Cara Mudah Menanam Sawi Hidroponik Dengan Teknik Sumbu

.
.
Sawi merupakan jenis sayuran hijau yang sangat banyak sekali manfaatnya. Sayuran ini sangat sering dikonsumsi hingga bahkan banyak orang yang ingin menanam sendiri sayuran yang satu ini. Namun kebanyakan orang mengeluhkan cara penanaman sawi yang ribet dan susah, apalagi jika anda tinggal di kawasan yang sempit dan tidak memiliki lahan untuk ditanami. Solusinya adalah dengan menggunakan cara menanam sawi hidroponik. Dengan cara ini anda akan sangat diuntungkan dari berbagai segi. Antara lain anda
Cara menanam sawi hidroponik yang pertama adalah menyemai benih. Proses menyemai benih ini akan lebih maksimal jika anda menggunakan rockwool. Caranya adalah potong rockwool, basahi dengan air bersih lalu letakkan pada nampan. Dalam satu potong rockwool anda bisa menyemai 1 hingga 2 benih. Tutup nampan sehingga tidak ada cahaya yang masuk. Dalam keadaan seperti ini biasanya benih akan tumbuh dalam waktu 1 hari hingga 4 hari. Setelah tumbuh tunas pada benih lalu anda bisa pindahkan nampan ke tempat yang lebih terang. Atau bisa letakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara tidak langsung. Misalnya di dekat jendela atau di teras rumah. Pada tahap ini anda harus menyemprotkan air setiap pagi dan sore pada rockwool.
Cara menanam sawi hidroponik yang selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Yaitu dengan menggunakan botol air mineral bekas. Potong botol menjadi 2. Jangan lepas tutup botolnya karena pada bagian ini akan dilubangi dan dipasang sumbu (sumbu kompor minyak). Pasang kedua potongan botol ini dengan posisi bagian bawah botol tetap menghadap ke atas. Ini yang nantinya akan dipakai sebagai penampungan air. Dan bagian atas botol (yang ada tutupnya) ditumpuk diatas penampungan air tersebut tapi dengan posisi terbalik.
Bagian penampungan air diisi dengan air dan nutrisi hidroponik setinggi 2/3tinggi botol, sedangkan bagian atas diisi tanah humus. Langkah-langkah menanam sawi berikutnya adalah memindahkan sawi ke dalam tanah humus. Pindahkan dengan hati-hati untuk mencegah akarnya agar tidak putus. Beri pupuk secara rutin dan anda akan bisa memanen hasilnya setelah dua bulan ke depan. Begitulah tadi cara menanam sawi hidroponik. Sangat mudah bukan?

Deskripsi: Cara menanam sawi hidroponik sangat mudah dan hasilnya pun lebih baik karena hasil panennya lebih segar dan berkualitas. Teknik sumbu ini sangat mudah dan murah untuk dicoba. 


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive