Biji Tanaman Kedawung, Obat Alami untuk Cacingan, Nyeri Lambung Sampai Disentri

.
.
Manfaat Biji Tanaman Kedawung Untuk Obat Alami Berbagai Jenis Penyakit

Tumbuhan Kedawung, nama latinnya adalah Parxia roxburgi, merupakan tanaman berbentuk pohon dengan tinggi antara 3 – 15 m, diameter batang mencapai lebih kurang 30 cm.Daun majemuk menyirip genap, ujung runcing.Bunga majemuk bongkol, letak di ujung ranting.Buah polong, panjang buah 15-40 cm, jika sudah tua kulit luar berwarna hitam.Biji bulat memanjang, garis tengah 1,2 cm, kedua ujung memipih, berwarna hitam.

Pohon kedawung merupakan tumbuhan polong-polongan yang akar dan guguran daunnya menyuburkan tanah di sekitar tempat tumbuhnya. Kita melihat beranekaragam jenis-jenis tumbuhan obat lainnya yang hidup dan tumbuh di sekitar pohon kedawung di hutan. Pohon kedawung menunjukkan sikapnya yang sangat bersahabat dengan pohon dan tumbuhan lainnya. Dia dengan gagah menjadi pohon pengayom dan pelindung terhadap beranekaragam jenis pohon dan tumbuhan lainnya

Kedawung atau kedaung (Parkia timorina) memiliki warna kehitam-hitaman yang sekilas mirip dengan jengkol. Ukuran bijinya hampir sama dengan ukuran jempol kaki. Tumbuhan memiliki batang besar dan menjulang hingga 35 m. Kedawung biasanya tumbuh di ketinggian lebih dari 300 m di atas permukaan air.

Kulit kedawung dapat diolah menjadi obat antikudis. Biji kedawung dapat dimanfaatkan sebagai penghilang kolera dan mulas, antidiare dan mencret. Bahkan dapat menyembuhkan cacar air.

Cara Pemakaian Kedawung Untuk Obat Alami pada Penyakit

Manfaat Kedawung untuk Mengatasi Diare dan cacingan
Caranya: Ambillah air mendidih lalu masukkan daun kedawung di dalamnya. Kemudian konsumsi.

Khasiat Kedawung sebagai Obat alami antidisentri
Caranya: Akar kedawung juga berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit. Akar kedawung difermentasi dan digunakan sebagai obat antidisentri. Boleh ditambahkan beberapa tetes madu untuk menghilangkan rasa pahit kedawung.

Manfaat Kedawung untuk menghilangkan nyeri lambung
Caranya: Ambil 5 biji kedawung, sangrai hingga matang. Lalu kupas kulitnya dan tumbuk hingga sangat halus. Setelah itu seduh dengan air panas.

Kedawung untuk Obat Alami pada Infeksi kulit
Caranya: Tumbuk biji kedawung hingga halus. Tambahkan sedikit air, lalu tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Kedawung untuk Obat Alami Perut Kembung
Untuk obat perut kembung dipakai ± 5 gram biji kedawung, disangrai dan dikupas kulitnya kemudian ditumbuk, diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas. Hasil seduhan diminum sekaligus.

Sekilas Info Tentang Tanaman Kedawung
Kedawung oleh masyarakat Afrika dijadikan sebagai lambang pohon kehidupan di sana, karena penggunaannya yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat yang meliputi semua bagian mulai dari akar, kulit, kayu, daun, polong/pond, biji, dan bunga yang digunakan dalam pembuatan makanan atau minuman sampai pada pengobatan tradisional.

Bubur pond sangat kaya akan karbohidrat dan vitamin C, sehingga dapat digunakan dalam pembuatan berbagai jenis makanan berenergi tinggi (kue-kue kering yang tahan lama disimpan), berbagai macam minuman segar, dan bahan pengganti gula. Selain itu dapat juga digunakan sebagai penghasil ekstrak warna coklat yang menyerupai minuman cola.

Biji yang kering dapat dibuat menjadi berbagai makanan bergizi tinggi dan minuman pengganti kopi (yang disebut café du Soudan). Di dalam biji ini cukup banyak mengandung berbagai asam amino esensial, terutama methionin dan triptophan. Potensi yang sangat menarik dari biji kedawung adalah memiliki protein dan lemak yang tinggi.

Komposisi kimia biji kedawung mengandung :
  • protein sistein 42,3%, 
  • lemak 24,6%, 
  • Karbohidrat 22,1%, 
  • serat 3,6% 
  • abu 7,2% .

Total pemanfaatan biji kedawung secara nasional selama tahun 1998 mencapai sebesar 75 ton, dan tahun 1996 hanya mencapai 12 ton, yang berarti selama 2 tahun terjadi peningkatan pemanfaatan sebesar 25 %. Biji kedawung ini secara tradisional sudah lama diketahui masyarakat untuk obat gangguan pencernaan dan merupakan bahan baku jamu 10 terbesar yang dibutuhkan oleh industri jamu di Indonesia.

Silakan Sebarkan dan Bagikan Artikel Manfaat Tanaman Kedawung ini Jika Bermanfaat. Terima Kasih.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive