Manfaat Wortel Tidak Terbatas Untuk Kesehatan Mata, Mulai Sebagai Sumber Energi Sampai Mencegah Kanker

.
.
Fakta-fakta tentang Manfaat Wortel bagi Kesehatan dan Kecantikan

Wortel, dari jaman dahulu lebih dikenal sebagai makanan sehat yang berguna bagi kesehatan mata karena wortel adalah sumber vitamin A yang baik. Dalam 100 gram wortel anda sudah akan mendapatkan vitamin A sebanyak 5 kali kebutuhan normal harian vitamin ini bagi tubuh anda. Seiring kemajuan teknologi dan penelitian, ternyata ditemukan bahwa wortel memiliki banyak sekali manfaat kesehatan yang tidak hanya terbatas pada kesehatan mata saja. Berikut ini fakta-fakta tentang manfaat wortel untuk menjaga kesehatan anda: 
Wortel memiliki kandungan serat dan karbohidrat yang bagus buat kesehatan. Dengan kandungan karbohidrat tersebut maka wortel bermanfaat sebagai sumber energi. Serat pada wortel bermanfaat untuk membersihkan usus sehingga bisa mencegah timbulnya kanker kolon. Karbohidrat pada wortel adalah sumber glukosa yang sangat baik sebagai sumber energi.

Protein pada wortel menjadikan wortel ini memiliki manfaat untuk pembentukan jaringan otot, memperbaiki sel-sel otot yang rusak. Protein ini juga bermanfaat untuk mengatur keseimbangan pelepasan hormon-hormon dalam tubuh. Manfaat lain dari protein pada wortel adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat Wortel Sebagai Anti Inflamasi
Ternyata wortel memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mempercepat penyembuhan luka. Cara menggunakannya pun sangat mudah, ambil wortel segar kemudian parut. Gunakan wortel yang diparut tadi untuk menutup luka, lakukan rutin maka efek percepatan penyembuhan luka akan anda dapatkan.

Dengan menggunakan masker dari wortel maka kulit anda akan nampak lebih bersinar dan tentu saja manfaat ini akan semakin terasa jika anda juga rajin mengonsumsi jus wortel. Vitamin C yang terdapat pada wortel adalah salah satu sumber antioksidan yang bermanfaat untuk menyegarkan kulit anda.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Kulit Wajah
Manfaat wortel untuk kulit wajah, yakni dijadikan pelembab alami. Cara memanfaatkan wortel sebagai pelembab alami wajah adalah sebagai berikut: Langkah pertama parut sebuah wortel bersih, ambil sebanyak 2 sendok teh. Madu murni dan susu krim satu sebanyak 1 sendok teh. Minyak zaitun secukupnya.
Cara membuat: Letakkan parutan wortel ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan semua bahan, kemudian lumatkan menggunakan satu tangan yang sudah dilapisi plastik steril. Basahi permukaan kulit wajah dengan air hangat, sedikit dipijat agar pori-pori terbuka. Keringkan sebentar dengan menepuk pakai tangan. Aplikasikan masker wortel yang sudah jadi secara merata, diamkan 10-15 menit. Bersihkan dengan cara memercikkan air dingin sedikit demi sedikit sembari dibersihkan masker yang menempel pada wajah.

Wortel Mencegah Pembekuan Darah dan Cegah Osteoporosis.
Wortel memiliki kandungan vitamin K yang bermanfaat dalam proses pembekuan darah. Vitamin K1 ternyata juga bermanfaat untuk mencegah resistensi insulin. Juga bermanfaat untuk memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

Manfaat Wortel Untuk Melancarkan Proses Pencernaan
Wortel memiliki kandungan Vitamin B merupakan jenis vitamin yang larut dalam air dan bermanfaat dalam proses pencernaan. Di dalam tubuh, vitamin ini memperbaiki dan memelihara sistem pencernaan dan membentuk asam klorida (HCL) yang dipergunakan untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat.
Meningkatkan memori. Vitamin ini berperan membangun dinding pelindung di sekitar neuron otak yang memberi efek pada peningkatan memori dan konsentrasi. Memecah homosistein. Homosistein merupakan asam amino yang dapat meracuni sel-sel saraf. Untuk mengatasinya dibutuhkan vitamin B agar homosistein dipecahkan.

Manfaat Wortel Mencegah dan Mengobati Penyakit Kulit
Kandungan vitamin A yang tinggi pada wortel ternyata bermanfaat juga untuk mengatasi berbagai penyakit kulit akibat defisiensi vitamin A. Penyakit kulit yang bisa dicegah dengan konsumsi wortel secara rutin antara lain radang kulit atau dermatitis, jerawat, ruam-ruam kemerahan, dan lain-lain. Tetapi konsumsi wortel yang berlebihan juga tidak baik bagi kulit karena akan menimbulkan warna oranye kekuningan pada permukaan kulit akibat berlebihan memakan wortel. Jus wortel juga bermanfaat sebagai sun block untuk kulit dari dalam karena kandungan antioksidannya yang tinggi pada jus wortel. Dengan menempelkan bubur wortel pada wajah maka flek-flek hitam pada wajah akan terangkat jika anda melakukan hal ini secara rutin.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Rambut
Ternyata wortel juga sangat bermanfaat untuk rambut. Kandungan vitamin Wortel yang sarat akan vitamin A dan karotenoid yang menjadi agen penyubur rambut. Anda akan terbebas dari masalah kerontokan rambut. Sirkulasi darah di sekitar kulit kepala menjadi semakin lancar karena semua vitamin yang terkandung dalam wortel bekerja sama memberi dampak menyehatkan bagi rambut. Wortel mampu merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut jadi tebal sekaligus lebat. Sebabnya adalah kandungan vitamin A dan E pada sayuran menyehatkan ini dapat membantu meningkatkan produksi folikel rambut. Makanlah sayur atau jus wortel secara teratur agar rambut Anda menjadi sehat dan terbebas dari beragam masalah. Vitamin A dalam wortel ternyata juga bermanfaat mengilaukan rambut, caranya yakni membuat rambut berwarna hitam pekat dan menjadi tampak lebih berkilau. Konsumsi wortel secukupnya dan jangan berlebihan akan memberikan anda sumber asupan vitamin A yang cukup bagi kesehatan rambut anda.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive