Khasiat dan Manfaat Tanaman Ginseng Jawa

.
.



Ginseng Jawa
Ginseng Jawa, atau dikenal juga dengan Kolesom, atau  Som Jawa, adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tropis. Ciri khas tumbuhan ini adalah daunnya licin, tebal dan agak berdaging, dan kalau di remas mengeluarkan lendir. Batangnya sukulen, berbentuk bulat tebal, serta mengeras di bagian pangkalnya. Bunganya berbentuk daun mahkota merah ungu, berjumlah 5 helai, dan berbentuk oval. Sedangkan bijinya, kecil-kecil, berwarna hitam bila telah tua, dan berbentuk gepeng. Akar membentuk umbi rimpang, berwarna abu-abu, cenderung coklat bila telah cukup umur.


Nama ilmiah Ginseng Jawa ini adalah Talinum paniculatum. Penamaan Ginseng Jawa karena tanaman ini memiliki akar yang berbentuk serupa dengan Ginseng Korea, selain juga memiliki khasiat yang sama untuk menambah vitalitas pada pria (afrodisiak). Bedanya dengan ginseng Korea adalah, ginseng Jawa ini bisa dipanen akarnya dalam waktu 6-7 bulan sejak mula penanaman. Akar akan menggembung bila ditanam dari biji.

Hasil penelitian melalaui riset membuktikan Ginseng Jawa memiliki  kandungan senyawa sapoin, tannin dan alkaloid serta senyawa-senyawa lain yang secara fisiologis melancarkan sirkulasi peredaran darah pada system syaraf pusat. Saponin mempunyai efek antiradang, sedangkan tannin mempunyai sifat mendinginkan.Sedangkan daunnya kaya akan vitamin A, saponin dan flavonoid , juga steroid dan minyak atsiri. Karenanya, daun ginseng Jawa berkhasiat meningkatkan nafsu makan  (stomakik) dan melancarkan produksi ASI.

Penanaman Ginseng Jawa ini sangat mudah, bisa melalui biji, dan juga stek batang, dan pucuk batang. Untuk masa panen akar, Ginseng Jawa memerlukan waktu 6 bulan sampai 1 tahun ,dimulai sejak awal penanaman. Sedangkan untuk panen daun, hanya memerlukan waktu sekitar 2-3 bulan. Daun yang akan dipanen, haruslah daun yang masih muda, agar tidak pahit rasanya. Selain itu, untuk memasak daun ginseng Jawa, tidak perlu memakan waktu yang lama. Cukup sebentar saja. Jangan di remas, karena akan mengeluarkan lendir.

Ginseng Jawa ternyata bisa digunakan juga sebagai tanaman hias. Bisa subur bila ditanam dalam pot, asal tercukupkan nutrisinya melalui penyiraman dan pemupukan teratur.  Namun untuk menjadikan tanaman ini sebagai obat herba, perlu diwaspadai media tanamnya. Jangan sampai media tanam mengandung logam berat, karena Ginseng Jawa mampu menyerap racun yang ada dalam logam berat tersebut.

Pemakaian Ginseng Jawa sebagai obat herba tidak boleh sembarangan dilakukan. Terutama  dalam penggunaan akarnya. Akar ginseng Jawa bersifat diuretik, yang dapat menyebabkan diare. Karenanya, untuk menghilangkan sifat diuretiknya, bila  hendak digunakan sebagai obat herba, haruslah dicuci bersih, lalu dikukus selama 30 menit. Setelahnya, keringkan, dan simpan dalam wadah kedap udara kalau belum digunakan.  

Sedangkan untuk daun, digunakan dalam keadaan segar. Bisa digunakan juga sebagai sayur, lalapan, atau campuran mi. Tapi perlu diwaspadai untuk tidak mengkonsumsinya berlebihan. Bisa menyebabkan mual dan pusing akut. Bila itu terjadi, minum kopi kental tanpa gula dan beristirahat di tempat terbuka, dimana udara mengalir bebas.

Beberapa khasiat Ginseng Jawa adalah seperti berikut ini :

Untuk menambah stamina pria:
50 gr Akar ginseng jawa yang telah dikeringkan
Sedikit brem
¾ gelas air panas
Cara : iris tipis akar ginseng jawa. Masukkan edalam gelas. Beri air panas sebanyak ¾ gelas, tambahkan brem. Tutup sebentar hingga air menjadi hangat. Minum selagi hangat. Ramuan diminum 2 kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur.

Untuk Bisul
Daun ginseng Jawa segar secukupnya
Gula merah, sedikit saja.
Cara: Daun ginseng Jawa dilumatkan bersama gula merah, lalu ditempelkan pada bisul. Balut dengan perban. Lakukan 2 kali sehari.

Untuk menambah nafsu makan dan melancarkan Asi
Daun ginseng jawa segar secukupnya,  ditumis atau di lalap sebagai sayuran.

Untuk Pengobatan Beri-Beri
3-5 gr akar ginseng jawa segar, kukus selama 15 menit. Lalu Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Air rebusan diminum 1 kali sehari.

Semoga bermanfaat.

Sumber : http://bundaberkebun.blogspot.co.id/2015/01/tanaman-herba-ginseng-jawa-dan.html

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive