Cara Mudah Membuat Pergola (Kanopi) Dengan Tanaman Anggur

.
.
PERGOLA TANAMAN ANGGUR -- Menyejukkan suasana rumah bisa dilakukan dengan mengaplikasikan pergola dengan tanaman merambat. Ada berbagai jenis tanaman merambat yang bisa dijadikan Pergola di taman rumah kita, misalnya saja air mata pengantin (Antogonon leptopus), jalaran api (Pyristegia venusta), flame of irian (Mucuna benetti), melati (Jasminum laurifolium), cincau rambat, sirih,  markisa (Passifora sp.) dan anggur (Vitis vinivera). Meskipun sama-sama melindungi rumah dari panas matahari dan menyejukkan rumah,prergola tanaman merambat memiliki perbedaan dengan atap kanopi. Pergola tanaman memberikan  perlindungan darii panas matahari namun tidak dari hujan, karena tidak memiliki penutup atap, sedangkan kanopi bisa melindungi dari hujan.

Salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai pergola adalah Tanaman Anggur. Selain bisa memberikan perlindungan dari sinar matahari dan memberikan kesejukan, pergola dari tanaman anggur bermanfaat untuk menghasilkan buah anggur yang segar dan manis.

Bagaimana Menanam Anggur Sebagai Pergola Taman Rumah ?

Untuk menerapkan Tanaman anggur sebagai pergola, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Pertama kali adalah media untuk merambat dari tanaman anggur tersebut. Untuk merambatkan tanaman anggur perlu dipilih bahan yang kuat dan tidak mudah lapuk. BIsa terbuat dari rangka besi atau kayu yang tahan cuaca.

Selanjutnya dalam menanam anggur sebagai pergola taman rumah adalah pemilihan bibit tanaman anggur. Bibit tanaman anggur bisa dipilih dengan ukuran dan jenis yang bervariasi. Ada bibit anngur yang dijual dalam ukuran yang masih sangat kecil beberapa cm dan ada yang dijual dalam ukuran yang sudah cukup besar lebih dari 1 meter. Jenis anggur juga bermacam-macam, ada anggur merah , hijau dan jenis anggur lainnya.

Cara Merawat Anggur Untuk Pergola Taman Rumah

Tanaman Anggur merupakansalah satu jenis tanaman yang tahan terhadap panas. Karakter lain tanaman anggur adalah tidak menyukai air,serta suka pada  kondisi tanah yang  kering. Karena itu, penyiraman cukup dilakukan dua hari sekali, bisa pada waktu pagi maupun sore hari.

Selain itu tanaman Anggur juga menyukai tanah berpasir. Karena itu, media tanamnya berupa tanah, sekam yang belum dibakar, dan pasir. Lebih banyak pasir akan semakin bagus, dengan komposisi 2 bagian pasir, 1 bagian tanah, dan 1 bagian sekam. Sekam yang belum dibakar akan lebih cepat menyerap air dan mempermudah pertumbuhan akar.

Dalam melakukan penyiraman tanaman anggur, bisa dilakukan bergantian antara batang,daun dan akar. Misalnya saja dua pertama kali tanaman anggur disiram pada bagian daun. Dua hari kemudian, penyiraman pada batang. Lantas, dua hari berikutnya, gantian akar yang disiram. Setelah itu, berselang dua hari pula, penyiramannya balik lagi ke bagian daun. Demikian seterusnya.

Pemupukan Tanaman Anggur

Merawat tanaman anggur selanjutnya adalah melakukan pemupukan. Pemupukan tanaman anggur  sebaiknya menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing. Pemilihan pupuk dari kotoran kambing disebabkan untuk menghindari hama rayap yang menggerogoti akar tanaman. Pupuk itu disebar di atas media tanam sebanyak seperempat sampai satu karung pupuk ukuran 10-15 kg. Pemupukan cukup dilakukan lima sampai enam bulan sekali.

Setelah tanaman anggur mulai merambat , kita perlu mengarahkan agar tanaman anggur merambat sesuai dengan pola atau rangka dari pergola yang kita bangun. Perawatan lainnya adalah kita memangkas sebagian daun dan dahan anggur sekitar 40% agar cepat berbuah. Dengan perawatan yang baik dan benar, tanaman anggur akan tumbuh dengan cepat sekitar enam bulan memenuhi seluruh pergola. Bahkan bisa menghasilkan buah yang ranum dan lezat.




Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive