Cara Unik Merangsang Bunga Dan Buah Lengkeng Yang Mandul

.
.
Lengkeng (juga disebut kelengkeng, matakucing, longan, atau duku, Dimocarpus longan, suku lerak-lerakan atau Sapindaceae) merupakan tanaman buah-buahan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. 

[​IMG]


Banyak tanaman lengkeng yang sulit untuk tumbuh, bahkan ada yang mandul. Beberapa manfaat yang dimiliki oleh bunga lengkeng antara lain sebagi anti depresan, membantu kerja jantung dan limpa, mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup, melancarkan sirkulasi darah, diet, sumber energi, mencegah demam dan flu, kesehatan kulit, bijinya dapat mengobati gigitan ular, bijinya dapat menjaga kesehatan rambut, mengatasi nafsu makan yang hilang, mengatasi diare, mengatasi limpah lemah, menghilangkan luka bakar, mengatasi jari kaki yang gatal dan bernanah, menyehatkan usus, lemah dan kurang tenaga saat hamil, menghilangkan amnesia dan kecemasan, peredam demam serta antiradang, menghentikan pendarahan, hingga menghilangkan rasa sakit.
 
Saat ini telah banyak tersedia beragam obat-obat perangsang yang dijual di pasaran. Bahkan sekarang sudah ada obat khusus untuk perangsang buah lengkeng yang mandul. Sehingga sekarang tidak perlu bingung dan takut lagi mempunyai buah lengkeng yang tidak pernah muncul bunga atau buah hingga bertahun-tahun. Petani kelengkeng juga bisa mengatur kapan waktu yang tepat untuk berbuah.

Salah satu cara membuat buah lengkeng yang mandul menjadi semakin terangsang ialah dengan menggunakan paket pupuk booster lengkeng. Paket ini biasanya terdiri dari unsur makro dan mikro yang lengkap, yaitu asam amino, KNO3, dan potassium klorat.

Kebanyakan pupuk booster yang lengkap berbentuk cair. Tujuannya untuk memicu pembungaan tanaman lengkeng. Pada kemasan tertulis sangat efektif untuk membungakan lengkeng lokal maupun nonlokal tanpa efek samping yang merugikan tanaman. Formula dengan kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap, berwarna kuning kecoklatan yang dapat merangsang munculnya bunga lengkeng di luar musim (off season).


Booster ini memiliki beberapa keuntungan, yaitu bunga yang mampu muncul di luar musim lebih cepat dan serempak. Apabila diaplikasian pada musimnya, booster dapat memaksimalkan jumlah bunga sehingga tanaman dapat berbuah lebat. Caranya dengan dilarutkan dengan air sesuai dengan anjuran dan aduk sampai larutan sampai menjadi homogen. Kemudian seluruh larutan disiram pada pangkal batang dan tanah dengan jarak 30-50 cm mengelilingi pangkal batang tanaman sampai terlihat basah. Waktu aplikasi pada saat kondisi tanaman tidak sedang mengalami pertumbuhan tunas daun baru atau pucuk daun sudah berwarna hijau tua.

Namun cara yang digunakan tidak hanya itu saja. Masih ada beberapa cara lain yang dapat dipakai, tergantung cara mana yang mau dipakai. Biasanya calon bunga akan keluar pada 30-45 hari setelah aplikasi booster. Namun jika lebih dari 2 bulan calon bungan belum keluar dan yang keluar hanya tunas daunnya saja, maka aplikasi dianggap gagal. Namun Anda tidak perlu khawatir. Apabila kondisi tanaman sehat, maka bisa langsung dibooster lagi.

1. Tergantung jenis lengkengnya. Beberapa lengkeng introduksi tidak perlu dibooster utk berbuah. Contoh: var Diamond river, pingpong, puang rai.
Ada yg wajib diberi booster : var itoh. Beberapa var lokal bahkan harus dibor batangnya dan booster dimasukkan via lubang hasil bor.
2. Apakah bibit berasal dari biji atau cangkok/stek dari pohon yg sdh berbuah ? Jika dari biji perlu 5 tahun utk cukup umur utk menerima perangsangan baik booster atau sekedar pupuk KNO3 potasium (sekedar info POtasium klorat ini masuk bahan peledak lho). Sedangkan jika dari cangkok/stek umur 1-2 tahun sudah bisa dilakukan aplikasi.

Semoga bermanfaat.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive