Tips Cara Mudah Menanam Daun Pandan

.
.
Untuk menanam daun pandan di pekarangan rumah, anda memerlukan keuletan tersendiri. Sebab, walaupun tanaman ini dikenal mudah sekali berkembang biak, namun pada saat pemeliharaan awal anda perlu merawatnya dengan sungguh-sungguh agar bibit pandan bisa beradaptasi. Perlu diketahui, pandan adalah tanaman yang sangat menyukai air. Jadi, sebaiknya anda menanam pandan di tempat yang memiliki kelembaban tinggi dan menyiramnya secara rutin.
tips-menanam-pandan.jpg
Pandan
Di samping sebagai tanaman hias, pandan dikenal sebagai tanaman bumbu. Daun pandan memiliki aroma wangi yang kuat dan khas sehingga banyak yang menggunakannya sebagai penyedap makanan alami. Panda bisa dipakai untuk makanan dan minuman yang panas maupun dingin.
Bagaimana tips menanam pandan agar tumbuh subur?
1. Pilih Bibit yang Sehat dan Segar
Pada umumnya, pandan dikembangbiakan secara vegetatif melalui anakan. Pilih bibit pandang yang berkualitas baik dari anakan yang sehat dan segar. Potong anakan pandan tersebut dengan hati-hati, lantas segera tanam di tempat yang berkelembaban tinggi.
2. Tanam Pandan di Tempat yang Lembab
Pandan adalah salah satu tanaman yang membutuhkan air dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh bentuk pandan yang berdaun banyak, ukurannya panjang dan lebar, sehingga mengakibatkan tingkat penguapannya tinggi. Oleh sebab itu, lokasi penanaman yang paling baik untuk memelihara pandan adalah di tempat yang lembab dan dekat sumber air. Jangan lupa juga untuk menyiram pandan secara teratur sebanyak dua kali sehari.
3. Siram Pandan Sebanyak Dua Kali Sehari
Perawatan yang paling mendasar untuk tanaman pandan adalah menyiramnya dengan rutin. Idealnya, pandan harus disiram dengan frekuensi sebanyak dua kali sehari. Namun jika cuaca sedang hujan, anda bisa mengurangi intensitas penyiraman tersebut agar media tanam tidak terlalu lembab dan mengakibatkan akarnya membusuk.
4. Berikan Pupuk Organik Sebulan Sekali
Pandan juga harus diberi pupuk setiap sebulan sekali agar kandungan unsur hara di media tanam terjaga. Paling baik gunakan pupuk organik seperti pupuk kandang dan pupuk kompos. Usahakan pemberian pupuk disesuaikan dengan petunjuk di kemasan sehingga tidak merusak kondisi dan komposisi media tanam.
5. Lakukan Pemangkasan Pada Anakan
Apabila sudah mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan barunya, maka pandan mudah sekali berkembang biak. Dalam waktu yang singkat saja tanaman pandan sudah banyak memenuhi setiap sudut pekarangan rumah. Itu sebabnya diharuskan memangkas pandan supaya pertumbuhan dan perkembangannya tetap baik. Lakukan pemangkasan pada pandan-pandan yang tumbuh tidak sempurna, berusia tua, kurang subur, dan tampak berpenyakit.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive