Wow Amazing!! Makan Lalapan Daun Pegagan Segar? Jutaan Manfaat Menunggu Anda.

.
.
Lalapan daun Pegagan. Waktu kecil saya ingat pernah disuruh makan sayur yang terdiri dari banyak sekali tanaman yang saya tidak tahu namanya. Kalau kata mbah mbah dulu sih katanya sayuran tersebut diperoleh dari aneka tanaman liar yang tumbuh disawah dan ladang.
Saat dimasak dan dimakan bersama-sama rasa sayur sawah tersebut demikian khas ada yang kecut ada yang agak manis ada juga yang pait dan yang lebih khas lagi baunya juga susah digambarkan.
Ternyata baru sekarang saya tahu jika diantara sayuran liar dari sawah dan tegalan tersebut ada yang namanya pegagan atau antanan. Berdasar penelitian ternyata pegagan atau antanan ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak. Pantas saja jika orang orang jaman dahulu yang suka makan lalapan sayuran sawah yang didalamnya ada pegagan mempunyai riwayat kesehatan yang sangat bagus bahkan sampai usia tua tetap prima.
Rajin menikmati lalapan pegagan segar ternyata bisa melancarkan peredaran darah dan membersihkan darah sehingga menurunkan resiko terkena penyakit kulit, mencegah gangguan pencernaan dan bisa menambah nafsu makan. Bahkan manfaat lainnya adalah bisa untuk obat cacing dengan efeknya bisa mengeluarkan cacing dari dalam perut.
Manfaat pegagan segar didukung dengan kandungan kimianya yang lengkap. Daun pegagan ini memiliki sifat manis dan sejuk. Sementara efek farmakologisnya adalah anti-infeksi, antitoxic, penurun panas, peluruh air seni. Karena efek farmakologis tersebut pegagan secara turun temurun sering dijadikan sebagai obat tradisional.
Kandungan kimiawinya terdiri dari asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids, garam-garam mineral seperti garam kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine dan zat samak.
Sebutan atau nama lain tanaman pegagan dikenal juga dengan nama antanan atau daun kaki kuda. Pegagan memiliki nama latin Centella asiatica (Linn) dan termasuk dalam keluarga Umbelliferae. 
Manfaat Pegagan dan Cara Menggunakan Ramuannya untuk obat alami berbagai penyakit.
Ramuan daun pegagan untuk obat alami penyakit batuk darah, muntah darah, mimisan
Cara pengobatannya adalah siapkan 60 - 90 gram pegagan segar lalu direbus atau diperas, kemudian airnya diminum.
Pegagan untuk obat alami mata merah, bengkak sebagai obat tetes mata.
Tetes mata dengan daun pegagan. Caranya pun cukup mudah. Pegagan segar dicuci bersih, dilumatkan, diperas, airnya disaring. Teteskan ke mata yang sakit 3-4 kali sehari.
Pegagan untuk hipertensi atau Darah tinggi
Ambil 20 lembar daun pegagan kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga menjadi 3/4-nya. Ramuan tersebut diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas. 
Obat alami pada Demam
Segenggam daun pegagan segar ditumbuk hingga halus, kemudian ditambah sedikit air dan garam, lalu saring. Airnya diminum pagi-pagi sebelum makan.
Pegagan untuk mengatasi Wasir atau ambeien
Cara penggunaannya adalah siapkan 4-5 batang pegagan berikut akar-akarnya, lalu direbus dengan 2 gelas air selama ± 5 menit. Minum air rebusan ini secara rutin selama beberapa hari.
Herbal pegagan untuk mengobati penyakit campak
Cara mengobati penyakit campak, terlebih dahulu ambillah 60 -120 gram pegagan, cuci bersih lalu direbus. Kemudian air rebusannya diminum.
Pegagan segar untuk mengobati Pembengkakan hati (liver)
Cara pembuatan ramuan untuk pembengkakan hati adalah  siapkan sebanyak 240 gram - 600 gram pegagan segar, kemudian direbus. Setelah dingin, air rebusannya minum secara rutin.
Pegagan untuk obat Bisul dari dalam dan luar tubuh.
Cara pertama, sediakan 30 gram - 60 gram pegagan segar. Cuci bersih lalu direbus, dan air rebusannya diminum.
Cara kedua, pegagan segar dicuci bersih, kemudian dilumatkan dan ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit.
Daun pegagan segar untuk menambah nafsu makan
Cara menggunakan pegagan segar untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 1 genggam daun pegagan segar direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Minum air rebusan daun pegagan tersebut sehari 1 gelas.
Daun pegagan juga bisa dibuat produk teh pegagan yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat teh daun pegagan segar untuk membangkitkan nafsu makan, menyegarkan badan, menenangkan, menurunkan panas, batuk kering, mengeluarkan cacing di perut, mimisan.
Pegagan segar bisa digunakan untuk mengatasi masalah susah kencing
Cara menggunakannya adalah: siapkan  30 - 35 gram pegagan segar.
Lumatkan atau tumbuk halus.
Ramuan tersebut ditempelkan di sekitar pusar.
Mengatasi Penyakit Lepra
Cara memanfaatkan tanaman herbal pegagan untuk meringankan sakit lepra sebagai berikut:
Ambil 3/4 genggam pegagan dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 3/4 -nya.
Saring, setelah dingin, airnya diminum sehari 3 kali 3/4 gelas.
Demikian manfaat tanaman pegagan yang bisa langsung dilalap sebagai sayuran segar.
Penggunaan herbal pegagan untuk penyakit penyakit berat dan kronis sebaiknya terlebih dahulu dikonsultasikan atau dimintakan pendapat dan saran dari ahlinya.
Silakan sebarkan dan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive