Panduan Cara Lengkap Resep Obat Alami untuk Diare

.
.
Diare non spesifik biasanya lebih mudah diobati karena hanya terjadi akibat gangguan ringan pada pencernaan yang menyebabkan feses menjadi berair dan akhirnya menjadi mencret. Berikut ini macam macam resep obat alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi diare.

Resep Obat Alami Untuk Diare
Cara Obati Diare dengan Bubuk Kulit Kayu Manis
Untuk pengobatan diare dengan bubuk kayu manis caranya adalah siapkan 1 1/2 gram bubuk kulit kayu manis dan siapkan juga air panas secukupnya.
Kemudian jika bahan obat diare sudah siap tinggal seduh bubuk kulit kayu manis di dalam air panas, kemudian saring airnya.
Cara minum:
Biarkan dulu hingga dingin kemudian minum sehari 2 kali masing-masing 1 gelas.
Lakukan secara rutin sampai diare benar benar berhenti atau sembuh.
Resep Cara obati Diare dengan Tanaman Anting-anting 
Siapkan sekitar 40 gram tanaman / herba anting-anting kering dan juga 2 gelas air matang. Selanjutnya cuci bersih tanaman anting-anting, rebus bersama 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas.
Cara minum:
Minum obat diare tradisional ini 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas.
Lakukan rutin sampai diare sembuh.
Resep Obat Diare dengan Daun Kayu Putih 
Ambil 7 - 10 gram daun kayu putih kering dan siapkan juga 2 gelas air tawar.
Masak hingga mendidih 2 gelas air, kemudian masukkan daun kayu putih kering. Biarkan terus direbus  hingga air tersisa 1 gelas.
Cara minum:
Ramuan ini bisa diminum 1 hari 1 gelas rutin sampai diare sembuh.
Obat Diare Alami dengan Resep Daun Sendok
Siapkan 25 - 30 gram daun sendok segar dan juga 3 gelas air bersih.
Cara membuat ramuannya adalah rebus daun sendok segar bersama 3 gelas air. Biarkan air rebusan mendidih dan tersisa 1 gelas.
Cara Pakai:
Minum sehari 2 kali masing-masing 1/2 gelas. Lakukan rutin setiap hari selama masih diare.
Tiga Macam Resep obat Diare dengan Tanaman Daun Komfrey
Siapkan 4 sampai 5 lembar daun komfrey segar, siapkan juga 4 gelas air dan Garam halus secukupnya.
Cara pertama: Lusuhkan atau lemaskan daun komfrey dengan garam, setelah itu dicuci. Makan sehari 2 kali sebagai lalap sayur, bisa juga dikunyah tanpa nasi.
Cara kedua: Tuangkan 1 1/2 gelas air dalam blender. Masukkan daun komfrey yang sudah bersih ke dalamnya, blender hingga halus. Saring air dan minum sari daun komfrey sebagai obat sehari 2 kali.
Cara ketiga:  Daun komfrey segar direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Angkat ketika air tersisa 3 gelas. Saring air dan minum sebanyak 3 kali sehari masing-masing 1 gelas.
Obat Diare Alami dengan Resep Daun Prasman
Ambil dan siapkan daun prasman secukupnya beserta 1 gelas air panas. Selanjutnya seduh daun prasman dalam segelas air panas, tunggu beberapa saat sembari diaduk. Saring airnya, minum air sehari sekali. Lakuka tiap hari sampai diare menghilang.
Resep Obat Daun Kesumba Keling untuk Diare
Siapkan 1/2 genggam daun kesumba keling dan 2 gelas air bersih.
Cuci dan bersihkan kotoran pada kesumba keling kemudian rebus daun kesumba keling bersama 2 gelas air hingga tersisa 1 1/2 gelas.
Cara minum:
Silakan dibagi menjadi dua kemudian diminum sehari 2 kali.  Boleh ditambahkan madu secukupnya agar lebih nikmat dan berkhasiat. Lakukan rutin sampai diare sembuh.
Rimpang Empu Kunyit untuk Obat Alami sakit Diare
Ambil 1/2 jari tangan rimpang empu kunyit segar ditambah 1 sendok teh kapur sirih dan siapkan juga 1 gelas air.
Cara pembuatan obat diare dengan kunyit adalah potong tipis-tipis rimpang empu kunyit, sehabis itu rebus bersama 1 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas.
Tuangkan 1 sendok teh air kapur sirih ke dalam rebusan tadi, aduk hingga tercampur.
Setelah dingin, saring airnya dan minum sehari 3 kali masing-masing 1/2 gelas.
Obat Diare Alami dengan Resep Akar Jeruk Nipis
Siapkan 2 - 5 potong akar jeruk nipis dan 6 gelas air
Mula-mula cuci akar jeruk nipis sampai bersih. Kemudian rebus bahan dalam 6 gelas air sampai menyisakan 4 gelas. Setelah ramuan dingin dan disaring, minum airnya tiap sore hari.
Obat Diare dengan Akar Bayam Duri
Siapkan terlebih dahulu sebanyak 30 gram akar bayam duri segar dan 15 gram gula enau serta 1 gelas air.
Lebih dahulu cuci akar bayam duri hingga bersih, lanjutkan dengan proses perebusan dengan1 gelas air bersama gula enau. Angkat ketika air di dalam panci tersisa 1/2 gelas. Biarkan dingin, barulah minum airnya sebelum makan rutin selama 3 hari masing-masng 1/2 gelas per hari.
Resep Obat Diare dengan Biji Buah Makasar
Ambil 25 - 50 butir biji buah makasar dan 1/2 gelas air larutan gula pasir. Caranya giling atau tumbuk buji buah makasar sampai halus, kemudian masukkan ke dalam kapsul (beli di apotek). Minum kapsul obat diare ini dengan 1/2 gelas air larutan gula pasir sebanyak 1 kali sehari per 1 kapsul.
Resep Obat Diare Tanaman Jengger Ayam
Siapkan 10 - 15 gram tanaman jengger ayam4 gelas air.
Cuci bersih tanaman jengger ayam, kemudian rebus dalam 4 gelas air. Saat mendidih, angkat saat air sudah tersisa 2 gelas. Saring airnya, minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas hingga diare sembuh.
Obat Alami Diare dengan Resep Daun Ki Tajam 
Ambil 1 genggam daun ki tajam segar dan 5 gelas air
Rebus bahan dalam 5 gelas air sampai tersisa 3 gelas. Biarkan hingga dingin, saring airnya dan minum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. ( ibu hamil dilarang minum obat ini karena bisa menyebabkan keguguran).
Obat diare dengan Rimpang Kunci Pepet 
Siapkan 10 gram rimpang kunci pepet segar1 gelas air.
Potong-potong rimpang kunci pepet, kemudian rebus bersama 1 gelas air selama 15 menit. Ketika sudah dingin, saring dan minum airnya.
Bunga Knop untuk Obat Diare Alami.
Siapkan 10 kuntum bunga knop segar1 sloki arak kuning
Caranya: Rebus kuntum bunga knop dalam 1 sloki arak kuning, kemudian minum airnya.Lakukan rutin hingga diare sembuh.
Pertolongan pertama pada diare adalah pemberian ORALIT.
Tips Cara Membuat Oralit dan Cara Pemakaiannya.
Bahan-bahan untuk oralit:
Segelas (200 ml) seukuran belimbing air matang
2 sendok teh gula pasir
1/2 sedok teh garam dapur
Ketiga bahan dicampur menjadi satu dan aduk untuk melarutkan garam dan gula, kemudian berikan pada pasien diare, jika Anda yang menderita silahkan diminum.
Dosis Oralit Yang Dianjurkan
Untuk anak balita dengan umyr kurang dari 1 tahun diberikan obat setelah 3 jam diketahui mengalami diare sebanyak 1 1/2 gelas, dilanjutkan pemberian setelah BAB sebanyak 1/2 gelas.
Untuk balita umur antara 1 - 4 tahun diberikan obat setelah 3 jam diketahui diare sebanyak 3 gelas, diberikan kembali setelah BAB dengan takaran 1 gelas.
Anak-anak usia antara 5 - 12 tahun diberikan 6 gelas obat setelah 3 jam diketahui diare, kemudian 1 1/2 gelas setelah BAB.
Dosis Oralit untuk orang dewasa, butuh 12 gelas obat diare setelah 3 jam diketahui, dan 5 gelas pemberian obat sehabis BAB.
Demikian tips membuat oralit dan dosis berdasarkan umur.
Silakan sebarkan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive