Panduan Lengkap Cara Merawat Kaktus Agar Tidak Busuk

.
.
CARA MERAWAT KAKTUS -- Tanaman kaktus menjadi primadona dalam dunia tanaman hias. Banyak penggemar tanaman hias beramai-ramai menanam tanaman ini di taman rumahnya. Namun sayangnya banyak yang tidak sukses dalam merawat tanaman kaktus ini. Banyak yang gagal dalam menanam kaktus ini karena tanaman kaktus busuk dan akhirnya mati. Namun bukan berarti merawat kaktus agar tumbuh dengan baik itu susah. Merawat tanaman kaktus sebenarnya gampang-gampang susah. Intinya adalah bagaimana mengerti dan memahami bagaimana tanaman kaktus bisa tumbuh dengan baik di alam aslinya.


Cara Merawat Kaktus

Berikut ini beberapa tips dalam merawat dan menanam tanaman kaktus agar tumbuh dengan baik dan tanpa busuk:
1. Jangan Berlebihan dalam Menyiram
Kesalahan yang sering dialami oleh penggemar tanaman kaktus adalah memberikan air yang berlebih dengan melakukan penyiraman yang rutin. Ini merupakan kesalahan yang cukup fatal. Karena pada dasarnya tanaman kaktusmerupakan tumbuhan yang hidup di habitat kering. Karena hidup di daerah kering tanaman kaktus memiliki kemampuan menyimpan cadangan air yang banyak di daunnya yang menggembung. Pada saat kekurangan air tanaman kaktus memanfaatkan air dalam cadangan tersebut.

2. Tempatkan Pada lokasi Yang terkena Sinar Matahari
Selain itu tanaman kaktus sangat menyukai sinar matahari seperti di habitat aslinya yaitu  gurun pasir yang panas dan memiliki sirkulasi udara baik. Kaktus tidak suka keadaan tempat yang terlalu lembap, karena daging kaktus itu tebal. Jika terlalu diberi banyak air akan  cepat membusuk dan mati. Inilah yang membuat tanaman kaktus membusuk jika terlalu banyak meyiram air.

3. Pemilihan Bibit Kaktus dan Penanaman
Saat akan menanam kaktus, ada dua hal yang harus diperhatikan dengan baik adalah dalam memilih bibit dan cara menanam. Bibit kaktus dapat ditanam dari biji atau dari anakan sendiri. Anda dapat menemukannya di toko tanaman hias. Sedangkan mengenai cara menanamnya, tanaman ini bisa ditanam ke dalam pot atau di tanah langsung.

4. Diangin-anginkan dan Penyemprotan
Jika kita menaruhnya di dalam ruangan, dalam 3 hari sekali kaktus harus diangin-anginkan supaya tidak lembap dan tidak mati. Menyiram kaktus tidak sama dengan tanaman biasa yang lain. Menyiramnya hanya disemprot saja dengan menggunakan botol spray khusus supaya kaktusnya tidak terlalu lembab. Lakukan penyiramannya pada pagi / sore hari.

5. Pemupukan Tanaman Kaktus
Kaktus juga harus diberi pupuk agar tanamannya berkembang dengan baik seperti tanaman-tanaman yang lain. Namun, pupuknya tidak sama dengan tanaman biasa lainnya. Pupuk untuk kaktus harus menggunakan pupuk organik (pupuk NPK) yang dapat anda dapatkan di toko tanaman hias. Pupuk ini diberikan ke media tanamnya.

6.Mengganti Media Tanam Kaktus
Mengganti  media tanam pada tanaman kaktus perlu dilakukan apabila kaktus tidak menunjukkan pertumbuhannya sama sekali. Caranya adalah dengan membuang media tanam lalu gunting semua akar halus pada tanaman kaktus. Jika sudah, tanaman kaktus harus dikeringkan selama 1-2 minggu ditempat yang cukup mendapatkan sinar matahari.

Selanjutnya setelah tanaman kaktus dibersihkan, kaktus ditanam lagi menggunakan media tanam yang baru. Biarkan lagi selama 2-3 minggu tanpa perawatan atau tanpa disiram air. Setelah 2-3 minggu barulah disiram kembali.

Menanam dan merawat tanaman kaktus memang gampang-gambang mudah, namun kita harus teliti dalam merawatnya terutama dalam hal penyiraman. Jangan lupa membersihkan pot dari segala macam kotoran dengan teratur. Jika sudah dirawat dengan baik tanaman kaktus ini bisa tumbuh cantik dan indah.


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive