Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

.
.
Kebanyakan orang tua merasa dilema jika anaknya susah makan, Apalagi jika anak sudah menginjak usia 2 tahun, dimana masih aktifnya bereksplorasi sehingga waktu anak lebih banyak dihabiskan dengan bermain. Bunda mungkin sangat mengkhawatirkan sang buah hati apabila tidak mau makan, karena bunda merasa apabila anak tidak diisi dengan asupan nasi maka belum terasa puas. Oleh karena itu para bunda harus mampu mengkreasikan menu makanan supaya menarik sang buah hati untuk mau makan. Ada beberapa faktor sang buah hati susah makan seperti :
  1. Sedang batuk atau pilek
  2. Tidak berselera makan
  3. Suka ngemil/ jajan
  4. Sedang asyik bermain
  5. Parenting, Cara mengatasi anak yang susah makan, Tips mengatasi anak yang susah makan, Cara membuat makanan bagi anak, tips agar anak mau makan, Tips Kesehatan,
    Source: Pixabay
  6. Gigi mulai tumbuh
Dengan beberapa faktor penyebab anak tidak mau makan tersebut maka bunda harus pintar mengkerasikan menu makanan dengan selera anak dan dibikin semenarik mungkin. Menu makanan yang dibuat harus membangkitkan selera anak untuk mau makan. Bunda harus pintar melihat menu kesukaan makanan sang buah hati, sehingga dengan begitu bunda akan lebih mudah mengkreasikan menu yang akan dibuat. Berikut tips member makan kepada sang buah hati :



1. Penyajian makanan yang menarik

Penyajian makanan haruslah menarik misalkan sang buah hati suka nasi goring, sajikan nasi goring dalam cetakan yang menarik dengan dihiasi telor yang dibentuk menyerupai wajah.

2. Sajikan makanan dalam porsi kecil

Ingat lambung sang buah hati masih kecil, sehingga berikan makanan sedikit demi sedikit, sehingga sang buah hati akan merasa lebih menikmati makanan tersebut.

3. Makanan harus bervariasi

Cobalah buat beberapa menu makanan dan biarkan buah hati memilih makanan yang disukai sehingga bunda akan mengetahui makanan apa yang disukai sang buah hati.

4. Melibatkan anak dalam penyajian makanan

Cara ini dirasa sangat ampuh, karena sang buah hati akan merasa makanan yang dibuat merupakan hasil kreasi anak sehingga keinginan untuk makan akan semakin kuat

5. Makan teratur

Pemberian makan teratur dapat membuat sang buah hati lebih terbiasa dengan waktu makan yang sudah dijadwalkan sehingga sang buah hati akan merasa lebih tau waktu yang tepat untuk makan.

Problem lain yang sering dijumpai pada sang buah hati yang sudah menginjak usia 2 tahun adalah susah makan karena kebanyakan minum susu. Bunda harus pintar mengatur pemberian susu kepada sang buah hati. Pemberian susu yang berlebihan akan membuat sang buah hati menjadi susah makan karena sudah merasa kenyang terlebih dahulu. Sehingga meskipun sang buah hati menginginkan susu tetapi jadwal makan sudah tiba makan bunda harus bisa memberikan pengertian kepada sang anak untuk makan terlebih dahulu sebelum minum susu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajak sang buah hati berjalan-jalan diluar rumah seperti makan sambil berjalan di area komplek sambil melihat pemandangan alam. Dengan begitu sang anak akan lebih menyukai pemandangan alam sehingga lebih mudah dalam memberikan makan. Mungkin itu beberapa tips yang bisa diberikan untuk para bunda, selamat mencoba ya bunda…
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive