen, fosfor dan potassium.
4. Melakukan pemangkasan secara berkala pada daun-daun pohon beringin untuk dapat membuat bentuk bonsai menjadi lebih hidup dan cantik

Dengan bahan bonsai beringin yang sudah cukup bagus, kemudian dilakukan penanaman pada media yang tepat serta perawatan yang baik, kita akan mendapatkan tanaman bonsai beringin yang indah. Jangan lupa untuk secara reguler melakukan pemangkasan daun dan dahan yang melenceng dari bentuk yang dikehendaki. Selamat mencoba.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive