Loading...

Cara Membuat Kelengkeng Merah (Ruby Longan) Dalam Pot Berbuah Lebat

Sponsored Links
.
Loading...






 Lengkeng merah atau dikenal sebagai lengkeng rubi memang tergolong buah ekslusif. Pasalnya produksinya sendiri masih terbatas. Menurut salah satu penangkar buah di Bogor, Ricky Hadimulya, lengkeng merah ini sangat pas untuk pehobi supersibuk, karena tidak membutuhkan perawatan khusus.

Hal senada juga dikatakan oleh pakar buah, Gregori Granadi. Ia menuturkan lengkeng merah cocok untuk ditabulampot, sebab berpenampilan menarik. Sosoknya pendek dan rajin berbuah. Dompolan buah berwarna merah seronok senada dengan warma daun yang merah kecokelatan. Yang membuatnya makin istimewa, citarasa buah bernama latin Dimocarpus longan ini memiliki tingkat kemanisan tinggi.
Produktif Tanpa Rangsangan. Lengkeng merah aditif diberbagai ketinggia tempat dan berbuah tanpa bantuan perangsang. Beberapa jenis lengkeng lainnya perlu dirangsang dengan memberikan asupan kalium (K) dari potasium klorat (KCl)3). Sedangkan menurut ahli buah dari Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB, SObir, Phd, sejatinya pemberian klorat (Cl) merupakan cara untuk membuat tanaman stress sehingga ‘terpaksa’ berbuah.
Ricky Hadimulya pun menuturkan, meski tanpa bantuan perangsang, perawatan intensif tetap dibutuhkan bila ingin lengkeng berbuah. Kunci utama membuahkan lengkeng merah ini adalah menyiapkan media tumbuh yang nyaman. Ada baiknya media yang dipilih adalah media porous yang kaya hara.
Nah, berikut  tahapan menanam lengkeng rubi di pot, yuk simak :
  • Siapkan media tanam berupa tanah, pupuk kandang kambing fermentasi, sekam bakar, dan serbuk sabut kelapa. Campur media, lalu masukkan ke dalam pot, dan tanam bibit ukuran 75 cm.
  • Pasang ajir dalam pot agar bibit tidak gampang roboh. Lalu taburkan anticendawan berbahan aktif karbofuran.
  • Selanjutnya, setiap minggu siramkan vitamin sebanyak 1 ml per liter air selama 3 minggu berturut-turut.
  • Saat tanaman berumur sebulan berikan pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 20:20:20 dengan dosis 0,75 gram per liter air. Kemudian semprotkan rutin seminggu 2 kali hingga tanaman berumur 5-6 bulan atau tajuknya rimbun. Pangkas tajuk agar percabangan tanaman bagus.
  • Saat tanaman berumur 6 bulan, semprotkan pupuk cair NPK yang mengandung kadar fosfor dan kalium tinggi dengan perbandingan (6:30:30) berdosis 0,7 ml per liter air. Aplikasinya setiap minggu hingga tanaman berbunga dan calon buah muncul. Saat muncul calon buah, hentikan pemupukan dan lanjutkan kembali saat buah seukuran kacang tanah.
  • Buah siap dipanen bila mengeluarkan aroma khas lengkeng. Perlu diperhatikan juga agar meletakkan pot lengkeng emrah tersebut di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar proses fotosintesis berlangsung sempurna.


Sumber : http://www.jitunews.com/read/12349/teknik-jitu-membuahkan-lengkeng-merah-dalam-pot#ixzz47pCaOk9G
Sponsored Links
Loading...
loading...
Flag Counter