Dua Jenis Peluang Usaha di Bulan Ramadhan Yang Menguntungkan Mau Coba?

.
.


Beberapa hari lagi bulan yang penuh berkah yakni bulan suci Ramadhan tiba. Di bulan yang penuh berkah tersebut, selain beribadah ada beberapa hal positif yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Bagiamana caranya? Yakni dengan cara membuka bisnis yang khas di bulan Ramadhan, seperti menjual peralatan dan perlengkapan ibadah dan bisnis takjil. Selanjutnya mari kita bahas satu persatu ya, selamat mencoba !
1. Peralatan dan Perlengkapan Ibadah
Di bulan ramadhan, peralatan dan perlengkapan ibadah yang laris dijual terdiri dari : a. Mukena, adapun mukena yang paling laris terjual menjelang bulan Ramadhan adalah yang berjenis katun, sutra, rubiah, jaguar dan polino. b. Jilbab, untuk jilbab, yang sering dicari adalah jilbab praktis berbahan sutra dengan modifikasi payet, bordir dan sulam. c. Gamis, model gamis yang digandrungi biasanya gamis simpel dengan bahan sifon dan shantung. d. Baju Koko, tiap tahun trend baju koko sering berubah dan bermunculan, tetapi tidak menghilangan nuansa agamis dan formalnya. e. Sarung, untuk jenis sarung yang laku menggunakan bahan sejuk seperti katun dan mempunyai corak yang minimalis. f. Sajadah, sajadah yang banyak digemari biasanya berukuran besar dari Turki dengan bulu sintesis yang halus. g. Kopyah, jenis kopyah yang laku biasanya mengikuti trend yang ada. h. Tasbih, tak jarang banyak orang membeli tasbih untuk cinderamata saat Lebaran.
Untuk memulai bisnis ini yaitu anda harus mengetahui lokasi yang pas untuk menjual barang dagangan anda seperti : bazar, pasar kaget, kantor, sekitar rumah atau kompleks dan menjualnya secara online.
2. Bisnis Takjil
Mendengar namanya, usaha yang satu ini identik dengan puasa dan hanya ada ketika bulan ramadhan tentunya. Ada banyak jenis takjil yang dijual dan dikonsumsi di Indonesia seperti : kolak pisang, kolak singkong, bubur sumsum, es blewah, es kolang - kaling, es degan, aneka sayur, dan juga aneka buah seperti buah kurma.
Tips untuk memulai berjualan takjil :
a. Pilih lokasi, tempat berjualan haruslah memilih tempat yang strategis dan ramai dilewati oleh orang seperti kawasan perkantoran, pinggir jalan raya, kampus, atau dimana pun tempat yang banyak aktifitas hingga sore. Mintalah kepada keluarga terdekat kita untuk menawarkan takjil di tempat mereka bekerja. Jangan lupa, bergabung dengan bazar untuk menambah lebih banyak pembeli.
b. Buat sampel atau contoh, Sebelum puasa tiba, buatlah sampel beberapa takjil. Jika takjil sudah siap untuk dinikmati, ajak keluarga, sahabat dan warga sekitar tempat tinggal Anda untuk mencicipi dan memberikan penilaian terhadap sampel yang telah anda buat. Sekiranya ada yang kurang pas, masih ada waktu untuk melakukan perubahan agar takjil buatan anda semakin diminati oleh pembeli.
c. Pilih dan gunakan bahan yang segar, mengapa? Agar kualitas dan kenikmatan rasa takjil buatan anda terjaga dan mencegah pembeli agar tidak sakit. Terus usahakan takjil yang anda jual langsung habis terjual, jangan bersisa.
d. Kemas secara menarik, walaupun bisnis takjil sudah umum dan pasti akan membeludak ketika ramadhan tiba, bukan berarti takjil harus disajikan secara biasa - biasa saja. Kemasan yang menarik akan memancing minat pembeli dan memberikan nilai lebih terhadap usaha anda. Sebagai contoh, es buah yang anda jual disajikan ke dalam gelas warna - warni. Tapi perlu diingat juga, pilihlah kemasan yang sederhana sehingga tidak merepotkan orang yang hendak mengkonsumsi takjil.
e. Jagalah kebersihan, hal ini sangat penting dan utama baik itu saat mengolah ataupun ketika menjual takjil. Orang tidak akan tertarik untuk membeli makanan jika kebersihannya tidak terjamin.
f. Promosikan usaha anda, ini juga sangat berpengaruh terhadap usaha yang anda jalankan. Jangan lupa manfaatkan sosial media yang ada seperti instagram, facebook, twitter, line, whatsapp, path dan sebagainya untuk menarik pembeli agar datang dan membeli takjil yang anda jual.
Nah, itulah dua bisnis yang sangat menguntungkan di bulan suci Ramadhan. Anda sudah terbayang untuk memulainya?

Sumber : blogdetik.com
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive