Loading...

Tips dan Peluang Usaha Jambu Air Citra Mencapai Jutaan Rupiah Sekali Panen

Sponsored Links
.
Loading...

Jambu citra Demak memang memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Pasalnya, permintaan pasar terus meningkat, sedangkan petani yang budidaya jambu air citra masih minim.

Jambu citra sebetulnya bukan hanya ditemukan di Demak, tetapi juga Banten, Medan, Kayen (Kabupaten Pati) dengan berbagai varietas seperti super, jumbo, king, putih, dan lainnya.

Lantas, bagaimana sih cara budidaya jambu air citra hingga penghasilan 1 miliar? Berikut ini tips dan trik yang diulas  dari Abdul Kalim, petani jambu di Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus, Pati, Jawa Tengah.


Pertama, sediakan lahan subur sekitar 3 hektare. Jika Anda hanya punya lahan sepertiga hektare, itu sudah cukup sebagai peluang bisnis dengan omzet Rp 60 juta setiap kali panen.

Kedua, silakan beli bibit jambu air citra Demak, Banten, Medan atau lainnya. Pilih bibit berkualitas yang dihasilkan dari cangkok.

"Untuk lahan seluas 3.500 meter persegi atau sepertiga hektare, saya tanam jambu sebanyak 103 batang. Kalau ingin menanam satu hektare, ya tanam saja sekitar 300 batang. Jangan terlalu rapat," ujar Kalim

Ketiga, tanam bibit jambu air citra di lahan. Jangan lupa kasih pupuk alami organik. Siram setiap hari, pagi dan sore.

Keempat, rawatlah tanaman itu hingga besar dan berbuah. Misalnya, rawat agar ulat tidak menghabiskan daun menggunakan pestisida.

Kelima, saat pohon sudah mulai berbunga, bungkus menggunakan plastik putih agar tidak dimakan lalat buah. Biarkan sampai siap panen.

Keenam, setorkan jambu ke sejumlah toko. Biasanya bisa kerja sama dengan tengkulak. Kalau punya jaringan di toko, bisa langsung disetorkan ke toko buah.


Harga jambu citra
Harga jambu air ini dibanderol cukup mahal. Paling murah saja, Rp 9 ribu per kilogram. Rata-rata antara Rp 13 ribu hingga Rp 17 ribu. Paling mahal sempat dihargai Rp 25 ribu.

Ini masih kisaran toko buah di Jawa Tengah. Kalau di pasar swalayan, toko modern di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Semarang, Surabaya bisa tembus Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu.

Wow! Peluang bisnis yang menjanjikan sekali bukan? Kalim mengaku setiap panen omzet mencapai Rp 60 juta dengan lahan sepertiga hektare.

Coba dikalikan saja, kalau Anda punya lahan 3 hektare, Anda bisa berpenghasilan Rp 540 juta. Ini sekali panen, padahal setiap tahun biasanya sampai tiga kali panen. Dalam setahun saja, Anda bisa menghasilkan Rp 1,5 miliar lebih! Fantastis, sekali bukan?

Sayangnya, budidaya jambu air citra sampai sekarang masih belum banyak dilirik. Padahal, sebetulnya sangat prospek dan bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Demikian cara, trik dan tips budidaya jambu citra Demak, Medan, Banten. Jambu air citra warnanya merah tua merona dengan air yang banyak, tidak lembek dan sedikit ada kesan asam namun cenderung manis.

Sumber :: http://www.berberita.com/2015/10/tips-budidaya-jambu-air-citra.html
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter