Cara Membuat Alternatif Pakan Ternak dengan Fermentasi Gedebog / Batang Pisang

Sponsored Links
Cara Membuat pakan ternak fermentasi gedebog pisang
Proses Fermentasi Gedebog untuk pakan sapi ,domba , kambing dll
Gedebog adalah sebutan dalam bahasa jawa atau lebih dikenal secara nasional dengan nama batang pisang , siapa yang menyangka dari limbah kebun pisang terdapat bahan pakan ternak berlimpah. Kebanyakan para pembudidaya tanaman pisang hanya membuang atau membiarkan gedebog hingga busuk begitu saja setelah dipanen buahnya. Pada beberapa daerah di jawa timur umumnya, nilai ekonomis dari gedebog pisang hanya sebatas pengolahan sebagai bahan baku pembuatan tali untuk industri sofa.
Berkat berbagai penelitian telah diketahui manfaat lain dari gedebog pisang yang dapat di proses sebagai pakan ternak dengan cara fermentasi anaerob. memang masih banyak masyarakat peternak di indonesia belum mengetahui manfaat serta kandungan nutrisi pada batang pisang ini sebagai pengganti makanan ternak budidaya - seperti Kambing , Domba , Sapi , bebek (unggas ) , Kelinci dll.

Sebenarnya batang pisang bagi masyarakat Bali dan penduduk di pulau Lombok N.T.B  bukanlah sesuatu yang baru, sejak dahulu kala gedebog pisang dapat diolah menjadi menu tradisional. Namun , pada kesempatan posting ini , blog cara budidaya organik hanya mengulas tentang fermentasi batang pisang untuk makanan ternak :) . Untuk mengetahui Cara Fermentasi Gedebog Pisang Kaya Nutrisi sebagai makanan ternak silahkan simak yang di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Pada Batang Pisang


Menurut berbagai hasil studi atau penelitian , gedebog diketahui memiliki kandungan nutrisi yang komplit sebagai pengganti pakan ternak. Adapun komposisi rata-rata nutrisi dalam batang pisang antara lain :  bahan kering  (BK) 87,7 % * Abu 25,12 % * lemak Kasar (LK) 14,23 % * Serat Kasar (SK) 29, 40 %  *  protein Kasar (PK) 3 %  termasuk : asam amino, amine nitrat, glikosida, mengandung N, Glikilipida, vitamin B, asam Nukleat  *  bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) 28,24 % termasuk karbohidrat, gula dan pati . 

Nah ,  dengan diketahui kandungan nutrisi pada batang pisang , tentu kebutuhan makanan ternak kambing bukan suatu kendala bagi peternak - dengan kata lain gedebog merupakan kandidat tepat untuk pengganti pakan ternak. Memang jumlah protein kasar (PK)  gedebog tidaklah terlalu tinggi namun dengan mencampur bahan lain , seperti : bekatul , bungkil kelapa , Ampas tahu atau limbah dari produk kedelai , ampas singkong (gamblong) , jagung dan ditambah dengan fermentasi mampu meningkatkan protein kasar pada gedebog pisang.

Formula dan Komposisi Fermentasi Gedebog Pisang


Berdasarkan dari hasil riset dan percobaan yang telah dilakukan Universitas Padjajaran ( UNPAD ) tentang fermentasi gedebog dan bahan-bahan lain seperti umbi singkong dan biji jagung  untuk makanan ternak lengkap dengan nilai nutrisi yang cukup. Antara lain formula dan komposisi yang telah dikaji adalah sebagai berikut :

  • (TA) campuran 70 % batang pisang, 15 % umbi singkong dan 15 % biji jagung.
  • (TB) campuran 60 % batang pisang, 20 % umbi singkong dan 20 % biji jagung.
  • (TC) campuran 50 % batang pisang, 25 % umbi singkong dan 25 % biji jagung.
  • (TD) campuran 40 % batang pisang, 30 % umbi singkong dan 30 % biji jagung.
  • (TE) campuran 30 % batang pisang, 35 % umbi singkong dan 35 % biji jagung.


 Dan setiap formula telah diuji berulang sebanyak 4 (empat) kali. Perubahan yang teliti meliputi nilai pH, kandungan air, bahan kering, abu, protein kasar, serat kasar, bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN), dan lemak kasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bioproses (ensilage) campuran batang pisang, umbi singkong dan biji jagung sebagai makanan lengkap tidak menurunkan nilai nutrisi  batang pisang, dan  ada peningkatan kandungan bahan kering yang pada  batang, pisang. Kombinasi campuran yang terbaik untuk batang pisang sebagai ransum lengkap  adalah 30 % batang pisang, 35 % umbi singkong dan 35 % biji jagung.
Nutrisi Gedebog pisang fermentasi untuk ternak
Tabel Nutrisi Batang pisang Fermentasi


Cara membuat pakan fermentasi gedebog pisang memerlukan bahan bahan dibawah ini:

Formulasi pakan
20 % Gedebog pisang
20 % dedak
30 % Jagung giling
15 % Nasi aking
10 % Ampas tahu
 5 % molases (bisa diganti dengan gula)
EM4 

Cara membuat

  1. Hamparkan terpal atau plasti yang cukup luas menampung semua bahan pakan yang akan dibuat
  2. Gedebog pisang dicacah kecil agar lebih cepat proses fermentasi
  3. Sebelumnya kalau pakai nasi aking direndam dulu agar mengembang
  4. Hamparkan bahan pakan diatas cacahan gedebog pisang dari mulai jagung sampai ampas tahu
  5. Campur aduk sampai merata
  6. Campur dengan larutan molases dan EM4 ke bahan pakan, aduk rata
  7. Masukan dalam drum, kemudian tutup
  8. Tunggu beberapa hari, paling lama 1 minggu.
  9. Jangan sampai busuk ya!
Cara pemberian
Kalau ternak belum terbiasa puasakan dulu sebelum diberikan fermentasi gedebog agar lebih doyan. Berikan sedikit demi sedikit sampai lahap.

Tips penggunaan
Jangan berikan setiap hari, karena ada efek ketika ada pemberhentian pakan. Lakukan secara rutin beberapa kali dalam seminggu. Karena sering gonta ganti pakan malah ternak juga stress.



Sumber ; 

http://www.organikilo.co/2014/12/pakan-ternak-fermentasi-gedebog-pisang.html
http://koranternak.blogspot.co.id/2016/01/fermentasi-gedebog-pisang-untuk-pakan.html

Sponsored Links
Loading...
loading...

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive