BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK DENGAN SISTEM NFT

.
.
 Budidaya tanaman hidroponikdengan sistem nft adalah cara yang banyak diminati oleh para penggiat hidroponik. NFT merupakan singkatan dari Nutrient Film Technique. Walaupun tidak sesederhana dari sistem wick atau sumbu hidroponik, namun apabila kita bisa berkreasi dengan sistem NFT ini akan bisa lebih menarik bentuknya. Selain itu sistem NFT ini dapat memuat tanaman hidroponik lebih banyak dari pada sistem wick sederhana. Namun semua itu tergantung oleh individu penanamnya sendiri. Apabila memiliki inisiatif dan kemauan yang baik maka dengan sistem wick pun juga dapat menghasilkan tanaman yang baik. Sistem NFT ini sangat baik digunakan untuk anda yang tidak mempunyai lahan tanah karena memang tujuan dari bertanam hidroponik adalah dengan mengganti media tanam tanah ke media selain tanah. Sistem NFT ini juga menjadi solusi untuk anda yang mempunyai lahan sempit untuk bertanam hidroponik dan bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu luang dalam melakukan penyiraman nutrisi tanaman karena pada sistem NFT ini kita bisa mengaplikasikan pompa air akuarium dan timer yang bisa disesuaikan waktu penyiramannya.

Kita bisa menggunakan berbagaimacam bahan untuk membuat sistem NFT ini. Antara lain kita dapat menggunakan pipa paralon bundar, talang air, kayu, bambu, acrilic, sterofoam atau apapun sesuai dengan daya imajinasi dan kreatifitas anda sendiri. Banyak sekali tutorial yang menjelaskan tentang cara pembuatan sistem NFT ini. Cari saja di kantong mbah google pasti ada. Mau yang bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Pada intinya, sistem NFT ini adalah kita mempersiapkan dan membuat wadah/ media penanaman yang dapat dialiri oleh air (larutan nutrisi) untuk tanaman hidroponik. Kita dapat menambahkan pompa air akuarium dan opsional penambahan aplikasi timer agar penyiraman terjadwal atau kita dapat menyiramnya secara manual. 

Sistem kerja NFT dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

sistem nft hidroponik


Kekurangan dari sistem NFT ini adalah penyerapan nutrisi tiap tanaman akan berbeda dikarenakan nutrisi yang dialirkan tidak dapat merata ke setiap tanaman, sehingga pertumbuhan tanaman pun akan berbeda.

Sekian ulasan saya mengenai Budidaya tanaman hidroponikdengan sistem nft. 
Mari berbagi ke sesama tema agar manfaat yang anda dapatkan tidak berhenti di anda sendiri dengan cara share ke media sosial media anda.


Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive