Tips Cara Pengendalian Penyakit Bakteri dan Jamur pada Tanaman Cabe dan Tomat

.
.

Sebagai seorang ibu rumah tangga Kita memang harus cerdas mengelola keuangan keluarga agar bisa mencukupi segala kebutuhan. Kebutuhan yang wajib dipenuhi dengan segera ialah kebutuhan dapur, dimana menjadi salah satu tempat menyediakan makanan bernutrisi bagi seluruh keluarga.
Untitled
Saat ini semakin banyak ibu rumah tangga yang cerdas dalam memanfaatkan sesuatu yang ada di rumah. Salah satunya ialah memanfaatkan lahan yang tersisa di halaman atau pekarangan untuk menanam berbagai jenis sayuran.
Tips hemat dengan sayuran dari kebun sendiri
Ada beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam dengan mudah dan sering digunakan untuk penyedap masakan. Yakni tanaman tomat dan juga cabe, hampir semua jenis masakan menggunakan sayuran jenis ini sehingga akan sangat hemat jika menanamnya sendiri.
Terlebih cabe yang selama ini harganya naik turun tidak menentu, apabila sudah naik maka harganya akan meroket drastis. Menanam tomat maupun cabe tidak membutuhkan lahan luas karena fisik kedua tanaman ini adalah perdu atau tergolong kecil. Perawatannya pun tidak sulit, namun tetap saja perlu perhatian Anda agar menghasilkan tomat dan cabe berkualitas supermarket.
Menanam cabe maupun tomat di pekarangan rumah sebaiknya diperhatikan secara rutin, sebab secara fisiologis kedua jenis tanaman ini merupakan tempat berkembangnya bakteri dan jamur. Tanaman jenis ini lebih sering terserang hama yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri, yang mengakibatkan daunnya layu dan bisa tidak berbuah. Ketika hal ini terjadi maka keinginan untuk hemat lewat pekarangan rumah sendiri harus kandas, karena terancam gagal panen. Namun apapun bentuk serangan hama pada tanaman tentunya adaenangkalnya, demikian juga untuk tomat dan cabe ini.
Mengatasi serangan hama pada tomat dan cabe
Tanaman tomat dan juga cabe menjadi mudah sekali layu secara tiba-tiba, dan ini disebabkan oleh gangguan bakteri maupun jamur. Berikut perbedaannya:
  • Hama bakteri, serangan yang disebabkan oleh bakteri umumnya terjadi sangat cepat, tanaman bisa layu hanya dalam waktu kurang dari tiga hari.
  • Hama jamur, tepatnya jamur Fusarium sp, jamur akan menyerang melalui tanah dan diawali gangguan pada akar sehingga sari pati makanan tidak dapat diserap oleh tanaman, sehingga tanaman menjadi layu dan akhirnya mati.
Serangan yang diawali dari tanah dan mengganggu fungsi akar dalam menyerap nutrisi yang diperlukan tomat maupun cabe. Menjadikan kedua jenis tanaman ini malnutrisi dan akhirnya akan layu dan kemudian mati. Apabila gangguan disebabkan oleh bakteri maka sebaiknya menggunakan bakterisida yang lebih ampuh mengatasi penyebabnya dengan tepat.
Kemudian hindari menyiram tanaman tomat secara berlebihan, sebab kondisi tanah maupun tanaman yang lembab. Akan memudahkan jamur maupun bakteri berkembang pesat. Kerusakan pada tanaman pun akan semakin besar, kemudian hindari penggunaan pupuk N.
Sumber : http://jokowarino.id/tips-membasmi-bakteri-dan-jamur-pada-tomat-maupun-cabe/
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive