Rahasia Cara Membuat Tanaman Duku Cepat Berbuah

.
.

Cara Cepat Membuahkan Duku




Hal yang utama cara cepat membuahkan duku yaitu memakai bibit unggul bersertifikat. Sebelum bibit ditanam, bagian top soil (lapisan tanah paling atas) sedalam 15 cm dibuang. Bagian top soil ini dipastikan mengandung penyakit dan gulma walau kadar organik dan haranya tinggi. Selanjutnya bagian subsoil atau tanah mentah digemburkan dan ditambahkan media pupuk. Ukuran lubang tanam 80 cm x 80 cm x 80 cm. Selanjutnya masukkan pupuk fosfat SP-36 sebanyak 1-2 kg/lubang tanam. Bila memakai pupuk NPK Hydro-Mutiara 16:16:16 ditambah 3 kg dolomit bisa membuat pertumbuhan bibit duku lebih baik.
Cara Cepat Membuahkan Duku
Cepat berbuah kuncinya pada pemupukan yang tepat
Setelah lubang tanam telah siap, selanjutnya tinggal memasukkan bibit duku dan ditimbun dengan tanah galian yang sudah dicampur dengan pupuk. Setelah ditanam, lakukan penyiraman sampai media tampak basah. Jarak tanam yang baik untuk duku 7 m x 7 m. Jadi, tiap 1 hektar berisi sekitar 200 pohon.

Cara cepat membuahkan duku yang penting dilakukan yaitu pemupukan rutin tiap 3 bulan sekali. Beri pupuk kompon mutiara dengan dosis 0,25-0,5 kg/tanaman. Pupuk cukup ditabur di atas permukaan tanah. Tak perlu dibenam karena penggalian akan mengakibatkan luka pada akar. Pasalnya, luka yang terjadi bisa sebagai pintu masuk cendawan patogen.

Setelah tanaman sudah besar dan rimbun, tambahkan kalium nitrat KNO3 sebanyak 3 kg/pohon. Lakukan pemangkasan dahan kecil. Pertahankan dahan yang besar, kuat dan sehat karena pada dahan-dahan seperti inilah akan bermunculan bunga-bunga dan buah. Usahakan bantalan bunga di dasar dahan besar tidak sering terinjak karena di bagian ini tempat munculnya calon-calon buah.


Untuk memperbanyak bunga yang keluar, bisa ditambahkan 10-20 gram borak tiap pohon pada bagian kanopinya. Bunga tak akan berguguran bila unsur kalsium dalam tanah cukup. Saat pentil, pemupukan harus dilipatgandakan supaya produksi tinggi dan buah berukuran besar-besar.

Pupuk kandang diberikan lagi setelah tanaman berumur 6 bulan. Bila tak ada pupuk kandang bisa diganti dengan kompos, humus atau gambut. Bahan organik tersebut harus diaduk-aduk. Tanaman yang sudah berumur 1 tahun, diberi pupuk Hydro-Mutiara 16:16:16. Pupuk ini terdiri dari unsur hara mikro 16% N, 16% P2O dan 16% K2O.

Dengan menerapkan cara cepat membuahkan duku di atas, tak perlu tunggu sampai 7 tahun untuk berbuah. Pada umur 5 tahun sejak tanam, pohon duku sudah mulai belajar berbunga dan berbuah. Selamat mengapilkasikannya.

Sumber : http://birdbody.blogspot.co.id/2015/08/cara-cepat-membuahkan-duku.html
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive