Formula Pakan Sapi ini Mampu Meningkatkan Bobot Sapi Hingga 1,2 kg/hari

.
.

pakan-sapi
Tentunya sangat menyenangkan jika memiliki sapi yang sehat dan berkualitas. Jangankan bagi peternak sapi, bagi konsumen pun membeli sapi gemuk dan sehat menjadi pilihan tersendiri.
Ya, sapi yang sehat dan berkualitas pastinya tak lepas dari pemberian pakan yang berkualitas juga. Pakan merupakan faktor yang perlu diperhatikan karena sangat berpengaruh terhadap pertambahan bobot badan sapi potong.
Secara umum, pakan sapi dibagi menjadi dua, yakni pakan hijauan yang mengandung serat kasar sekitar 18% dan pakan penguat (konsentrat)—jenis pakan yang mampu mempercepat pertambahan bobot sapi potong. Berbeda dengan pakan hijauan, konsentrat mengandung sumber energi dan protein tinggi yang mudah dicerna karena serat kasarnya kurang dari 18%. Umumnya, konsentrat dibuat oleh pabrik secara massal.
Tapi, lain halnya dengan Mistar Arifin—peternak sapi potong yang sukses meraih banyak penghargaan, sekaligus turut membentuk Kelompok Tani Ternak (KTT) Karya Kinasih. Mistar Arifin memiliki resep atau racikan pakan tersendiri dengan sejumlah keunggulannya, yakni mampu meningkatkan bobot badan ternak hingga 1,2 kg per ekor per hari, serta mampu memperbaiki mutu daging sapi—terasa lebih empuk dan berwarna merah cerah.

Lalu, apa saja bahan-bahan konsentrat buatan Mistar Arifin ini?


Bahan
Aplikasi Campuran
Dedak halus
20%
Kopra
20%
Bungkil kedelai
20%
Limbah kue atau kue basi
20%
Onggok singkong
15%
Tepung cokelat
5%
Kalsium
Sebagai tambahan, sedikit tetapi dibutuhkan

Cara meraciknya.
 mistari-sapi1Timbang masing-masing bahan agar sesuai dengan komposisi yang dibutuhkan.
 mistari-sapi2Campur bahan satu per satu secara urut, dari bahan dengan persentase paling tinggi hingga terendah. Aduk hingga tercampur rata.
 mistari-sapi3Masukkan ke dalam mixer atau mesin giling supaya pencampurannya benar-benar homogen.
 mistari-sapi4Kemas konsentrat yang sudah jadi ke dalam karung dan lakukan penimbangan.

Cukup mudah, kan, membuatnya? So, selamat mencoba bagi para peternak sapi potong.


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive