Rahasia Cara Mudah Menanam Semangka Dalam Pot

.
.



Buah semangka rasanya sangat manis dan segar. Kandungan airnya yang cukup banyak dalam buah semangka dapat mengilangkan dehidrasi di saat cuaca panas. Bila Anda termasuk salah seorang penyuka buah ini, tak ada salahnya menanam sendiri di pekarangan rumah Anda. Anda dapat mencoba menanam semangka dalam pot untuk mengakali pekarangan rumah yang terbatas.

Cara menanam semangka sebetulnya tidak sulit asal Anda tahu teknik dan caranya.Dalam menanam buah semangka, Anda harus memperhatikan kesuburan dan kegemburan media tanam serta jumlah air yang cukup karena semangka sangat menyukai tanah yang gembur serta memerlukan banyak air. Kurangnya perawatan pada tanaman buah semangka dapatmenyebabkan buah hasil panen yang kecil serta rasanya yang kurang enak.


Bahan Yang Diperlukan Untuk Menanam Semangka Dalam Pot

·     Biji buah semangka
·    Media tanam terdiri dari tanah gembur, pupuk kompos, pupuk kandang
·    Pot ukuran sedang diameter +/- 25cm, lebih disukai pot tanah liat karena pot tanah mampu menyerap air dan memberikan kelembaban pada tanaman sepanjang hari dibandingkan pot plastik.
·      Bambu atau kayu penyangga
·      Gunting, sekop, tali

Cara Menanam Semangka Dalam Pot

1. Siapkan media tanam seminggu sebelum pembibitan. Anda dapat membeli media tanam yang sudah jadi atau membuatnya sendiri yaitu dengan mencampurkan secara merata tanah gembur, pupuk kompos dan pupuk kandang dalam perbandingan sama banyak. Masukkan media tanam ke dalam pot dan biarkan selama seminggu.
2. Siapakan biji semangka untuk pembibitan. Untuk memperoleh tanaman yang baik dan hasil panen yang baik pula maka pilihlah biji semangka dari buah semangka yang telah tua dan matang serta bentuk buah semangka yang sempurna, misalnya bulat sempurna, besar dsb. Cucilah biji semangka lalu angin-anginkan.
3.  Buatlah 3 lubang penanaman dengan kedalaman sekitar 6 cm pada media tanam yang berada dalam pot no.1. Masukkan biji semangka ke dalam tiap lubang lalu tutup dengan media tanam. Masukkan 1 biji tiap lubang. Siramlah menggunakan air lalu letakkan pot tsb di tempat yang terkena cahaya langsung. Jangan lakukan penyiraman selama masa pembenihan tsb. Untuk menghindari terkena air hujan, letakkan pot di tempat yang beratap atau masukkan pot ke tempat beratap saat terjadi hujan.
4. Bila bibt tanaman bagus dan proses pembibitan dilakukan dengan benar maka akan muncul tunas. Biarkan tanaman sampai tunas mencapai sekitar 10cm. Lakukan penyiraman secukupnya hanya sampai media tanam lembab agar tidak terjadi pembusukan.

5. Pindahkan tanaman semangka ke tempat yang lebih terbuka saat tanaman berumur sekitar 2-3 minggu. Jangan lupa buatkan tiang penyangga untuk tempat rambatan batang dan daun. Anda pun dapat meletakkan pot tanaman semangka di depan pagar sehingga tanaman semangka merambat di pagar nantinya atau letakkan tanaman tsb di tengah taman dengan membentuknya secara melingkar. Pilihlah yang mana menurut Anda lebih mempercantik taman dan pekarangan Anda.Jangan lupa letakkan batu di bawah pot di pinggirnya agar sistem drainase terjaga baik.
6. Lakukan penyiraman sehari 2 x yaitu pada pagi dan malam hari karena tanaman buah semangka termasuk tanaman yang suka air. 
7. Rawatlah tanaman semangka Anda dengan baik, gemburkan media tanam dan cabutilah tanaman pengganggu. Lakukan pemupukan ulang saat tanaman mulai berbunga.
8. Saat mulai muncul bakal buah pada tanaman semangka Anda, kurangilah penyiraman menjadi 2 hari sekali untuk menghindari proses pembusukan pada buah dan agar diperoleh rasa buah yang manis.
9. Gunakan kain pada buah semangka lalu ikatkan pada penahan untuk menahan beratnya buah semangka sehingga tidak putus sebelum waktunya.
10. Lakukan pemanenan saat buah semangka matang yang ditandai dengan tangkai batang yang mengkerut sekitar berumur 2-3 bulan. Gunakan gunting untuk memotong tangkai buah saat pemanenan agar tidak merusak tanaman.
Itulah cara mudah menanam buah semangka dalam pot. Selamat mencoba ...
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive