Pentingnya Manfaat Menggunakan Pupuk Organik Cair Pada Tanaman

.
.
MANFAAT PUPUK ORGANIK CAIR -- Pupuk cair merupakan nutrisi yang diberikan kepada tanaman yang biasa diberikan melalui daun. Selain diaplikasikan pada daun pupuk organik cair juga bisa disiramkan pada akar tanaman atau tanah. Pupuk cair diberikan kepada daun tanaman bisa dilakukan melalui penyemprotan. Menurut penelitian nutrisi makanan akan lebih cepat diserap oleh tanaman melalui daun, karena itu menggunakan pupuk organik cair pada tanaman memiliki peranan yang cukup penting.

Menggunakan pupuk organik cair ini dipercaya dapat menggantikan pemberian pupuk kandang atau pupuk kimia pada tanaman. Selain itu produktivitas tanaman akan meningkat dengan pupuk organik cair ini. Kandungan yang ada pada pupuk organik cair ini biasanya cukup lengkap yang terdiri atas N,P,K,S,Ca,Mg,B,Mo,Cu,Fe,Mn dan berbagai bahan organik lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan pupuk organik cair:
1. Membantu pembentukan klorofil daun dan bintil akar.

2. Meningkatkan Vigor tanaman sehingga nampak lebih kokoh.
Perbedaan postur tanaman antara yang ditambahkan pupuk organik cair dan yang tidak juga akan terlihat sangat mencolok, walaupun di tanam di lahan yang sama.

3. Merangsang pertumbuhan cabang produksi dan merangsang pembentukan bunga dan buah.
4 .Mengurangi gugurnya bunga
5. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas kandungan organik di dalam tanah, sehingga tanah atau lahan pertanian menjadi lebih remah, gembur dan tidak liat bahkan keras.

Pupuk organik cair memiliki peran yang cukup penting dalam pertumbuhan tanaman apalagi jika dilakukan dengan penyemprotan secara teratur. Namun yang penting diperhatikan adalah dosis penyemprotan tanaman yang harus sesuai. Jika berlebihan akan menimbulkan layu pada tanaman.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive