Cara Mudah Membuat Pestisida Nabati dari Jengkol

.
.

Jengkol dikenal oleh masyarakat luas mempunyai aroma yang khas dan begitu aduhai yang tak terlupakan. Dibalik aromanya yang khas ini ternyata jengkol bisa juga dipakai sebagai bahan dasar untuk pestisida organik yang sangat  ramah lingkungan. Sangatlah rasional bila jengkol dijadikan pestisida yang memiliki fungsi untuk mengusir dan menolak hama pada tanaman. Jadi bukan hanya kita saja yang tidak betah sama bau jengkol, hama pun akan menjauh jika bau aroma jengkol tercium dengan mereka.

Pestisida jengkol bisa dikatakan baru keberadaannya sebagai bahan dasar pembuatan insektisida organik  yang bersifat alami dan sangat ramah lingkungan. Insektisida ini uga  mudah dibuat dan bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan,
Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat insektisida dari jengkol ?
insektisida ini terbuat dari bahan2 alami yaitu; jengkol, cabai merah, dan urine binatang ternak ( Sapi, Kambing ataupun Kelinci )
Cara membuat insektisida ini pun tidaklah terlalu sulit dan juga tidak membutuhkan biaya yang mahal jika dibandingkan dengan biaya pembelian insektisida anorganik.
g unsur hara yang cukup tinggi karena mengandung nitrogen dan mengandung urea yang berasal dari urine binatang ternak yaitu sapi, kambing, kerbau, kuda, kelinci dan lain-lain.
Insektisida jengkol ini memiliki fungsi ganda yaitu selain sebagai pestisida pembasmi hama, juga dapat berfungsi sebagai pupuk yang dapat membantu kesuburan tanaman. Insektisida ini baunya sangat tajam sekali karena berasal dari urine dan jengkol yang terkenal bau, sehingga mampu membuat hama menjadi kabur dan mati. Dengan menggunakan insektisida jengkol ini maka tidak perlu lagi membeli insektisida anorganik buatan pabrik agar pendapatan para petani dapat meningkat karena modal bisa ditekan
Cara pembuatan pestisida dari jegkol  ini adalah:
1. Menyiapkan alat dan bahan
  • Alat-alat yang dipergunakan untuk membuat pestisida dari jengkol ini adalah : 1 ember berdiameter, 2 ember kecil, gayung, kain penyaring, dan tanki penyemprot.
  • Bahan-bahan yang dipergunakan untukembuat pestisida dari jengkol adalah : 1kg jengkol, 1kg cabai merah, 5 liter urine atau air kencing hewan ternak, dan juga air 10 liter.
2. Cara pembuatan pestisida organik dari jengkol adalah
  • Jengkol dan cabai merah sebelumnya di tumbuk halus atau di blender, kemudian dimasukkan dalam ember kecil. Kemudian tutup rapat selama 14 hari. Urine hewan ternak juga  dimasukkan dalam embe kecil yang lain dan tutup rapat juga dan diendapkan selama 14 hari. Inget Urine tersebut dipisah dari larutan jengkol dan cabai merah yaaa.
  • Setelah 14 hari kedua larutan tersebut disaring menggunakan saringan atau kain, kemudian dicampur menjadi satu dan pesrtisida jengkol ini sudah siap untuk digunakan. Cara pemakainnya menggunakan tanki dan disemprotkan pada tanaman yanag terserang hama dan penyakit.
Selamat mencoba dan sukses untuk anda…
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive