Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Batang Pisang

.
.

www.bundaberkebun.blogspot.com
cacahan bagian dalam pisang


 Setelah sukses membuat pupuk organik cair dari buah jambu biji , saya juga pernah membuat pupuk organik cair dari limbah batang pisang. Batang pisang atau lazim disebut gedebok pisang, memang banyak dan mudah ditemui di sekitar kita. Apalagi pisang memang hanya berbuah sekali dan setelahnya dia akan mati dengan sendirinya. Daripada teronggok menjadi sampah dan menunggu terurai sebagai kompos, lebih baik digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk cair organik.

 Cara pembuatannya mudah, dan  serupa dengan pembuatan pupuk cair organikjambu biji. Namun lebih jelasnya saya uraikan kembali di bawah ini:


Bahan-Bahan pembuatan Pupuk Cair Organik Batang pisang
1.       1 kg btg pisang, pilih yang bagian dalamnya yang berwarna putih. 
2.       200 gr gula pasir, (bisa diganti dengan gula aren)
3.       3 liter air tanah
4.       Tong atau ember yang mempunyai tutup
5.       Karung bekas

Cara Membuat:
Cincang bagian dalam batang pisang menjadi potongan kecil-kecil-kecil. Masukkan dalam wadah karung bekas.
www.bundaberkebun.blogspot.com

Campur air dengan gula dalam ember atau tong sampai gula larut. Masukkan karung berisi cacahan batang pisang ke dalamnya, sampai karung tenggelam. Tutup rapat tong/ember terbut. Letakkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

www.bundaberkebun.blogspot.com
tong berisi campuran air dan gula
Biarkan sekitar seminggu-10 hari. Jangan lupa untuk membuka tongnya sekali sehari untuk mengeluarkan gas yang terbentuk dari campuran bahan-bahan pupuk tersebut, dengan cara mengaduknya. Setelahnya tutup kembali dengan rapat.

Dalam waktu 7-10 hari, pupuk cair sudah akan siap digunakan. Tanda-tanda pupuk cair organik berhasil adalah adanya bau seperti aroma tape. Bila bau busuk yang tercium (seperti bau got), berarti proses pembuatan pupuk cair organik gagal, dan cairan tersebut harus dibuang.

Angkat karung yang berisi cacahan batang pisang. Bekas cacahan batang pisang bisa digunakan sebagai kompos. Sedangkan air yang dalam ember/tong itulah yang menjadi pupuk organik cair organik.

Pemakaian larutan pupuk cair organik batang pisang ini adalah dengan mencampurnya dengan air tanah/sumur. Perbandingannya 1:15, artinya satu bagian pupuk cair organik dilarutkan dengan 15 bagian air tanah.

Gunakan pupuk cair organik batang pisang ini dua kali dalam seminggu. Siramkan di tanah sekitar tanaman.

Catatan:
Untuk menghemat waktu, saya memakai takaran gula sebayak 1 kg, sehingga komponen bahan lainnya pun dikalikan 5, yakni, 5 kg batang pisang dan 15 liter air tanah.
 Selamat mencoba. Happy Gardening :)

Sumber : http://bundaberkebun.blogspot.co.id/2015/03/cara-membuat-pupuk-organik-cair-dari.html

Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Blog Archive