Cara Mudah Beternak Burung Puyuh Petelur

.
.


Cara Beternak Burung Puyuh Petelur - Ada dua Cara budidaya burung puyuh petelur lazim diaplikasikan oleh peternak saat ini, pertama adalah dengan sistem litter, dan kedua beternak dengan kandang baterai. Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembuatan litter lebih efisien bila dibandingakn dengan membuat baterai, namun perawatan dan panen telur jauh lebih mudah bila kita membudidayakan puyuh petelur di kandang baterai. Pada litter telur sering sekali tertimbun tumpukan serbuk sekam/ gergaji, sehingga sering terinjak oleh peternak yang hendak memanen telur.
Cara Beternak Burung Puyuh Petelur
Cara Beternak Burung Puyuh Petelur
Kandang litter adalah sangkar dengan alas lantai terbuat dari serbuk atau butiran-butiran benda yang mampu menyerap air dan bersifat cukup lembut, ada dua jenisnya;
  • Litter panggung: Biasa digunakan pada peternakan ayam broiler (ras), panggung ini sewaktu-waktu bisa diubah menjadi baterai, caranya cukup dengan mengangkat (membuang alas). Beberapa bahan dapat dijadikan litter; serbuk gergaji (serbuk kayu) sekam padi, dan jerami. 
  • Litter melantai, jenis ini selamanya hanya bisa menjadi kandang litter karena serbuk gergaji atau sekam akan ditebar di lantai dasar. Biaya melantai ini jauh lebih murah dibandingkan litter panggung.
Kekurangan dan kelebihan kandang litter
Kekurangan budidaya ternak puyuh di kandang litter salah satunya adalah mudah terkena gangguan pernapasan jika serbuk gergaji terlalau lama tidak diganti, litter harus diganti sesering mungkin, jika sudah memadat maka kadar amoniak pasti akan meningkat.

Kelebihan menggunakan litter terletak pada kesehatan ternak puyuh terutama kesehatan kaki sebab litter jauh lebih lembut dibandingkan dengan lantai kandang baterai umumnya terbuat dari jerejak kayu atau anyaman kawat.

Burung puyuh petelur sebenarnya sama saja dengan pedaging, dimana pedaging didapatkan dari ternak puyuh petelur telah afkir. Afkir adalah burung puyuh yang sudah tidak mampu lagi menghasilkan telur secara ekonomis. Sebagai seorang peternak yang hendak memulai bisnis budidaya ada beberapa hal harus dipertimbangkan terlebih dahulu, diantaranya:

Lokasi peternakan; harus diketahui bahwa puyuh gampang stress ketika tingkat kebisingan lingkungan cukup tinggi. Jika puyuh petelur mengalami stress bisa dipastikan tidak berproduksi (bertelur) degan baik. Oleh karena itu usahakan kandang jauh dari kebisingan. Burung akan tumbuh sehat di tempat yang teduh, jadi alangkah baiknya kandang diletakkna di bawah pepohonan rindang. Jika anda tinggal di lingkungan padat penduduk maka budidaya puyuh tidak cocok untuk bisnis anda. Di lingkukang padat penduduk bisnis budidaya peternakan yang cocok mungkin hanya ikan lele dan belut.

Pemasaran telur dan daging, sebelum anda memulai ternak puyuh pastikan bahwa di daerah anda ada penampung telur. Hal ini karena puyuh termasuk salah satu burung yang produksi telurnya sangat tinggi yakni mencapai 300 butir/ tahun. Jika anda memelihara dalam skala besar maka saluran pemasaran sudah benar-benar ada sebab daya tahan telur cukup singkat hanya 3 minggu saja.

Selanjutnya gambaran garis besar cara beternak burung puyuh petelur:
  1. Siapkan kandang di lahan dan arah yang tepat (memanjang dari timur ke barat)
  2. Pesan bibit, anda bisa memesan puyuh dara agar lebih mudah dalam perawatannya dan tingkat kematian juga rendah. Alternatif lain anda bisa juga membeli mesin tetas dan menetaskan telur sendiri; dalam hal ini anda harus benar-benar mengetahui ciri-ciri telur fertil.
  3. Isi kandang puyuh dengan kepadatan yang tepat. Panjang baterai tidak boleh lebih dari 2 meter untuk menghindari aktivitas berlebihan dan lebar dari sebuah baterai sebaiknya kurang dari 70 cm hal ini agar memudahkan kita ketika ingin menangkap puyuh ataupun membersihkan kandang, tinggi dari sangkar juga tidak boleh lebih dari 40 Cm ukuran terbaik dan biasa digunakan adalah 30 cm, hal ini untuk menghindari kegiatan meloncat-loncat. 1 box sangkar ini optimalnya diisi dengan 30 ekor puyuh. Jika kita membuat sangkar bertingkat lima berarti satu unit kandang bisa menampung 150 ekor.
  4. Siapkan pakan, burung ini memang bisa mengkonsumsi pakan ayam, namun jika anda memiliki modal yang cukup sebaiknya beli pakan khusus untuk puyuh petelur.
  5. Hari pertama DOQ masuk kandang harus sangat diperhatikan kenyamanannya, hindarkan dari kebisingan sehingga tidak stress. Jika sudah terbiasa dengan lingkungannya perawatan dan pengawasan akan semakin mudah. perawatan harian selengkapnya dapat dilihat di sini.
Mungkin tulisan ini hanya disampaikan secara garis besar saja namun saya yakin konsep dasarnya sudah terpapar dalam artikel ini secara lengkap. Untuk detail dan pengembangannya akan lebih baik dikembangkan sesuai daengan improfisasi anda sendiri, yang penting konsep-konsep dasar kandang puyuh, pemasaran dan pemilihan umur bibit sudah bisa dipahami.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive