Cara Membuat Kue Eggroll dengan Bahan Bekatul

.
.

MENINGKATKAN GENGSI BEKATUL LEWAT EGGROLL

Bagaimana caranya  bekatul yang rasa dan aromanya kurang digemari bisa disajikan menarik dan sekaligus menjadi makanan favorit ?


bbppl-eggrollbekatul
Add caption
Selama ini bekatul hanya dikenal sebagai makanan ternak dan belum begitu banyak orang tertarik untuk mengkonsumsinya. Ketidaktertarikan manusia untuk mengkonsumsi bekatul, karena bekatul rasanya kurang enak serta aromanyapun kurang menarik. Tapi ternyata bekatul itu memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

bbppl-eggrollbekatul1Upaya yang harus dilakukan adalah dengan mengolah bekatul menjadi makanan yang lebih enak, sehingga karakteristik bekatul yang kurang disukai oleh kebanyakan orang dapat dihilangkan. Adapun salah satu jenis makanan tersebut adalah Eggroll Bekatul.

Untuk mendapatkan eggroll bekatul yang diinginkan harus mengetahui lebih dalam tentang bekatul. Bekatul merupakan hasil samping daripenggilingan gabah setelah beras dipisahkan dari sekam atau kulit luar gabah, selanjutnya dilakukan proses penyosohan. Untuk mendapatkan bekatul yang bertekstur halus harus dilakukan proses penyosohan dua kali. Penyosohan pertama menghasilkan dedak dengan serat yang dihasilkan masih kasar dan setelah dilakukan penyosohan kedua baru diperoleh tekstur yang lebih halus. Pada proses penggilingan beras pecah kulit diperoleh hasil samping dedak 8-9 persen dan bekatul  sekitar 2-3% (Hernani, 2013).
Bekatul merupakan makanan sehat alami yang memiliki kandung gizi sangat baik dan lengkap untuk kesehatan manusia, karena disamping mengandung Vitamin B juga banyak mengandung zat gizi lainnya. Menurut ahli gizi dari BBPP /penulis buku  Gizi  dan BekatulArdiansyah, bekatul kaya akan vitamin B komplek (B1, B2, B3, B5, dan B6), vitamin E (tocopherols dan tocotrienols), carotenoids, asam lemak esensial, dietary fiber, asam amino, g-oryzanol, polyphenols, mineral, dan phytosterols.
Penduduk Indonesia mayoritas mengkonsumsi  beras sebagai makanan pokoknya. Saat ini ketersediaan bekatul di Indonesia cukup banyak dan mencapai 4.5-5 juta ton /tahun (Deptan,2002). Berdasarkan hal tersebut akan diperoleh hasil samping dari penggilingan beras berupa bekatul yang cukup  tinggi. Oleh karena itu pembuatan eggroll bekatul merupakan upaya untuk meningkatkan nilai tambah dari bekatul tersebut. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani.
Untuk membuat eggroll bekatul diperlukan alat dan bahan sebagai berikut :
Alat yang digunakan berupa baskom, mixer, sendok makan, sendok teh, cetakan eggroll, spatula, sumpit/alat penjepit eggroll dan kemasan/stoples.

Sedangkan bahan-bahan yang diperlukan adalah bekatul15gram, tepung terigu 150 gram, tepung sagu 4 sendok makan, gula pasir 300gram, telur ayam 10butir,  baking powder 2 sendok teh, cake emulsifier 2 sendok teh, susu bubuk  2 sendok makan dan mentega leleh 200 gram.

Adapun tahapan pembuatan eggroll bekatul ini adalah sebagai berikut: Siapkan peralatan yang akan digunakan dalam keadaan bersih dan layak pakai. Selanjutnya siapkan bahan–bahan yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Kocok telur, gula pasir dan cake emulsifier sampai mengembang dan kental. Masukkan bekatul, tepung terigu, tepung sagu, baking powder dan susu bubuk. Tambahkan mentega leleh sambil diaduk sampai rata. Sambungkan kabel cetakan eggroll ke sumber listrik dan biarkan beberapa saat sampai panas. Olesi cetakan dengan mentega kemudian tuang adonan eggroll sebanyak satu sendok teh. Tutup cetakan dan biarkan selama 30 – 35 detik atau sampai adonan matang.

Buka cetakan, lalu gulung eggroll dengan bantuan sumpit/alat penjepit dari bambu. Angkat dan biarkan sampai suhunya turun dan mengeras kemudian lepaskan eggroll dari sumpit. Selanjutnya kemas  dalam stoples atau plastik yang kedap udara.

Kualitas eggroll bekatul yang baik dapat dilihat sebagai berikut: warnanya coklat muda, teksturnya renyah ukurannya seragam supaya memudahkan dalam pengemasan.

Semoga dengan tulisan ini dapat mengangkat gengsi bekatul yang sebelumnya kurang diminati oleh kebanyakan orang dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani.

Sumber : http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/832-meningkatkan-gengsi-bekatul-lewat-eggroll
Sponsored Links
loading...
Loading...
.

Dukung Kami dengan Like Fanpage Di Facebook

Blog Archive