Cara Mudah Merawat Rumput Gajah Mini di Pekarangan Rumah

.
.
taman-rumput-gajah-mini
CARA MERAWAT RUMPUT GAJAH MINI -- Tanaman tumput Gajah mini banyak ditanam orang karena berbagai pertimbangan. Ruumput gajah mini  yang  ditanam di kawasan taman bisa menjadikan taman menjadi lebih segar, bak permadani hijau yang membentang di halaman rumah anda. Rumput gajah mini atau dengan nama latin pennisetum purperium schamach, kini semakin naik daun sebagai penghias taman. Rumput Gajah mini ini sekarang ditanam sebagai alternatif rumput jepang.

Keunggulan Rumput Gajah Mini

Rumput Gajah Mini memiliki peran tidak hanya sebagai penutup tanah, tetapi juga pemanis nat lantai carport dan pembatas teras dengan taman. Daunnya berwarna hijau pekat menyejukkan mata. Dari segala segi kehadiran rumput memang menambah suasana rumah lebih hijau, asri dan alami. Rumput ini memang indah, kehadiran ibarat lantai alam menghijau seluas mata memandang. Rumput ini juga kuat, karena itu boleh diinjak siapa saja.

Rumput jenis apa pun yang dijadikan pilihan, seperti rumput gajah biasa, manila, peking, babat, swiss, golf dan rap, memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, rumput gajah biasa yang harganya relatif lebih murah. Rumput ini cukup istimewa karena tumbuh cukup cepat. Agar rumput ini indah, rumput ini harus rajin dipangkas agar tetap terlihat rapi dan indah dipandang.

Sementara rumput gajah mini, sesuai namanya, rumput gajah mini ini memiliki ukuran daun lebih kecil dari rumput gajah biasa. Halaman rumah sekecil apa pun pasti bisa ditanami rumput ini. Kelebihan jenis rumput ini, di antaranya bisa memotong biaya pemangkasan. Tak heran jika rumput gajah mini ini kini makin dijadikan pilihan banyak orang

Rumput gajah mini memiliki karakter unik. Dilihat dari pola pertumbuhannya, daun rumput gajah mini ini tidak tumbuh ke atas. Daunnya tumbuh menyamping. Hal ini membuat  tampilan rumput jadi lebih bagus. "Tekstur daunnya tidak tinggi, jadi tidak perlu dipangkas. Mirip rumput gajah biasa. Hanya pola hidupnya saja yang merayap atau menyamping. Warna hijaunya melebihi rumput biasa," kata seorang petani rumput gajah mini.

Cara Merawat Rumput Gajah Mini

Rumput Gajah mini, relatif sedikit perawatan, tidak perlu sering dipangkas karena tidak akan tumbuh meninggi. Yang diperlukan adalah merawat rumput Gajah Mini adalah perawatan yang baik. Merawat rumput gajah mini tidaklah sulit, yang penting sabar dan telaten. Dalam Menanam rumput Gajah mini ini yang telaten dan ulet menyiram, memupuk dan memangkasnya secara teratur.

Mulai Dengan Cara Menanam Rumput Gajah Mini

1. Gemburkan tanah menggunakan cangkul. Cangkul dan balikkan tanah hingga kedalaman sekitar 15cm. Setelah itu, ratakan permukaan tanah.
 2. Yang Kedua siapkan rumput dalam bentuk dan ukuran kecil. Pecah rumput besar menjadi ukuran lebih kecil, antara 3cm-5cm. kemudian tanam rumput kedalam tanah hingga seluruh akarnya tertimbun. Benamkan rumput secara motif zigzag sehingga  pertumbuhan rumput subur, rapat, dan rapi.
 3. Ketiga yaitu perkuat “ikatan” rumput dengan tanah. Pukul perlahan permukaan rumput hingga akarnya melekat kedalam tanah. Serta Ratakan juga posisi rumput dan permukaan lebar batu bata atau balok kayu. Diamkan rumput selama satu minggu hingga akarnya tumbuh.
Cara Menanam Rumput Gajah Mini, Dipecah menjadi kecil-kecil dan berjarak

 4. Yang Keempat mulailah taburkan pupuk urea dan NPK secara merata. Lakukan proses ini dua minggu kemudian.
  5. Siram dengan air menggunakan gembor (ceret) yang berlubang kecil. Tekanan rendah akan menghindari penggenangan air pada tanah dan rumput yang dapat mengakibatkan pembusukkan rumput.

Merawat Rumput Gajah Mini

Setelah tanaman rumput Gajah mini tumbuh dengan baik, langkah merawat Rumput Gajah Mini perlu dilakukan. Apabila rumput gajah mini tersebut tidak terawat dengan baik akan terlihat tidak rapi bahkan bisa menyebabkan mati. Berikut ini cara merawat rumput Gajah Mini:

 1. Melakukan  Penyiraman secara rutin menggunakan air tawar, takaran disesuaikan dengan keadaan cuaca atau kelembapan tanah
2.  Pemberantasan rumput liar disekitar ladang rumput gajah mini tersebut.
3.  Edging atau pembatasan pertumbuhan rumput gajah mini. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan keindahan tata ruang
 4. Pemupukan & pengobatan guna enciptakan suasana hijau dan asri, menjaga pertumbuhan dan menghindarkan dari hama.
   5. Menyulam atau menambahi bagian yang tertanam tidak merata.

Jika dilakukan Penanaman dengan cara yang benar rumput Gajah Mini akan tumbuh dengan baik. Selain itu setelah rumput Gajah mini tumbuh subur, merawat rumput gajah mini akan mempertahankan keindahan dan kesuburannya. Taman rumah kita makin segar dengan rumput gajah mini.


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive