Cara Mengobati Burung Kenari Yang Sakit

.
.
Cara mengobati Burung Kenari Yang Sakit - Musim penghujan memang kerap sekali mengakibatkan berkembangnya bibit penyakit, termasuk diantaranya adalah penyakit pada Burung Kenari. Keluhan yang sering terjadi adalah Burung kenari menjadi tidak bersemangat, terlihat murung dan banyak berdiam di lantai kandang. Seperti halnya jenis burung peliharaan lainnya , Burung kenari juga rentan terhadap penyakit terutama jika kondisi kandang tidak dijaga kebersihannya, selain itu kondisi perubahan cuaca juga berperan terhadap terserangnya penyakit pada burung kenari peliharaan.

Ternak Burung Kenari, Beternak Burung, Peternakan, Cara mengobati burung kenari yang sakit, Cara mencegah agar burung kenari tidak mudah sakit, tips mudah memelihara burung kenari,
Cara Menangani Burung Kenari Yang Sakit - Untuk mencegah terjadinya dampak yang lebih parah, perlu penanganan yang tepat terhadap burung kenari yang sedang sakit. Pelajari dengan benar ciri-ciri yang diperlihatkan dari sakit yang diderita burung kenari peliharaan Anda, ini akan sangat membantu agar Anda dapat mengambil tindakan yang cepat dan tepat.

Tips Langkah-Langkah Mencegah Burung Kenari Agar Tidak Cepat Sakit

Burung kenari yang terserang penyakit biasanya akan terlihat murung, tidak mau bergerak aktif seperti biasanya, dan sering berada di lantai kandang. Penyakit semacam ini sering disebut dengan Panyekit murung oleh sebagian banyak penggemar Burung Kenari. Untuk mencegah serangan penyakit murung pada burung kenari dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

1. Lakukan Penjemuran Secara Rutin

Penyakit murung pada Burung Kenari biasnya disebabkan cuaca dingin yang terjadi pada musim penghujan, kondisi lembab pada kandang menyebabkan burung kedinginan dan mudah terserang oleh bibit penyakit seperti virus dan bakteri. Lakukan penjemuran burung kenari setiap pagi hari, lakukan pada jam 07.00 - 09.00 setiap harinya. Hal ini bertujuan agar Burung Kenari merasa hangat.

2. Lakukan Pembersihan Kandang Secara Teratur

Kondisi kadang yang kotor akan meningkatkan kemungkinan Burung Kenari terserang penyakit, Untuk mengatasi hal tersebut, lakukan pembersihan kandang secara rutin pagi dan sore. Terutama pada musim penghujan, kandang akan mudah lembab, pastikan kandang tetap terawat kebersihan dan tidak lembab sehingga bibit penyakit tidak mudah datang.

3. Saat Malam Hari, Berilah Kerodong pada Kandang/Kurungan

Memasang penutup pada kandang/kurungan pada malam hari atau saat cuaca dingin dapat membantu burung kenari peliharaan menjadi hangat, oleh karena itu pemasangan kerodong/punutup kurungan sangat dianjurkan ketika burung kenari peliharaan Anda mengalami sakit.



4. Berilah Makanan Yang Sehat

Pemberian variasi makanan yang sehat dapat membantu burung kenari dalam menangkal penyakit yang datang, berilah sayuran dan makanan berprotein seperti telur puyuh secara bergantian untuk selingan makanan utama. 

Cara Mengobati Burung Kenari Yang Sedang Sakit  Murung

Jika langkah-langkah pencegahan di atas sudah dilakukan namun burung kenari masih saja sakit, lakukan langkah-langkah pengobatan agar burung kenari peliharaan tidak mati. Berikut beberapa langkah cara mengobati burung kenari yang sedang sakit.

1.Berilah Multivitamin Atau Obat

Pemberian multivitamin akan sangat membantu burung kenari memulihkan staminanya saat kurang bersemangat, belilah multivitamin di toko-toko yang menjual keperluan untuk burung peliharaan. Campurkan multivitamin pada air minumnya. Jangan lupa untuk memberi air minum dari air yang sudah direbus, jangan air dari kran atau sumur secara langsung.

Jika pemberian multivitamin belum juga menyembuhkan penyakitnya, maka langkah pengobatan perlu dilakukan. Berikan obat yang sesuai yang mengandung antibiotik dan vitamin, obat ini banyak dijual di toko-toko yang menjual pakan burung. Pemberian obat harus segera dilakukan agar burung kenari Anda tidak mati.

2. Berilah Makanan Yang Bisa Menghangatkan Badannya


Setelah pemberian obat, bantulah pemulihan stamina burung kenari dengan memberikan makanan yang dapat menghangatkan badannya. Jenis pakan ini bisa didapat dengan mudah di kios-kios penjual pakan burung, sebagai contoh adalah niger seed. Makanan satu ini akan memberikan kehangatan pada tubuh burung yang memakannya. Ini sangat direkomendasikan diberikan ketika cuaca dingin dan kondisi burung kenari dalam keadaan sakit.

Itulah beberapa tips untuk mencegah dan mengobati burung kenari agar tidak sakit murung, cara pemeliharaan yang rajin akan sangat membantu burung kenari terhindar dari sakit murung, cara sederhana seperti membersihkan kandang secara rutin, menjemur burung pada pagi hari, dan memberikan kerodong pada kurungannya akan sangat membantu burung kenari bertahan terhadap kondisi cuaca dan serangan penyakit. Tidak lupa juga berikan makanan selingan seperti sayuran, buah apel dan telur puyuh untuk menjaga staminanya tetap prima.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive