Mau tahu 10 Manfaat Mangga Untuk Kesehatan ?

Sponsored Links


Buah mangga merupakan buah khas wilayah tropis termasuk di Indonesia. Mangga dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional, supermarket hingga di penjual buah keliling. Selain memiliki rasa sangat manis dan enak, mangga ternyata juga memiliki sejumlah manfaat yang sangat penting untuk kesehatan kita.
Berikut 10 manfaat mangga untuk kesehatan.
1. Pencegah Kanker
Studi laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak biji mangga merupakan racun bagi sel-sel kanker payudara manusia. Studi juga mengungkapkan bahwa antioksidan mangiferin dalam buah ini, efektif melawan sel-sel leukemia serta usus besar, prostat, dan sel kanker paru-paru.
2. Pembersih Radikal Bebas
Mangga buah kaya polifenol yang diyakini bermanfaat dalam menghilangkan radikal bebas perusak dan penyebab kanker -ini bisa menjadi berita yang sangat menjanjikan karena polifenol ini bertindak selektif dan tidak merusak sel-sel sehat. Menakjubkan!
3. Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh
Tingginya kandungan vitamin C (11 mg per 100 gr buah) mangga juga membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Asupan harian vitamin C dianjurkan sebesar 90 mg untuk pria dewasa dan 75 mg bagi wanita. Disarankan juga bagi perokok sekitar 35 mg ekstrak vitamin C per hari. Selain itu, tahukah Anda bahwa beberapa buah-buahan eksotis yang kurang dikenal memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan buah-buahan komersial?
4. Pendukung Proses Biokimia Tubuh
Studi menunjukkan bahwa mangga kaya tembaga (sekitar 10% dari RDA per buah), yang berguna dalam mendukung berbagai proses biokimia dalam tubuh seperti menjaga dioptimalkannya fungsi kekebalan tubuh, transportasi oksigen, respirasi sel, RNA dan DNA reproduksi, serta menghilangkan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan dan menyebabkan jenis kanker tertentu.
5. Peningkat Sel Darah Merah
Zat tembaga dari mangga diyakini berguna dalam produksi sel darah merah. Penelitian lebih lanjut diperlukan dalam studi tembaga untuk pengobatan kanker, sebab saat ini hasil tes masih belum sempurna.
6. Penurun Kolesterol
Ada temuan bahwa mangga juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Buah mangga mengandung banyak polifenol dan serat makanan, yang diketahui bermanfaat untuk menurunkan tingkat serum kolesterol, terutama low density lipoprotein (LDL- kolesterol) yang dapat menyebabkan arteriosklerosis.
7. Peningkat Memori dan Fungsi Otak
Mengkonsumsi mangga secara berkala juga efektif untuk meningkatkan fungsi otak dan memori. Kehadiran antioksidan, vitamin A dan vitamin C berkontribusi terhadap kesehatan otak yang lebih baik. Glutamat dari mangga, yang berkontribusi pada rasa menyenangkan, terkait erat dengan fungsi memori.
8. Penjaga Kesehatan Mata
Makan mangga dapat membantu memperbaiki penglihatan. Buah mangga dianggap sebagai sumber vitamin A dan flavonoid seperti alpha karoten, beta-cryptoxanthin, dan beta karoten (yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh) sangat baik. Senyawa ini memiliki sifat antioksidan dan studi menunjukkan sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Mangga juga telah digunakan untuk mengobati kekurangan vitamin A di negara-negara berkembang. Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata serta dalam memperbaiki selaput lendir.
9. Pencegah Penyakit Jantung
Mangga juga diklaim efektif dalam mencegah timbulnya penyakit jantung. Buah ini dianggap sebagai sumber magnesium, kalium, serat makanan dan vitamin A dan B6, yang dikenal memainkan peran penting dalam mencegah penyakit kardiovaskular.
10. Penjaga Fungsi Saraf
Kandungan Vitamin B6 dalam mangga terbukti efektif mengendalikan tingkat homosistein dalam darah. Ketika tidak  dikontrol, tingkat homosistein ​​yang tinggi dapat melemahkan pembuluh darah yang akhirnya bisa menyebabkan stroke. Vitamin B6 juga dilaporkan berguna dalam perkembangan kognitif, produksi hemoglobin dan menjaga fungsi saraf tetap sehat.
Untuk hasil terbaik, silakan konsumsi mangga organik! (Lutfi/Yudhi)
Sponsored Links
loading...
Loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive