Cara Membuat Bibit Pohon Mangga Satu Pohon dengan Berbagai Macam Rasa / Jenis

.
.


Saat kamu memiliki pohon mangga yang sangat istimewa tentu kamu ingin memperbanyak pohon mangga itu, baik untuk kamu jual bibitnya atau kamu perbanyak agar buah yang dihasilkan juga semakin banyak. Mangga adalah buah tropis yang memiliki rasa yang enak dan segar. Ada beberapa jenis mangga yang ada di Indonesia diantaranya adalah kwalitas super yaitu mangga aromanis, mangga golek, mangga manalagi, mangga endog, mangga lalijiwo, mangga madu, mangga kweni dan masih banyak lagi jenis mangga yang memiliki rasa dan keunikan tersendiri. Kalau saya sendiri sangat menyukai mangga arumanis. Sedangkan kalau cuaca yang sangat terik saya lebih suka mangga kweni dibuat rucuh agar segar saat diminum.


Dari berbagai macam mangga yang ada ternyata itu hanya sampel untuk saya buat contoh stek sambung. Banyak buah lain yang bisa anda budidayakan dengan cara stek yaitu stek buah naga, stek tomat, stek jambu air.
Dengan melakukan stek sambung ini maka diharapkan anda bisa menikmati kekayaan khazanah mangga dalam satu pohon agar memiliki citarasa berbeda beda. Dari cabang ini terasa rasa kweni, dari cabang ini rasa arumanis dan sebagainya bisa anda praktekkan sendiri. Simak dengan teliti dan lakukan dengan perlahan lahan saja.

Persyaratan stek sambung pohon mangga.
  • Stek dilakukan pada pohon dan indukan yang baik.
    Indukan yang baik yaitu indukan yang sehat ditandai dengan kambium yang tebal.
  • Gunakan entres yang masih muda menjelang tua.
  • Stek dilakukan dengan perhatian dan perawatan yang baik. Perhatian yang dimaksud adalah dengan memilih dan mengikat tali atau plastik khusus untuk okulasi dengan ketebalan 0,2. 
  • Jangan disiram atau semprot pada sambungan. Dengan masuknya air pada sambungan maka potensi busuk akan semakin besar. 
  • Banyak orang yang sering gagal dalam melakukan stek sambung ini karena tidak memperhatikan prasyaratnya.
Setelah anda membaca baik baik persyaratan untuk melakukan stek sambung pada pohon mangga ada baiknya anda juga  membaca postingan Langkah melakukan Stek untuk memperkaya khasanah pengetahuan anda tentang stek. Selanjutnya kita masuk pada tahap melakukan stek.
Langkah melakukan Stek sambung pohon mangga.
  • Pilihlan entres yang tidak terlalu muda tetapi belum tua, dengan 10-20 mm yang memiliki 4-8 mata kemudian bersihkan entres dari daun.
Contoh Cara Stek Sambung Pohon Mangga Berbuah Banyak
Bersihkan entres dari daun dan lancipkan bawahnya sesuai dengan tempat yang akan ditempelkan.
Ditempelkan di batang.
  •  Tempelkan entres pada batang yang sehat yang sudah dipilih. Entres boleh disisakan 1 atau dua daun agar memicu percepatan pertumbuhan dari daun yang lain.
    Sebelum itu batang dikupas tipis saja jangan sampai kayu. Hal ini dikarenakan pada kambium terdapat jaringan Phloem atau plum yang digunakan untuk mengangkut unsur hara diedarkan ke seluruh tubuh. Sari Unsur hara inilah yang akan merangsang pertumbuhan pada batang entres yang sudah ditempelkan pada batang pohon.
  • Setelah itu balut entres tadi dengan plastik khusus okulasi.
    Jangan menutupi tempat tumbuhnya daun pada entres. Pastikan perawatan pada fase ini adalah terjaga dari air yang dapat memperbusuk kondisi batang dan entresnya.
  • Balut dengan plastik tipis agar mencegah air masuk.
    Setelah tumbuh tunas hilangkan plastik tipis yang menutupi daun pada entres.
Proses pembuatan satu pohon mangga dengan berbagai rasa sudah selesai anda tinggal menunggu dan berdoa agar entres yang anda pilih bisa tumbuh dan berkembang dan berbuah yang segar sehingga anda bisa memiliki macam buah dalam satu pohon mangga. Demikian postingan kali ini tentang cara stek sambung pada pohon mangga yang berbuah banyak jenis.Contoh Cara Stek Sambung Pohon Mangga Berbuah Banyak JenisUntuk hasilnya bisa dilihat pada gambar di samping. Tentunya anda sangat bersyukur jika dari semua batang yang anda masukkan dalam pohon anda bisa berbuah bermacam macam.
Tanpa harus menanam banyak pohon mangga anda bisa menikmati berbagai macam jenis buah mangga. Buah mangga ini bisa anda nikmati hanya dengan waktu yang lebih singkat karena anda hanya menunggu sampai batang pohon cukup panjang untuk berbuah.
Demikian postingan tentang cara stek sambung pada pohon mangga yang bisa menjadikan pohon mangga anda memiliki berbagai jenis buah. Jika anda menganggap postingan ini bermanfaat, tolong share dengan teman terdekat anda. Sukai  halaman Fanspage  kami. Terima kasih. 
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive