Bunga Kecombrang Khasiat dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

.
.
Manfaat dan Khasiat Bunga Bunga Kecombrang/Honje/Kantan/Siantan
Bunga Kecombrang (Etlingera elatior)


Bunga kecombrang atau biasa juga dikenal dengan nama bunga siantan atau honje, di negara Jiran Malaysia dikenal dengan nama bunga kantan, memiliki nama latin Etlingera elatior, sinonim lainnya adalah Nicolaia elatior, Phaeomeria magnifica, Nicolaia speciosa, Phaeomeria speciosa, Alpinia elatior, Alpinia magnifica. Tanaman ini berwarna kemerahan seperti tanaman hias pisang-pisangan dan jika batangnya telah tua maka bentuk tanamannya mirip jahe dengan tinggi mencapai + 5 m. 

Bunganya yang berwarna merah sering dijadikan sebagai bumbu penyedap berbagai macam masakan Nusantara. Di Jawa Barat, kuntum bunga seringkali di lalap atau direbus dan dimakan dengan sambal atau sebagai bahan campuran sayur asam dan pepes ikan. Di daerah Banyumas, kecombrang yang dikukus juga dijadikan sebagai bahan campuran pecel. Nasi Megana di Pekalongan juga menggunakan bunga kecombrang yang diiris-iris sebagai bahan campuran urap. Di Tanah Karo, buah honje muda disebut asam cekala. Kuncup bunga serta 'polongnya' menjadi bagian pokok dari sayur asam Karo, juga menjadi peredam bau amis waktu memasak ikan. Masakan Batak populer, Arsik Ikan Mas, menggunakan asam cekala ini sebagai bumbu yang sangat penting.


Di Penang - Malaysia, bunga kecombrang yang mereka sebut dengan bunga kantan, merupakan unsur penting dalam masakan asam laksa. Orang-orang Peranakan di Malaysia menyebut bunga ini dengan nama bunga siantan. Kuah asam laksa dibuat dari ikan sardin yang dimasak sampai hancur. Bunga kantan sebagai campuran masakan berfungsi untuk menetralkan aroma amis dari sardin sekaligus memberi rasa asam yang pas. Walaupun ada juga yang menguatkan rasa asamnya dengan menambahkan nenas. 


Selain bermanfaat di dunia kuliner, bunga kecombrang juga memiliki manfaat lainnya. Bunganya dikenal mampu menghilangkan bau badan, memperbanyak air susu ibu dan pembersih darah. Ini karena zat aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu saponin, flavonida,dan polifenol. Karena itu kecombrang masuk ke dalam nominasi deodoran alami. Selain itu kecombrang juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan di daunnya jauh lebih tinggi dibandingkan di bunga dan rimpangnya. 

Cara membuat sambal kecombrang

Nah, bagi Anda yang pecinta kuliner sambal. Berikut ini ada resep membuat sambal dari kecombrang.

Bahan:
  • 3 buah cabai rawit hijau
  • 1 sdt terasi matang
  • 5 buah cabai merah
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula merah yang disisir
  • 1 batang kecombrang yang diiris halus kemudian disisihkan

Cara membuat:
  • Masukan semua bahan kecuali kecombrang ke dalam cobek, lalu gerus atau huleg sampai halus.
  • Setelah itu masukan kecombrang yang sudah diiris halus tadi, huleg kasar jangan halus-halus.
  • Sajikan dalam wadah yang sebelumnya sudah disiapkan.
  • Siap untuk disantap.

Nah, dengan segudang manfaat si bunga kantan selain rasanya yang asam segar dengan aroma harum, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menggunakannya sebagai salah satu bumbu masakan jika membuat pepes, asam laksa, sayur asam, pecel atau urap. Pasti rasa dan aroma masakan anda menjadi lebih mantap.
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive