Analisa Peluang Usaha Ternak Ayam kampung Super Cepat Panen

.
.

 

Ternak Ayam kampung - Peluang usaha di bidang ternak memang masih terbuka lebar. Kebutuhan hewani beserta turunanya masih sangat tinggi dan akan terus meningkat dari tahun ketahun. Salah satu hewan yang hingga kini masih banyak di butuhkan adalah ayam kampung. Namun, seperti yang kita tahu, bahwa ayam kampung memiliki kelemahan yaitu masa pertumbuhan yang terhitung lebih lama daripada ayam jenis pedaging seperti boiler. Namun, seiring perkembangan zaman, ayam kampung dapat di budidayakan cengan masa panen yang relatif lebhi singkat yaitu 40 hari. Ayam kampung ini biasa di sebut dengan ayam kampung super.
Ternak Ayam kampung
Ternak Ayam kampung
Ayam kampung super sebenernya merupakan ayam hasil persilangan antara ayam petelur dengan ayam kampung yang memiliki badan atau postur besar dan sehat. Karena tingginya permintaan daging ayam kampung sementara permintaan tersebut tidak dapat di penuhi terutama karena lamanya masa panen ayam ampung sehingga membuat para peternak mencoba menyilang jenis ayam yang kemudian lahirlah jenis ayam kampun seuper yang dapat di panen dalam waktu realtif singkat sehingga dapat mempercepat produksi peluang usaha ayam kampung.

Peluang usaha ayam kampung memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan ayam pedaging.

Keunggulan Peluang Usaha Ayam Kampung Super

  1. Ayam kampung memiliki cita rasa yang lebih gurih di bandingkan dengan ayam pedaging. Ayam kampung terkenal dengan dagingnya yang enak sehingga tidak mengherankan penggemar ayam kampung tetap saja bertambah meskipun ayam pedaging kian banyak serta lebih murah.
  2. Ayam kampung super memiliki harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan ayam pedaging jenis boiler. Hal ini tentu karena lamanya masa panen ayam kampung serta rasanya yang lebih gurih sehingga ayam kampung memiliki harga yang stabil serta lebih tinggi.
  3. Ayam kampung super lebih tahan penyakit. Karena lebih tahan penyakit sehingga peluang kematian berkurang dan itu berarti, peternak dapat memanen hasil lebih besar. Biasanya untuk ayam kampung yang di urus dengan baik, kematian paling buruk adalah 10 % sementara rata - rata hanya 2% dari seluruh ayam yang diternakkan.
  4. Ayam kampung lebih sehat. Alasan kesehatan juga menjadi sebab tersendiri mengapa penggemar ayam kampung semakin bertambah. Dalam daging ayam kampung super memiliki kandungan gizi yang baik serta lemak yang lebih rendah sehingga lebih aman untuk di konsumi, sementara itu, ayam pedaging karena hampri seluruh pakan dari makanan bahan kimia sehingga dagingnya kurang sehat terlebih bagi mereka yang memiliki kolestero tinggi.
  5. Ayam kampung super lebih cepat pertumbutuhannya. Ayam ini bisa memperpendek masa panen hingga 50 hari dengan rata - rata bobot ayam hingga 9 ons. Dengan begitu, anda bisa lebih cepat memanen hasil serta lebih hemat dalam permodalan.
Keunggulan - keunggulan tersebut di atas memang tidak ada di dalam peluang usaha ayam jenis lain. Sehingga memang ayam kampung super bisa di jadikan peluang usaha kecil yang bisa menghasilkan keuntungan maksimal dalam waktu yang singkat.

Untuk memperjelas tentang prospek usaha ini, mari kita simak analisa usahanya.
Analisa Bisnis Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Jika kita sumsikan kita akan memelihara ayam kampung super dengan jumlah bibit sebanyak 400 ekor. Biasanya dari pihak penyedia DOC atau anakan ayam kampung super akan memberikan free setiap 100 ekor sebanyak 2 ekor. Dan harga untuk setiap DOC kita asumsikan sebanyak Rp. 5.000,- / ekor.

Modal yang di keluarkan.
No
Kebutuhan
Harga Satuan
Jumlah Unit
Jumlah
1
Modal untuk bibit
Rp.     5.000
400 + 8 ekor
Rp.   2.000.000
2
Pakan 0 – 60 hari
Rp. 250.000
16 Sak
Rp.   4.000.000
3
Vitamin dan Vaksinasi
Rp. 200.000

Rp.      200.000






Jumlah


Rp    6.200.000,-
Keterangan :
Untuk jumlah pakan biasanya per 1000 ekor idealnya menggunakan 40 karung pakan.
Anda bisa mencoba untuk lebih menghemat modal dengan memberi pakan alami untuk ayam kampung

B. Pemasukan

Aumsi bahwa kematian yang di alami adalah 5 %. Maka dari 400 ekor maka jumlah ayam yang mati adalah 20 ekor sehingga ayam yang siap jual tersisa sekitar 380 ekor. Berat rata -rata per kg ayam adalah 0,9 kg sehingga kita dapat memperhitungkan keuntunganny sebagai berikut :

harga ayam terendah sekitar Rp. 22.000,- dengan maksimal mencapai 30 ribuan per Kg. 
No
Keterangan
Harga Satuan
Jumlah Unit
Jumlah
1
Penjualan Ayam
Rp 25.000/kg
0.9 kg x 380 = 342 kg
     Rp. 8.550.000






Jumlah Pendapatan


     Rp. 8.550.000
Dengan jumlah pendapatan seperit yang tertera di atas maka kita mendapatkan keuntungan sebesar :
Pendapatan Bersih
= Pemasukan – Pengeluaran

= Rp  8.550.000-– Rp 6.200.000

= Rp 2. 350.000,-
Persen keuntungan adalah
Keuntungan : Total modal x 100 % = 2.350.000 : 6.200.000 x 100% = 38%.
Dengan perhitungan di atas, maka anda bisa menghitung berapa keuntungan yang di dapat jika anda menjalankan peluang usaha ayam kampung super dengan modal Rp. 20.000.000,- maka keuntungan anda akan dapat di taksir sebesar
38% x Rp. 20.000.000 = Rp. 7,6 juta.
Angka yang lumayan besar bukan? usaha ini sangat cocok anda jalankan baik sebagai peluang usaha utama maupun peluang bisnis sampingan.

Kesimpulan Analisa Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung
Usaha ini masih sangat besar potensinya untuk di kembangkan. Di daerah Jabodetabek misalnya, kebutuhan akan ayam daging kampung mencapai 280.000 ekor / hari dan baru dapat di penuhi 5%. Angka yang masih sangat timpang dan ini juga menunjukan bahwa peluang usaha ayam kampung masih sangat bagus. Dengan adanya ayam kampung jenis super, di harapkan akan dapat memenuhi kebutuhan ayam kampung yang masih sangat kurang tersebut.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive