Pesona Buah Parijoto Yang Kaya Manfaat

.
.
Pesona Buah Parijoto
tumbuhan parijoto (Medinilla speciosa) di SBG
Tumbuhan parijoto (Medinilla speciosa) di SBG
Awalnya saya melihat tumbuhan unik ini di Sing Bot Garden, tumbuh subur di bawah teduhnya semak sayang tanpa papan nama, tandan buah berwarna pink, daun mirip tumbuhan melastoma. Melihat kembali di taman depan Danau Beratan, Bedugul, dengan tangkai tandan merah magenta menyala dan dompolan buah lebih keunguan segar. Lah jumpa lagi pada Agro Expo di Soropadan mendapat informasi dari petugas bahwa tumbuhan eksotik itu bernama parijoto.
Parijoto…bukankah tumbuhan kaya mitos dari Gunung Muria Kudus….. Mitos berawal dari kisah istri Kanjeng Sunan Muria yang selama hamil mengkonsumsi buah cantik unik ini, dan sang buah hati lahir dengan kulit bersih, paras rupawan serta sehat. Kekuatan daya gethok tular banyak wanita hamil nyidam buah parijoto ini yang menjadi oleh-oleh khas wisata Muria. Berusaha merunut kajian farmakologi tumbuhan parijoto (Medinilla speciosa) dari sumber jurnal namun belum berhasil. [Ada aneka senyawa metabolit dalam buah yang dinyatakan sebagai sumber khasiat peningkat kesuburan kandungan] Masyarakat Bali menyebutnya trijata (mengingatkan saya pada gadis ayu keponakan Rahwana yang justru melayani dan berempati kepada Dewi Shinta).
Parijoto (Medinilla speciosa L.)  anggota famili Melastomataceae. Tumbuhan yang dikenal dengan nama Showy Asian Grapes ini ditengarai berasal dari Semenanjung Malaka, Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Filipina. Saat buah muda berwarna pink muda dan semakin memerah keunguan saat matang. Di Kalimantan, tumbuhan ini banyak ditemui di pegunungan Kinabalu. Secara agroekologi tumbuh subur di daerah pegunungan yang sejuk.
Menikmati tampilan eksotik atraktif tumbuhan yang berukuran tinggi hingga 120cm ini kini cukup ngetrend dibudayakan sebagai tanaman hias, elemen taman baik ditanam dalam pot maupun langsung di lahan. Menyukai media agak lembab dengan sinar matahari sedang (aslinya di alam ternaungi). Tumbuhan ini menjadi primadona di beberapa kebun raya dunia, diantaranya di Denver. Betapa kayanya alam Nusantara…..
Medinilla.2010-300x225
Medinilla speciosa di Denver BG
Sumber Foto: credit
Salah satu jurnal terkait: Kimura, K. et al., 2009. Flowering and fruiting seasonality of eight species of Medinilla (Melastomataceae) in a tropical montane forest of Mount Kinabalu, Borneo.  TROPICS Vol. 18(1):35-44
Sumber : https://rynari.wordpress.com/2014/07/15/pesona-buah-parijoto/
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive