Loading...

Cara Mudah Menanam Mentimun Hidroponik

Sponsored Links
.
Loading...
Cara menanam mentimun hidroponik dapat dijadikan cara lain dalam menanam dan membudidayakan mentimun dari penanaman secara biasa (menggunakan media tanah). Prinsipnya adalah dengan memberikan nutrisi (dalam bentuk larutan nutrisi) dengan cara disiram, ditetes, dialiri, atau disemprotkan pada media tumbuh tanaman.
Caranya sebagai berikut :



Sediakan bibit mentimun
Bibit mentimun dapat dihasilkan dari proses penyemaian biji timun. Anda dapat menyemai sendiri bibitnya dengan cara persemaian dan pembibitan hidroponik. Anda harus memperhatikan benar-benar proses ini, karena beda tanaman, beda pula perawatannya.

Pemindahan bibit ke media tanam
Sebelum memindahkan bibit, pastikan kita sudah menyiapkan media tanamnya. Sediakan saja media roockwol. Gunakan teknik apung dengan pot kecil berisi media tanam dan wadah besar berisi larutan nutrisi.
Pilih bibit yang unggul, yaitu bibit sudah mempunyai dua daun dan batang yang sehat. Pada saat memindah bibit hati-hati jangan sampai merusak batang, daun dan akar. Masukkan akar pada air dan goyangkan agar bersih. Iris rockwool setengah dan selipkan akar kedalamnya.

Perawatan
Perawatan yang dilakukan yaitu pengecekan nutrisi dengan cara penggantian nutrisi secara berkala dan pengaturan pH air secara teratur. Pemangkasan batang dan daun yang kurang bagus dan yang tidak diperlukan. Ikat batang utama dengan penopang agar batang tumbuh dengan lurus dan kuat. Pengendalian hama dan penyakit dapat dilakukan dengan cara manual dan pestisida.

Masa panen
Gunakan alat pemotong (gunting atau pisau) saat mengambil buah agar menjaga batang dari kerusakan.

Sekian artikel cara menanam mentimun hidroponik dari saya, semoga bermanfaat untuk anda.

Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter