Manfaat dan Khasiat Ajaib dari Daun Kipahit (Tithonia diversifolia)

.
.
Tanaman Rondo Noleh atau Rondo Semoyo atau Kipahit (Tithonia diversifolia), daun Rondo Semoyo ini bagus untuk obat gatal-gatal atau kudis. Caranya menggunakannya sederhana saja, daun direbus sebentar dengan air panas kemudian digunakan untuk mandi. Daunnya dipakai untuk mengosok bagian kulit yang gatal atau kena kudis dan eksim. Bisanya kudis dan eksim akan cepat mengering dan kemudian sembuh.


Khasiat kipahit atau nama ilmiahnya Tithonia diversifolia, ini juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit kencing manis atau diabetes. Karena itu tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman insulin. Tanaman ini memiliki banyak manfaat, salah satunya digunakan untuk pestisida nabati. Menurut saya memang benar, tanaman ini sangat tahan serangan hama dan penyakit. Tanamannya tidak dimakan serangga atau ulat. Daunnya mulus tidak ada lubang-lubang. 

Mungkin kemampuan ini dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan senyawa yang tidak disukai penyakit atau beracun bagi hama serangga, sehingga tidak ada hama dan penyakit yang bisa menyerangnya. Senyawa ini bisa diekstrak dan dimanfaatkan sebagai bahan untuk pestisida nabati. 

Tumbuhan ini mengandung salah satu turunan alkoid yang bersifat bakterisida. Selain itu terkandung juga quassinoit C22 H30 O6 (Picrassane quassionoid) yang bersifat mengoksidasi kulit sel bakteri (Harborne 1996). Rasa pahit yang ada pada daun kipahit disebabkan adanya kandungan 4- methilated picrasane tipe quassinoid, javanicins H, i dan J (Loveless 1997). Daun kipahit ini mempunyai anti bakteri (Kloppenburg & Vesteegh 1978). Pemakaian daun kipahit untuk pengobatan penyakit pada ikan telah banyak dilakukan oleh masyarakat petani pembudidaya ikan.

Mengacu pada keterangan tinjauan pustaka yang ada, maka dapat disimpulkan bahwa ekstrak kipahit memiliki kemampuan untuk penanggulangan parasit jamur. Senyawa-senyawa yang dimiliki daun kipahit ini dapat dijadikan bahan uji, dosis dan lama dalam perendaman telur ikan dalam ekstrak sehingga dapat diketahui lebih luas kegunaannya serta keunggulannya pada penetasan telur ikan mas. Metode yang digunakan dalam percobaan uji ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan faktorial. Penyimpulan percobaan ini menggunakan rancangan tersebut, didasarkan atas percobaan yang dilakukan merupakan pengamatan terhadap bahan serta waktu pelaksanaan yang homogen.

Pengolahan data yang diperoleh dari percobaan ini ditabulasikan dalam bentuk tabel hasil perhitungan telur yang menetas.
Faktor perlakuan terdiri atas dosis dan lama perendaman terhadap daya tetas telur ikan mas. Sebagai perlakuan ekstrak daun kipahit dibagi menjadi 5 taraf (D) yaitu : D1 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 1 ppt, D2 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 2 ppt. D3 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 3 ppt. D4 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 4 ppt. D5 = Perendaman telur dalam ekstrak dengan dosis 5 ppt.

Khasiat daun kipahit :



  • Dapat mengobati diabetes melitus tipe 1. Diabetes melitus tipe 1 adalah diabetes yang disebabkan karena kurangnya insulin dalam tubuh. Sedangkan diabetes melitus tipe 2 kebanyakan disebabkan karena obesitas dan gaya hidup yang kurang baik.
  • Sebagai antioksidan alami. Manfaat daun kipahit selanjutnya adalah sebagai antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas.
  • Menurunkan Kadar Gula. Seperti yang telah kita bahas diatas daun kipahit dapat mengendalikan kadar gula dalam darah.
  • Daun kipahit sebagai anti murodial untuk ginjal serta infeksi kantung kemih.
  • Manfaat daun Kipahit untuk memperkuat organ hati.
  • Efek colon cleansing; meminum teh kipahit secara rutin dapat memverikan efek colon cleansing atau cuci usus, yang berdampak bersih darah dan berpengaruh pada kecantikan kulit dan wajah.

Nah semua penyakit pasti ada obatnya jadi jangan takut kali ini saya jelaskan tentangkhasiat daun kipahit bagi kesehatan tubuh yang mampu mengobati berbagai penyakit seperti di atas semoga info yang saya berikan bermanfaat buat semuanya.
Sumber : http://manfaatdaunbuah.blogspot.co.id
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive