Cara Paling Ampuh Membasmi Kutu Putih

.
.

Bagi para penghobi berkebun atau tanaman maka pasti pernah merasa jengkel yang luar biasa akibat tanaman kesayangannya terserang oleh kutu putih. Si "Planococcus" ini sering meyerang tanaman seperti pepaya, jambu biji, nangka, srikaya dan tanaman lainnya. Hama ini suka sekali  meyerang dan bersarang di bawah daun dan kuncup daun muda dan menghisap cairan daun tersebut dan akaan mengakibatkan daun muda tumbuh keriput dan tidak sehat lagi.


Sebenarnya banyak insektisida yang ada dipasaran untuk membasmi mahluk yang satu ini. Namun yang perlu diperhatikan, ternyata kutu ini memiliki lapisan lilin yang dapat melindungi tubuhnya dari berbagai serangan (termasuk insektisida) dari luar. Dibeberapa tulisan juga dijelaskan, bahwa sebenarnya penanggulangan kutu jenis ini cukup dengan hanya menyemprotkan larutan detergen saja ke daun yang terserang kutu. Hal ini dimaksudkan agar dapat menghilangkan lapisan lilin yang melindungi tubuhnya tersebut. Penyemprotan juga sebaiknya dilakukan di pagi hari, dengan harapan setelah tersemprot larutan sabun, maka lapisan lilin akan luntur dan dengan sendirinya dan  kutu ini akan mati, di karenakan kutu ini sebenarnya tidak tahan oleh panas terik matahari tanpa menggunakan lapisan lilin tersebut.

Beberapa rekan yang telah bertanya tentang pembasmian kutu jenis ini juga saya sudah anjurkan untuk menyemprot mereka dengan insektisida yang telah di campur dengan larutan detergen tersebut. Atau kalau mau agak ribet, semprot dengan larutan detergen dulu, baru kemudian ulangi lagi dengan penyemprotan menggunakan insektisida.


Lantas bagaimana jika tanaman kesayangan anda ini berada di halaman rumah yang berbahaya jika disemprot insektisida (karena banyak anak-anak), namun serangan sudah parah, jumlah tanaman cuma 1 atau 2, tidak memiliki insektisida, atau bahkan kutu-kutu tersebut tidak mati, tidak terjangkau oleh semprotan insektisida karena berada di ketiak daun dan tangkai daun dll ???

Tanpa panjang lebar berikut ini yang saya lakukan terhadap bibit Nangkadak yang telah terserang oleh kutu putih :
  • pertama, Siapkan air yang telah dicampur dengan detergen / sabun cuci piring cair dengan perbandingan 1 liter air 1 sendok makan detergen, lalu kemudian aduk merata.
larutan detergen, 1 liter air 1 sendok makan detergen cair
  • Gunakan Spons atau kain lembut untuk menghilangkan kutu putih tersebut. kemudian Celupkan spon ke dalam larutan detergen, lalu usapkan perlahan terhadap bagian daun yang terkena kutu putih. Lakukanlah berulang-ulang sampai kutu putih tersebut hilang.
usap perlahan dgn spon lembut
rata hingga ke bawa daun
  • selanjutnya bilas dengan air bersih biasa untuk  menghilangkan larutan detergen yang menempel pada daun yang terserang kutu putih tersebut.
bilas dengan air bersih
  • Dan hasilnya sekarang Tanaman sudah terbebas dari kutu putih...
tanaman sudah terbebas dari kutu putih

Walaupun sebenarnya cara ini terkesan sedikit ribet, namun sebenarnya mudah dan aman untuk dilakukan.

Itulah tadi Cara Paling Ampuh Membasmi Kutu Putih, Semoga bermanfaat ya....
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive