Tips Pemupukan Tanaman Melon Pada Pot

.
.


Tanaman melon yang tumbuh dalam media terbatas seperti tabulampot membutuhkan tambahan pupuk untuk pertumbuhannya agar mampu berproduksi optimum. Pupuk yang digunakan adalah pupuk anorganik yang banyak mengandung unsur nitrogen (N), fosfor (P), dan kalium (K). Nitrogen dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, mendorong pembentukan daun dan batang tanaman. Fosfor dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan akar, mendorong pembentukan bunga dan buah serta memperkokoh batang. Kalium dibutuhkan untuk mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tanaman, merangsang pembungaan, dan pembentukan buah.

Pemupukan Tanaman Melon
Pemberian pupuk anorganik dapat dilakukan pada saat awal penanaman (disebut pupuk dasar). Pemberian pupuk dasar dilakukan seminggu sebelum tanam. Pupuk susulan dapat diberikan setiap 10 hari sekali sampai tanaman berumur dua setengah bulan atau lima kali pemberian.Untuk pupuk KNO3 dilarutkan dan dituangkan pada media tanam.
Selain pupuk anorganik tersebut, dapat diberikan pupuk tambahan berupa pupuk daun yang disemprotkan ke seluruh bagian tanaman, tujuannya agar tanaman mendapatkan tambahan zat hara yang dapat diserap langsung oleh daun dan bagian tanaman lainnya. Pupukdaun yang digunakan antara lain pupuk Gandasil-D (berwarna hijau)  yang memiliki unsur N tinggi dengan konsentrasi 2 g/liter. Pemberian dapat dilakukan sejak tanaman berumur satu minggu setelah tanam, selanjutnya diberikan lagi dengan interval seminggu sekali.
Sejak tanaman mulai berbunga, pupuk diganti dengan Gandasil-B (warna merah) yang memiliki unsur P tinggi dengan konsentrasi 2 g/liter. Pemberian pupuk dihentikan 2—3 minggu sebelum panen dan diberikan lagi satu minggu sebelum panen untuk menambah kemanisan buah. Pemberian pupuk daun ini dapat diaplikasikan bersamaan pada saat pengendalian hama dan penyakit tanaman. Aplikasi pupuk daun sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum pukul 11.00, karena aplikasi yang dilakukan ketika sinar matahari terik dapat menyebabkan daun terbakar/kering dan bunga rontok.

Sumber: Buku Bertanam Melon Eksklusif dalam Pot
Sponsored Links
loading...
Loading...
.