Cara Mudah Membuat Minyak Kemiri Sendiri Di Rumah

.
.
Diakui atau tidak, rambut adalah sebuah mahkota yang harus dijaga sebaik mungkin, karna kalu sudah mengalami ekrontokan, bahkan kebotakan akan sangat sulit sekali untuk dibobati agar kembali lebat, selain memakan banyak dana, juga membutuhkan waktu yang cukup lama, sedangkan waktu adalah uang, Oleh karena itu, sepatutnya kita merawatnya, salah satuny adalah dengan minyak kemiri. Minya kemiri selain berhasiat merawat rambut, insya Allah juga dapt menumbuhkan rambut yang rontok jika digunakan secara terus-menerus. Oke, langsung sikat aja dah....



Kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya:

1. Buah kemiri 250 gram
2. Air secukupnya


Caranya.

  1. Blender buah kemiri dengan air secukupnya, ampe halus, tapi jangan halus-halus banget, ntar susah nyaringnya. Kalo nggak punya blender, ditumbuk atau diulek aja ampe halus.
  2. Saring, seperti meras kelapa jadi santan, ampe air santan kemiri tak kental lagi, kalo yang sudah terlanjur terlalu halus karena terlalu banyak air, bisa disaring dengan menggunakan kain.
  3. Abis dapet santan kemiri yg gak ada ampasnya, siapkan kuali atau panci untuk mendidihkan. Aduk lama, ampe jadi minyak. Sabar aja, emang cukup lama, sampai airnya menguap dan tersisa putih-putihnya.
  4. Minyak kemiri harus benar-benar mateng, biar gak apek, tandanya adalah kerak minyak warnanya coklat pekat ato nyaris itam, hal itu udah menandakan minyak kemiri udah masak dan siap pakai.
  5. Nah, setelah itu ambil keraknya, lalu peras kembali dengan menggunakan kain, sampai keluar keraknya kering, sampai nggak keluar minyak lagi
  6. Ambil botol, tuk dijadikan tempat, botolnya yang bersih ya dan gak bau apa-apa, biar baunya gak bercampur aduk.
Selamat mencoba
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive